Animasi Interaktif Mengenal Kehidupan Lebah Madu

  • Muhammad Muharrom Teknologi Informasi, Universitas Bina Sarana Informatika

Abstract

Abstrak: Teknologi informasi yang semakin canggih, menghantarkan kita kepada zaman yang penuh dengan berbagai kemudahan dan kecepatan. Di saat kita membutuhkan informasi tentang sesuatu data atau informasi dengan kemajuan teknologi inilah semuanya akan terasa lebih mudah, baik informasi berkaitan dengan media pembelajaran, bidang pendidikan, publikasi, dan lain sebagainya. Berkaitan dengan ilmu pengetahuan, tentunya rujukan utama kita adalah Alqur’an yang Allah SWT. turunkan melalui seorang nabi pilihan terbaik yaitu Nabi Muhammad SAW. untuk memberikan petunjuk pada umat akhir zaman ini guna kita dapat membaca dan mengambil hikmah dari apa yang terdapat di dalam alqur’an tersebut. Keberadaan banyak makhluk di dunia akan semakin menjadi hal yang luar biasa, apabila kita memikirkan dan meneliti dibalik penciptaan makhluk tersebut. karena pada dasarnya, tidaklah Allah menciptakan sesuatu makhluk pun tanpa ada hikmahnya untuk kehidupan di dunia ini. Diantara makhluk yang patut kita contoh kehidupannya adalah lebah madu, banyak hal yang akan kita dapati  pelajaran dari kehidupan lebah madu ini. Lebah madu hidup secara berkoloni, kehidupannya diwarnai dengan hal-hal yang positif dan teratur sehingga apa yang ia kerjakan menghasilkan sesuatu yang baik pula, bukan hanya untuk dirinya sendiri bahkan untuk umat manusia. Maka tidaklah salah jika Allah mengabadikan namanya di dalam Alqur’an sampai akhir zaman. Animasi pembelajaran dibuat dengan menggunakan adobe flash cs6 sehingga memudahkan anak-anak belajar terkait dengan pemahaman tentang kehidupan.
 
Kata kunci: animasi interaktif, lebah madu, alquran tentang lebah
 
Abstract: Information technology that is increasingly sophisticated, ushering us to an age filled with various conveniences and speed. When we need information about something data or information with advances in technology, everything will be easier, both information relating to learning media, education, publications, and so on. With regard to science, of course our main reference is the Alquran which Allah SWT. send down through a prophet the best choice, the Prophet Muhammad. to give clues to the people of this end time in order for us to be able to read and take lessons from what is contained in the alquran. The existence of many creatures in the world will increasingly become extraordinary things, if we think and examine behind the creation of these creatures. because basically, God does not create any creature without any wisdom for life in this world. Among the creatures that we deserve to be living examples of are honeybees, there are many things that we will find from the life of this honeybee. Honey bees live in colonies, their lives are characterized by positive and orderly things so that what they do produces something good too, not only for themselves even for humanity. Then it is not wrong if Allah enshrines his name in Alqur'an until the end of time. Learning animations are made using Adobe Flash CS6 so that it is easier for children to learn related to understanding of life.
 
Keywords: Interactive animation, honeybees, the Qur'an about bees

Author Biography

Muhammad Muharrom, Teknologi Informasi, Universitas Bina Sarana Informatika
Teknologi Informasi, Universitas Bina Sarana Informatika

References

Arifin RW. 2017. Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Mata Kuliah Logika Dan Algoritma 1. 4: 83–94.

Muharrom M. 2017. Rancangan Animasi Interaktif Pengenalan Keistimewaan Hewan yang Diabadikan dalam Al- Qur ’ an. III: 115–120.

Munirah M. 2018. Petunjuk Alquran Tentang Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidik. J. Ilmu Tarb. dan Kegur. 19: 42–51.

Pratiwi B, Herlawati. 2015. Animasi Interaktif Pengenalan Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Pada SD Widya Bhakti Bekasi. Bina Insani. ICT 2: 15–32.

Saputra IE, Arifin RW. 2018. Animasi Interaktif Pengenalan Perangkat Hardware Dan Software Untuk Kelas X Teknik Komputer Jaringan. 5: 81–90.

Setyorini I, Sofica V. 2015. Animasi Interaktif Kosakata Dalam Dua Bahasa ( Arab- Inggris ) Pada RA Kuwait Pusdiklat Dewan Da ’ wah Bekasi. Bina Insani. ICT J. 2: 85–100.
Published
2019-06-28
How to Cite
MUHARROM, Muhammad. Animasi Interaktif Mengenal Kehidupan Lebah Madu. BINA INSANI ICT JOURNAL, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 45 - 54, june 2019. ISSN 2527-9777. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/BIICT/article/view/1099>. Date accessed: 08 sep. 2024.