Pengaruh Moral Pajak, Tingkat Pendidikan, Self Assessment System Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Bappeda Kota Semarang

Perpajakan

  • Ade Tia Andriyani Universitas Dian Nuswantoro Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh moral pajak, tingkat pendidikan, self assessment system terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di Bappeda Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan data primer dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada responden yang berada di Bappeda Kota Semarang. Populasi penelitian ini berjumlah sebesar 75 responden  dan menggunakan sampel jenuh. Teknik analisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil menunjukkan bahwa moral pajak dan self assessment system berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di Bappeda Kota Semarang. Tingkat pendidikan tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di Bappeda Kota Semarang.
Published
2023-12-31
How to Cite
ANDRIYANI, Ade Tia. Pengaruh Moral Pajak, Tingkat Pendidikan, Self Assessment System Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Bappeda Kota Semarang. JURNAL ONLINE INSAN AKUNTAN, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 13-26, dec. 2023. ISSN 2528-0163. Available at: <https://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JOIA/article/view/2707>. Date accessed: 30 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.51211/joia.v8i2.2707.