Strategi Pemasaran Melalui Google Bisnisku Dengan SEO Untuk Meningkatkan Penjualan Spandek

  • Kristiana Widiawati Universitas Bina Insani
  • Tri Yuliani Universitas Bina Insani

Abstract

Dalam menghadapi persaingan yang ketat ini, perusahaan memerlukan strategi yang tepat, terarah, dan terencana yang dapat mempertahankan posisi perusahaan. Perusahaan juga perlu memilih alat yang menjual jasa dalam mendongkrak popularitas perusahaan. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh digital marketing yang dilakukan pada CV Patriot Baja Mas terhadap peningkatan penjualan. Adapun permasalahan yang dialami oleh CV Patriot Baja Mas sebelum memilih digital marketing dalam strategi pemasarannya pernah melakukan promosi secara konvensional seperti melakukan pengenalan diri dan produk yang dijual dari toko ke toko, direct marketing dan lainnya namun hasil yang didapat masih kurang maksimal. Solusi yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut ialah diperlukannya sebuah strategi pemasaran yang mampu meningkatkan penjualan produk spandek pada CV Patriot Baja Mas yang lebih signifikan dengan menggunakan strategi pemasaran digital marketing. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengambilan data berupa wawancara dan observasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa penerapan digital marketing yang mengunsur peran SEO sangat berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan penjualan produk spandek CV Patriot Baja Mas dengan menggunakan usulan produk Google Bisnisku. Dengan Google Bisnisku secara langsung dapat terintegrasi dengan Google Maps sehingga mempermudah calon pelanggan menemukan lokasi perusahaan.

References

Amalia, D. 2017. Strategi Komunikasi Pemasaran Digital PT Tripvisito Nusantara Jaya. Library.Binus.Ac.Id.
Artanto, H., & Nurdiyansyah, F. 2017. Penerapan SEO (Search Engine Optimization) Untuk Meningkatkan Penjualan Produk. JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science), 2(1), 2–5. https://doi.org/10.31328/jointecs.v2i1.409
Assauri, S, & Kotler, P. 2011. Manajemen Pemasaran. Psychology Applied to Work: An Introduction to Industrial and Organizational Psychology, Tenth Edition Paul.

Awangga, RM., Sumarna, DL, Hilman, T, Kariem, MI, & Ismail, MWA. 2020. Pelatihan Google Bisnisku Dalam Rangka Pemetaan Digital Ukm Di Desa Wangunharja Jurnal merpati. 2(1), 22–27
Clarisa. (2020). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Di Kota Palembang). Skripsi.
Hartono, H., Hutomo, K., & Mayangsari, M. (2012). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Perusahaan Dengan Menetapkan Alumni Dan Mahasiswa Universitas Bina Nusantara Sebagai Objek Penelitian. Binus Business Review. https://doi.org/10.21512/bbr.v3i2.1271
Kotler, P. dan Amstrong G. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1. Edisi Keempat Belas. Jakarta: Erlangga
Lukito RB, Lukito C, & Arifin, D. 2014. Penerapan Teknik Seo (Search Engine Optimization) pada Website dalam Strategi Pemasaran melalui Internet. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications. https://doi.org/10.21512/comtech.v5i2.2363

Manu, GA. & Fallo, D. 2019. Implementasi Google My Business (Gmb) Dalam Promosi Pariwisata Di Kota Kupang Dan Sekitarnya. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 2(2), 8–15. https://doi.org/10.37792/jukanti.v2i2.69
Nurfauziah S. & Wati CR. 2020. Penentuan Teknik Search Engine Optimization (Seo): a Systematic Literature Review Pada. 6, 1–11. https://prosiding.polinema.ac.id/senabisma/index.php/senabisma/article/view/37
Nursatyo N. & Rosliani D. 2018. Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Situs Pembanding Harga Telunjuk.Com. Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi. https://doi.org/10.33021/exp.v1i2.430
Rijali, A. 2019. Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Rika M. 2018. Peran Layanan Search Engine Optimization ( Seo ) Dalam Meningkatkan Daya Saing Bisnis Online. Skripsi.
Riyanto, AD & Purwadi. 2016. Penerapan Teknik Search Engine Optimization (SEO) untuk Memenangkan Persaingan Kata Kunci pada Mesin Pencari Google. Jurnal Informatika.
Siyoto S. dan Sodik MA. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Sleman: Literasi Media Publising
Salamah S. 2017. Strategi Digital Marketing PT Wahana Mitra Wisata (Wahana Haji dan Umrah). Skripsi.
Assauri S. 2013. Manajemen Pemasaran. In PT Raja Grafindo Persada. Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni V. Wiratna. 2014. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Swastha, BI. 2014. Manajemen Pemasaran Modern. In Liberty, Yogyakarta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Tambajong, G., & Pemasaran Pengaruhnya, B. 2013. Bauran Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Penjualan Sepeda MOtor Yamaha Di PT Sarana Niaga Megah Kerta Manado. Jurnal EMBA
Wahyujatmiko, S. & Hadi YI. 2018. Manajemen Pemasaran Online Makaroni Huhhah Yogyakarta. JBTI : Jurnal Bisnis Teori Dan Implementasi. https://doi.org/10.18196/bti.92104
Widjaja Amin Tunggal. 2011. Pengantar Kecurangan Korporasi. Jakarta: Harvarindo
Widharta WP & Sugiharti S. 2013. Penyusunan Strategi Dan Sistem Penjualan Dalam Rangka Meningkatkan Penjualan Toko Damai. Manajemen Pemasaran, 2(1), 1–15. Retrieved from
Published
2023-02-01
How to Cite
WIDIAWATI, Kristiana; YULIANI, Tri. Strategi Pemasaran Melalui Google Bisnisku Dengan SEO Untuk Meningkatkan Penjualan Spandek. JURNAL ADMINISTRASI KANTOR, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 276-294, feb. 2023. ISSN 2527-9769. Available at: <https://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JAK/article/view/2163>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.51211/jak.v10i2.2163.