Desain Komunikasi Visual Sebagai Media Informasi Pada Kelurahan Kebon Besar Kota Tangerang

  • Wendy Andriyan Teknik Informatika; Universitas Raharja
  • Sindiawati Sindiawati Teknik Informatika; Universitas Raharja
  • Ghina Puspita Kurnia Teknik Informatika; Universitas Raharja

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat dari dulu hingga sekarang menciptakan suatu kondisi dimana manusia ingin mendapatkan kebutuhan sumber informasi yang di inginkan secara mudah, cepat dan akurat. Salah satunya adalah Desain Komunikasi Visual yang memiliki peran sangat penting agar masyarakat dapat memahami dengan mudah isi dari informasi yang diterima. Berdasarkan penggunaannya, Desain Komunikasi Visual akan sangat efektif dan efesien bagi Kelurahan Kebon Besar Kota Tangerang. Dikarenakan, dalam penyampaian informasi mengenai kegiatan program sosialisasi kepada masyarakat yang dilakukan oleh Kelurahan Kebon Besar Kota Tangerang masih belum tersalurkan dengan baik. Saat ini, penyampaian informasinya masih dari orang ke orang melalui komunikasi lisan yang dapat menyebabkan kesalahan penyampaian informasi. Maka dari itu, setiap kegiatan program sosialisasi yang dilakukan oleh Kelurahan Kebon Besar Kota Tangerang membutuhkan media informasi yang di buat dengan media cetak seperti spanduk, poster dan brosur agar informasinya mudah dipahami dan mencegah kesalahan penyampaian informasinya. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan studi pustaka. Penelitian ini menghasilkan sebuah desain kreatif sebagai media informasi pada Kelurahan Kebon Besar Kota Tangerang.

References

Rustianingtyas, P. 2015. Laporan Keuangan Sebagai Alat Komunikasi. Jurnal Paradigma Madani. 2(2).
Permatasari, I. 2018. Karakteristik Keterampilan Komunikasi Lisan Calon Guru Fisika Pada Matakuliah Fisika SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Integrasinya. 1(2).
Dharmawan, T. 2015. Musik Klasik dan Daya Ingat Jangka Pendek Pada Remaja. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan. 3(2).
Andaputra, R. 2018. Perancangan Aplikasi Pengolahan Data Penduduk dan Penerbitan Surat Keterangan Status Kependudukan Berbasis Web Pada Kelurahan Kebon Besar Kota Tangerang. Skripsi: Universitas Raharja.
Tambunan, T S. 2016. Glosarium Istilah Pemerintahan. Jakarta: Praenadamedia Group.
Anggraini S., Lia & Nathalia, Kirana. 2014. Desain Komunikasi Visual: Dasardasar Panduan untuk Pemula. Bandung: Penerbit Nuansa Cendekia.
Kusrianto, Adi (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi Offset
Andriyan, W. Perancangan Website Sebagai Media Informasi dan Peningkatan Citra Pada SMK Dewi Sartika Tangerang. Skripsi Universitas Raharja.
Published
2020-06-28
How to Cite
ANDRIYAN, Wendy; SINDIAWATI, Sindiawati; KURNIA, Ghina Puspita. Desain Komunikasi Visual Sebagai Media Informasi Pada Kelurahan Kebon Besar Kota Tangerang. BINA INSANI ICT JOURNAL, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 73-82, june 2020. ISSN 2527-9777. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/BIICT/article/view/1286>. Date accessed: 08 sep. 2024. doi: https://doi.org/10.51211/biict.v7i1.1286.