Metode Pieces Framework Pada Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sorong

  • Muzakkir Pangri Magister Teknik Informatika; Universitas Ahmad Dahlan
  • Sunardi Sunardi Teknik Elektro; Universitas Ahmad Dahlan
  • Rusydi Umar Teknik Informatika; Universitas Ahmad Dahlan

Abstract

Abstrak: Sistem informasi mempunyai peran penting dalam menghasilkan informasi bagi semua tingkatan manajemen. Analis perlu mengetahui keperluan informasi yang diinginkan manajemen agar informasi yang dihasilkan oleh sistem informasi dapat berfungsi dan tepat bagi manajemen. Proses evaluasi terhadap kinerja dari sistem informasi diperlukan untuk mengetahui apakah sistem informasi Universitas Muhammadiyah Sorong berjalan sebagaimana mestinya. Evaluasi sistem informasi dapat dilakukan dengan cara yang berbeda dan pada tingkatan yang berbeda, tergantung pada tujuan evaluasinya. Dalam melakukan kegiatan analisis dan evaluasi sistem informasi, terdapat beberapa metode atau model analisis yang dapat digunakan salah satunya adalah model analisis PIECES Framework. Untuk mempermudah evaluasi, ditawarkan cara analisis dengan kerangka PIECES Framework yang menguraikan ke dalam 6 fokus analisis kelemahan yaitu Performance, Information and Data, Economy, Control and Security, Eficiency dan Service. Tujuan penelitan ini untuk mengukur tingkat kepuasan, mengetahui kelemahan serta kekuatan dan menganalisis komponen-komponen yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan, yang terdapat pada sistem informasi perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sorong. Berdasarkan hasil perhitungan daftar pernyataan yang diberikan kepada responden yang merupakan pengguna sistem informasi perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sorong, domain Performance, Information & Data, Economics, Control & Security, Efficiency, dan Service, semua berada pada kategori puas, artinya penerapan sistem informasi perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sorong, yang saat ini digunakan dilingkungan Kampus sudah dapat diterima sesuai dengan kerangka PIECES Framework.
 
Kata kunci: kepuasan pengguna, PIECES Framework, website.
 
Abstract: Information systems have an important role in producing information for all levels of management. Analysts need to know necessity of the information that management wants so that the information generated by the information system can function and be appropriate for management. The process of evaluating performance of the information system is needed to determine whether the information system at the University of Muhammadiyah Sorong is running as it should. Information systems evaluation can be carried out in different ways and at different levels, depending on objective of the evaluation. In carrying out information system analysis and evaluation activities, there are several methods or analysis models that can be used, one of which is the PIECES Framework analysis model. To simplify the evaluation, an analysis method is offered with the PIECES Framework which describes the 6 focus of weakness analysis, that are Performance, Information and Data, Economy, Control and Security, Efficiency and Service. The purpose of this research is to measure the level of satisfaction, find out the strengths, weaknesses and analyze the components that need to be improved the quality of service, which is contained in the library information system of the Muhammadiyah University of Sorong. Based on the results of the calculation of the list of statements given to respondents who are users of the library information system at the Muhammadiyah University of Sorong, the domain of Performance, Information & Data, Economics, Control & Security, Efficiency and Service, all of in the satisfied category, meaning that the application of the library information system at the Muhammadiyah University of Sorong , which is currently being used in the campus environment is acceptable in accordance with the PIECES Framework.
 
Keywords: user satisfaction, PIECES Framework, website.

References

[1] M. Nur, “Indonesian Treasury Review,” J. Perbendaharaan, Keuang. Negara dan Kebijak. Publik, vol. 5, no. 3, pp. 217–234, 2020.
[2] R. Umar, S. Sarjimin, A. S. Nugroho, A. Dito, and I. Gunawan, “Perancangan Sistem Informasi Keuangan Berbasis Web Multi User Dengan UML,” J. Algoritm., vol. 17, no. 2, pp. 204–211, 2021, doi: 10.33364/algoritma/v.17-2.204.
[3] W. Meilita, “Pemanfaatan Website Dan Media Sosial Perpustakaan,” J. Ilmu Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan Univ. Indones., vol. 22, no. April, pp. 37–47, 2020.
[4] Wardani, “Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Di Smp N 32 Semarang,” Sist. Inf. Perpust. Berbas. Web Di SMP N 32 Semarang, 2017.
[5] N. Junaedi, “Analisa Kepuasan Mahasiswa Terhadap Sistem Informasi Perpustakaan Universitas Merdeka Madiun Menggunakan Framework Pieces,” Res. Comput. Inf. Syst. Technol. Manag., vol. 1, no. 2, p. 59, 2018, doi: 10.25273/research.v1i02.3364.
[6] S. Kasus, D. Kabupaten, H. Sudibyo, and B. S. W. A, “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Pada Penerapan Sistem Informasi Pendidikan ( Dapodikmen ),” Anal. Tingkat Kepuasan Pengguna Pada Penerapan Sist. Inf. Pendidik. (Studi Kasus Dindikbudpora Kabupaten Purworejo), vol. 5, no. 8, pp. 57–71, 2016.
[7] S. Keputusan Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Ristek Dikti, E. Sorongan, J. Teknik Elektro, P. Teknik Elektronika, and P. Negeri Balikpapan, “Terakreditasi SINTA Peringkat 2 Pengaruh Variabel Kualitas Sistem Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Model EUCS,” Masa Berlaku Mulai, vol. 1, no. 3, pp. 23–28, 2017.
[8] W. J. Doll and G. Torkzadeh, “The Measurement of End-User Computing Satisfaction End-User Satisfaction The Measurement of End-User Computing Satisfaction Professor of MIS and Strategic Management The University of Toledo Gholamreza Torkzadeh Assistant Professor of Information Systems,” Source MIS Q., vol. 1213512, no. 2, pp. 259–274, 1988.
[9] A. Saputra and D. Kurniadi, “Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi E-Campus Di Iain Bukittinggi Menggunakan Metode Eucs,” J. Vokasional Tek. Elektron. dan Inform., vol. 7, no. 3, pp. 58–66, 2019.
[10] W. Widiati, “Pengukuran Tingkat Kepuasan Mahasiswa dalam Penggunaan Sistem Informasi Akademik Menggunakan Pieces Framework (Studi Kasus: STMIK Nusa Mandiri Kampus Depok),” Paradigma, vol. XVIII, no. 2, pp. 81–88, 2016.
[11] R. S. Dewi, R. R. Marchada, and A. Rifai, “Analisa Pieces Penerapan Digital Monitoring Informasi Penyewaan Ruko Pasar 8 Pada Pt . Alam Sutera Realty , Tbk,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komun. 2016 (SENTIKA 2016), vol. 2016, no. Sentika, pp. 18–19, 2016.
[12] A. Supriyatna, V. Maria, P. Studi, and M. Informatika, “khazanah informatika Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna dan Tingkat Kepentingan Penerapan Sistem Informasi DJP Online dengan Kerangka PIECES,” vol. 3, no. 2, pp. 88–94, 2017.
[13] P. L. Lokapitasari Belluano, I. Indrawati, H. Harlinda, F. A. . Tuasamu, and D. Lantara, “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Pieces Framework,” Ilk. J. Ilm., vol. 11, no. 2, pp. 118–128, 2019, doi: 10.33096/ilkom.v11i2.398.118-128.
[14] A. Supriyatna, “Perpustakaan Dengan Menggunakan Pieces Framework,” Pilar Nusa Mandiri, vol. XI, no. 1, pp. 43–52, 2015.
Published
2021-06-29
How to Cite
PANGRI, Muzakkir; SUNARDI, Sunardi; UMAR, Rusydi. Metode Pieces Framework Pada Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sorong. BINA INSANI ICT JOURNAL, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 63-72, june 2021. ISSN 2527-9777. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/BIICT/article/view/1499>. Date accessed: 23 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.51211/biict.v8i1.1499.