Honeypot Menggunakan Honeyd Sebagai Solusi Keamanan Jaringan Dari Aktivitas Serangan

Abstract

Kemudahan dan kecepatan mengirimkan data antar tempat yang berjauhan saat ini telah relatif terpenuhi dengan adanya kemudahan dalam melakukan akses internet. Kemudahan tersebut dikarenakan beberapa institusi telah memiliki arsitektur jaringan komputer masing-masing sehingga memudahkan mereka melakukan akses internet salah satunya sekolahan. Namun sisi lain yang dirasakan ketika pengguna memanfaatkan fasilitas jaringan wireless tanpa disadari terdapat suatu ancaman kemanan yang memungkinkan terjadi. Jaringan wireless yang berada pada frekuensi terbuka seringkali dimanfaatkan oleh attacker sebagai jalur masuk untuk menyusup ke jaringan utama. Oleh karena itu diperlukan suatu sistem keamanan yang mampu mendeteksi serangan-serangan yang menuju pada jaringan wireless. Salah satu upaya untuk meminimalkan kemungkinan adanya serangan yang terjadi dalam suatu jaringan komputer ketika terkoneksi internet yaitu dengan menambahkan suatu infrastruktur yang nantinya mampu meningkatkan keamanan jaringan. Salah satu teknik yang digunakan untuk memberikan proteksi keamanan jaringan yaitu dengan membangun infrastruktur honeypot dengan menggunakan honeyd. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa hasil implementasi honeypot menggunakan honeyd telah berhasil dilakukan implementasi dan konfigurasi. Beberapa jenis serangan yang dilakukan pengujian diantaranya Denial of Service attack, File Transfer Protocol attack, Internet Control Message Protocol dan scan attack. Dari ketiga jenis serangan tersebut dilakukan pengujian dilanjutkan dengan pengamatan. Pengamatan dilihat dari segi waktu yang dibutuhkan oleh honeyd berhasil menampilkan notifikasi di log honeyd ketika serangan masuk. Berdasarkan hasil pengamatan diperoleh rata-rata waktu yang diperlukan untuk jenis serangan DoS 2,33 detik, serangan FTP 2 detik dan serangan ICMP 5 detik.

Author Biographies

Nur Fitriana, Teknik Informatika; STMIK Bina Insani
Teknik Informatika; STMIK Bina Insani
Fata Nidaul Khasanah, Teknik Informatika; STMIK Bina Insani
Teknik Informatika; STMIK Bina Insani

References

Aidin LP, Nasution SM, Azmi F. 2016. Implementasi High Interaction Honeypot Pada Server. In: e-Proceeding of Engineering., p 2172–2178.
Cahyanto TA, Oktavianto H, Royan AW. 2013. Analisis dan Implementasi Honeypot Menggunakan Dionaea Sebagai Penunjang Keamanan Jaringan. JUSTINDO (Jurnal Sist. dan Teknol. Inf. Indones. 1: 86–92.
Komputer W. 2014. Konsep dan Implementasi Jaringan dengan Linux Ubuntu. Yogyakarta: Andi Offset.
Sofana I. 2017. Jaringan Komputer Berbasis Mikrotik. Bandung: Informatika.
Sumarno, Bisoro S. 2003. Solusi Network Security Dari Ancaman SQL Injection Dan Denial of Service ( Dos ). Teknolojia 5: 19–30.
Utdirartatmo F. 2005. Trik Menjebak Hacker dengan Honeypot. Yogyakarta: Andi Offset.
Published
2018-12-30
How to Cite
FITRIANA, Nur; KHASANAH, Fata Nidaul. Honeypot Menggunakan Honeyd Sebagai Solusi Keamanan Jaringan Dari Aktivitas Serangan. BINA INSANI ICT JOURNAL, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 143 - 152, dec. 2018. ISSN 2527-9777. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/BIICT/article/view/1010>. Date accessed: 08 sep. 2024.