Usability Testing Aplikasi Rekomendasi Objek Wisata Di Provinsi Jawa Barat Berbasis Android Menggunakan USE Questionnaire

Abstract

 
Abstrak: Testing dilakukan dengan mengujicobakan aplikasi kepada sejumlah responden sebagai pengguna aplikasi, usability testing merupakan cara terbaik mengevaluasi aplikasi yang bertujuan  mengidentifikasi masalah dalam desain atau layanan agar dapat diterima dengan baik oleh pengguna, karena berkaitan dengan interaksi antara sistem dengan pengguna. Usability dapat diukur dari hasil persentase kelayakan diperoleh berdasarkan kuesioner yang disebarkan kepada pengguna, pada penelitian ini kuesioner menggunakan metode Use Questionnaire berisi serangkaian pernyatan yang telah dikelompokan dalam beberapa aspek USE yaitu usefulness (kegunaan), satisfction (kepuasan), ease of learning (kemudahan belajar) dan ease of use (kemudahan penggunaan). Hasil yang diperoleh untuk setiap aspek usability yaitu  aspek usefulness diperoleh kelayakan 79.5%, aspek satisfaction diperoleh kelayakan 76.7%, ease of learning diperoleh kelayakan 81.3%, easy of use diperoleh kelayakan sebesar 78.5%. Secara keseluruhan hasil usability testing diperoleh kelayakan 78.9%, berarti aplikasi rekomendasi pariwisata jawa barat layak digunakan oleh wisatawan karena aplikasi ini mudah digunakan, mudah dipelajari, memberikan kepuasaan dan berguna bagi wisatawan yang ingin bekunjung ke lokasi objek wisata.
 
Kata kunci: Kuesioner, Perangkat Lunak, Pariwisata, Usability.
 
Abstract: Testing is done by testing the application to a number of respondents as users of the application, usability testing is the best way to evaluate applications that aim to identify problems in the design or service so that they can be well received by the user, because it relates to interactions between the system and the user. Usability can be measured from the results of the percentage of eligibility obtained based on a questionnaire distributed to users, in this study the questionnaire using the Use Questionnaire method contains a series of statements that have been grouped in several aspects of USE namely usefulness, satisfaction, ease of learning ) and ease of use. The results obtained for each aspect of usability are usefulness aspects obtained 79.5% eligibility, 76.7% satisfaction aspects obtained, ease of learning obtained 81.3% feasibility, easy of use obtained 78.5% eligibility. Overall the results of usability testing obtained 78.9% eligibility, meaning that the application of tourism recommendations in West Java is suitable for tourists because this application is easy to use, easy to learn, provides satisfaction and is useful for tourists who want to visit tourist sites.
 
Keywords: Questionnaire, Software, Tourism, Usability.

References

Aelani K, Falahah. 2012. Pengukuran Usability Sistem Menggunakan Use Questionnaire (Studi Kasus Aplikasi Perwalian Online STMIK AMIKBandung). In: Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2012 (SNATI 2012)., p 15–16.

Afrina M, Ibrahim A, Simarmata T. 2017. Perancangan Sistem Informasi Pariwisata Berbasis Android. In: Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Aplikasinya (KNTIA). Palembang: Universitas Sriwijaya, p 170–174.

Asnawi N. 2018. Pengukuran Usability Aplikasi Google Classroom Sebagai E-learning Menggunakan USE Questionnaire (Studi Kasus: Prodi Sistem Informasi UNIPMA). J. Comput. Inf. Syst. Technol. Manag. 1: 17–21.

Assila A, De Oliveira K, Ezzedine H. 2016. Standardized Usability Questionnaires: Features and Quality Focus. J. Comput. Sci. Inf. Technol. 6: 15–31.

Baihaqy MAM, Rosidi A, A Syahdan S. 2016. Analisis Usability Aplikasi E-Learning Di Fakultas Teknik dan Ilmua Komputer UNSIQ Wonosobo. J. PPKM 3: 159–173.

Bastien JMC. 2010. Usability Testing : A Review of Some Methodological and Technical Aspects of the Method. Int. J. Med. Inform. 79.

Firmansyah R. 2018. Usability Testing Dengan Use Questionnaire Pada Aplikasi Sipolin Provinsi Jawa Barat. J. Swabumi 6: 1–7.

Geisen E, Bergstrom JR. 2017. Usability Testing for Survey Research. In: Bergstrom’s new book Usability Testing for Survey Research.

Harnawati, Widodo ID. 2017. Usability Testing for Android Based Application “Jogja Smart Tourism .” In: MOIME.

Huda N. 2019. Implementasi Metode Useability Testing Dengan System Useability Scale Dalam Penilaian RS Siloam Palembang. Kumpul. J. Ilmu Komput. 06: 36–48.

Kusuma WA, Noviasari V, Marthasari GI. 2016. Analisis Usability dalam User Experience pada Sistem KRS Online UMM menggunakan USE Questionnaire. J. Nas. Tek. Elektro dan Teknol. Inf. 5: 294–301.

Lund A. 2001. Measuring Usability with the USE Questionnaire. Useability Interface 8.

Moran K. 2019. Usability Testing 101.

Nugrahani F. 2014. Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta. 305 p.

Prayoga SH, Sensuse DI. 2012. Analisis Usability Pada Aplikasi Berbasis Web Dengan Mengadopsi Model Kepuasan Pengguna (User Satisfaction). J. Sist. Inf. 6: 70.

Priyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo: Zifatama Publishing.

Ristekdikti. 2019. https://forlap.ristekdikti.go.id.

Riyadi NR. 2019. Pengujian Useability Untuk Meningkatkan Antarmuka Aplikasi Mobile myUMM Students. J. Sist. 8: 226–232.

Roopa S, Rani M. 2012. Questionnaire Designing for a Survey. J. Indian Orthod. Soc. 46: 273–277.

Sabandar VP, Santoso HB. 2018. Evaluasi Aplikasi Media Pembelajaran Statistika Dasar Menggunakan Metode Usability Testing. J. Tek. 7: 50–59.

Safitri N, Pramudita R. 2018. Pengujian Black Box Menggunakan Metode Cause Effect Relationship Testing. Inf. Syst. Educ. Prof. 3: 101 – 110–101 – 110.

Setiawan A, Widyanto RA. 2018. Evaluasi Website Perguruan Tinggi menggunakan Metode Usability Testing. J. Inform. J. Pengemb. IT 3: 295–299.

Siagian LJ. 2018. Otomatisasi Pengujian Perangkat Lunak (Software Test Automation). Yogyakarta: Deepublish.

Siyoto S, Sodik A. 2015. Dasar Metode Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing. 130 p.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulindawati NLGE. 2018. Analisis Usability Untuk Mengukur Efektivitas Implementasi Sistem Keuangan Desa. In: Seminar Nasional Riset Inovatif., p 232–237.

Yunandar RT, Priyono. 2018. Pengujian Usability System Framework React Native dengan Expo untuk Pengembang Aplikasi Android Menggunakan Use Questionnaire. J. Penelit. Tek. Inform. 3: 252–259.
Published
2019-12-24
How to Cite
RETNONINGSIH, Endang; FAUZIAH, Nofia Filda. Usability Testing Aplikasi Rekomendasi Objek Wisata Di Provinsi Jawa Barat Berbasis Android Menggunakan USE Questionnaire. BINA INSANI ICT JOURNAL, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 95-106, dec. 2019. ISSN 2527-9777. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/BIICT/article/view/1250>. Date accessed: 20 feb. 2020.