Promosi Sekolah Masa Pandemi Melalui Media Sosial Dalam Penerimaan Siswa Pada SDIT Qurrota A’yun Cikarang Barat

  • Asti Handayani Manajemen Administrasi Bisnis; Universitas Bina Insani
  • Kristiana Widiawati Manajemen Administrasi Bisnis; Universitas Bina Insani

Abstract

Abstrak: Kondisi yang sedang dihadapi dan menjadi dilema seluruh dunia yaitu hadirnya COVID 19. Sehingga hal ini membuat jumlah siswa yang masuk terus mengalami penurunan dari sebelum masa pandemi hingga periode tahun  kedua masa pandemi. Hal ini sangat mempengaruhi pada promosi sekolah. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh promosi sekolah di masa pandemi melalui media sosial. Adapun permasalahan yang dialami oleh SDIT Qurrota A’yun sebelum memilih digital marketing dalam proses promosi pernah melakukan promosi secara langsung dengan melaksanakan kegiatan seperti market-day,dan seminar lainya. Peneliitan dilakukan melalui wawancara dengan Kepala Sekolah dimana promosi masih kurang maksimal ditambah dengan kondisi pandemi saat ini. Solusi yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut ialah diperlukannya sebuah promosi sekolah melalui media sosial dengan memanfaatkan akun media sosial sekolah. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengambilan data berupa wawancara dan observasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa promosi sekolah yang memanfaatkan peran media sosial dengan menggunakan akun sekolah dan diposting di aplikasi facebook dan instagram dengan menggunakan unsuran produk pamflet promosi.
 
Kata kunci: Digital promosi, pamflet, media sosial.
 
Abstract: The condition that is being faced and becomes a dilemma for the whole world is the presence of COVID 19. So this has made the number of incoming students continue to decline from before the pandemic to the second year period during the pandemic. This greatly affects the promotion of the school. The purpose of this study was to determine the effect of school promotion during the pandemic through social media. The problems experienced by SDIT Qurrota A'yun before choosing digital marketing in the promotion process had carried out direct promotions by carrying out activities such as market-days, and other seminars. The research was conducted through interviews with school principals where promotions were still not optimal, coupled with the current pandemic conditions. The solution used to solve this problem is the need for a school promotion through social media by utilizing the school's social media account. In this study using qualitative methods with data collection techniques in the form of interviews and observations. The results of the study stated that school promotions that utilize the role of social media by using school accounts and posted on Facebook and Instagram applications use elements of promotional pamphlet products.
 
Keywords: Digital promotion, pamphlet, social media.

References

[1] Anggito & Setiawan. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak.

[2] Anugrah dkk. (2018). Perancangan Video Promosi Sekolah Musik Indonesia di Kota Surabaya. Artika, 2(1), 25–36. https://doi.org/10.34148/artika.v2i1.74

[3] Dhifa nabila, D. (2020). Peradaban Media Sosial di Era Industri 4.0 (Ghoniyatu Zahira (ed.)). Intelegensia media.

[4] Gusdiandika, R. &, & Sinduwiatmo, K. (2016). Pengaruh Promosi Sekolah Terhadap Keputusan Siswa Dalam Pemilihan Smk Sepuluh Nopember Sidoarjo. KANAL: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 27. https://doi.org/10.21070/kanal.v1i1.326
[5] Huda, M. N. (2019). Ta’dibi : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam MANAJEMEN PEMASARAN SEKOLAH. Ta’dibi : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.

[6] Imanullah, M., Toyib, R., Hidayat, M. T., Wahyudi, I., Abimanyu, A., Susanto, A. B., & Artikel, I. (2021). PENGENALAN WEBSITE SEKOLAH DASAR MUHAMMMADIYAH 1 UNGGULAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DAN PROMOSI. 4(1), 483–492.

[7] Islamy, M. A. N., & Laksmiwati, I. (2020). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Promosi Layanan Perpustakaan Institut Seni Indonesia Surakarta. Nusantara – Journal of Information and Library Studies, 3(1), 75–88. ojs.uninus.ac.id/index.php/JILS

[8] Jaya, I. made laut mertha. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Anak Hebat Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/Metode_Penelitian_Kuantitatif_dan_Kualit/yz8KEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1

[9] Kusumadinata, D. (2019). Hubungan Motion Graphic Sebagai Konten Promosi Sekolah di Media Sosial. Komunikasi, 1(2), 77–90. https://doi.org/10.21009/communications.1.2.4

[10] Manzilati. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma, Metode, dan Aplikasi. Universitas Brawijaya Press.

[11] Marit, D. (2021). PENGANTAR ILMU EKONOMI (Abdul Karim (ed.)). Yayasan Kita Menulis.

[12] Nurmalasari & Masitoh. (2020). Manajemen Strategi Pemasaran Pendidikan Berbasis Media Sosial. Jurnal.Unigal.Ac.Id, volume 4(3), 543.

[13] Putra & Yasa. (2019). Komik Sebagai Sarana Komunikasi Promosi Dalam Media Sosial. Jurnal Nawala Visual, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.35886/nawalavisual.v1i1.1

[14] Raya, M. K. F. (2016). MARKETING JASA DI INSTITUSI PENDIDIKAN ( Analisis Pemasaran dalam Pendidikan ). Falasafa.

[15] Sofyan. (2015). Manajemen Pemasaran. Graha ilmu.

[16] Sumiyati & Suwartini. (2021). Produk Kreatif dan Kewirausahaan Akuntansi dan Keuangan Lembaga.

[17] The Books Of Digital Marketing. (2019). Ade Gunawan Chakti (Sobirin (ed.)). Celebes Media Perkasa. books.google.co.id

[18] Verawati. (2020). DIGITAL MARKETING SEBAGAI SARANA PENINGKATAN PROMOSI SEKOLAH DI MASA PANDEMI COVID-19. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

[19] Widyaningrum, P. W. (2016). Peran Media Sosial sebagai Strategi Pemasaran pada Sewa Kostum Meiyu Aiko Malang. Al Tijarah. https://doi.org/10.21111/tijarah.v2i2.744
Published
2021-08-30
How to Cite
HANDAYANI, Asti; WIDIAWATI, Kristiana. Promosi Sekolah Masa Pandemi Melalui Media Sosial Dalam Penerimaan Siswa Pada SDIT Qurrota A’yun Cikarang Barat. JURNAL MAHASISWA BINA INSANI, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 11 - 22, aug. 2021. ISSN 2528-6919. Available at: <https://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JMBI/article/view/1852>. Date accessed: 20 aug. 2022.