Rancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Multimedia Untuk Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar

  • Hendra Dinata Teknik Informatika; Universitas Surabaya
  • Evelyn Evelyn Program Multimedia; Universitas Surabaya

Abstract

Abstrak: Bahasa Inggris merupakan mata pelajaran wajib dalam pendidikan Sekolah Dasar (SD) sampai dengan Sekolah Menengah Akhir (SMA). Dalam kurikulum 2013 saat ini, terdapat beberapa kendala dalam proses belajar mengajar pada materi Simple Present Tense dan Present Continuous Tense. Kendalanya seperti fokus siswa yang singkat dan sulitnya siswa memahami persepsi materi, ditambah materi pada buku paket yang kurang terstruktur menyebabkan siswa kesulitan membedakan jenis-jenis tenses. Untuk itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu peningkatan pemahaman siswa Sekolah Dasar terkait materi Bahasa Inggris melalui bantuan sebuah aplikasi pembelajaran berbasis multimedia. Aplikasi dikembangkan menurut langkah-langkah Software Development Life Cycle (SDLC) dan menyajikan materi Simple Present Tense dan Present Continuous Tense dalam bentuk teks, audio, video infografis, kalimat contoh yang disertai gambar, soal-soal latihan dan kuis. Siswa juga dapat menjalani sesi latihan dan kuis untuk menilai tingkat pemahaman mereka. Aplikasi yang dibuat akan diuji cobakan kepada siswa yang sebelumnya melakukan pre-test. Hasil evaluasi post-test telah menunjukkan kenaikan rata-rata hingga 28,69% pada nilai siswa setelah siswa menggunakan aplikasi pembelajaran ini. Hal ini menunjukkan bahwa aplikasi pembelajaran yang dikembangkan telah berhasil membantu siswa dalam memahami materi Bahasa Inggris khusus materi Simple Present Tense dan Present Continuous Tense.
 
Kata kunci: aplikasi pembelajaran, bahasa inggris, multimedia
 
Abstract: : English is a compulsory subject in Elementary School (SD) to Senior High School (SMA) education. In the current 2013 curriculum, there are several obstacles in the teaching and learning process in Simple Present Tense and Present Continous Tense. Constraints such as the short focus of students and the difficulty of students understanding the perception of the material, plus the material in the textbook which is less structured makes it difficult for students to distinguish the types of tenses For this reason, the purpose of this study is to help increase elementary school students' understanding of English material through the help of a multimedia-based learning application. The application was developed according to the Software Development Life Cycle (SDLC) steps and presents Simple Present Tense and Present Continuous Tense material in the form of text, audio, video infographics, sample sentences with pictures, practice questions and quizzes. Students can also undergo practice sessions and quizzes to assess their level of understanding. The application made will be tested on students who previously did the pre-test. The results of the post-test evaluation have shown an average increase of up to 28.69% in student scores after students use this learning application. This demonstrates that the developed learning tool was successful in assisting students in comprehending English content, particularly for the Simple Present Tense and Present Continuous Tense.

References

[1] H. U. Kaltsum, “Bahasa Inggris dalam Kurikulum 2013 di sekolah dasar,” in Proceedings of the 3rd University Research Colloquium, 2016, pp. 276–283.
[2] N. Noeroel, “Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Inggris SD SMP SMA pada Kurikulum Sekolah Penggerak,” 2021. https://www.ainamulyana.info/2021/09/capaian-pembelajaran-bahasa-inggris-sd.html?m=1 (accessed Sep. 16, 2021).
[3] R. Mohandas, “Kurikulum 2013 Pedoman Guru Kelas Rendah Untuk Sekolah Dasar (SD),” 2014. http://kurikulum.kemdikbud.go.id/
[4] T. Sulaksono, B. Budiarjo, and W. Heru, Joyful in Thematic English. Yogyakarta: Penerbit & Percetakan Pustaka Cendekia, 2019.
[5] M. Ameri, “The Use of Mobile Apps in Learning English Language,” Budapest Int. Res. Critics Linguist. Educ. J., vol. 3, no. 3, pp. 1363–1370, Aug. 2020, doi: 10.33258/birle.v3i3.1186.
[6] S. Kattayat, S. Josey, and A. J.V, “Mobile Learning Apps in Instruction And Students Achievement,” Int. J. Interact. Mob. Technol., vol. 11, no. 1, p. 143, Jan. 2017, doi: 10.3991/ijim.v11i1.6420.
[7] W. Waziana, L. Anggraeni, and N. L. Sari, “Penerapan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Berbasis Multimedia,” J. TAM (Technology Accept. Model., vol. 7, pp. 22–27, 2017.
[8] N. S. Harahap and S. Oktariani, “Rancang bangun aplikasi pembelajaran bahasa inggris berbasis kinect,” J. CoreIT J. Has. Penelit. Ilmu Komput. dan Teknol. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 21–28, 2016.
[9] T. Vaughan, Multimedia : Making It Work, 6th ed. Yogyakarta: Tim Penerbit ANDI, 2004.
[10] D. Novaliendry, “Aplikasi Game Geografi Berbasis Multimedia Interaktif (studi kasus siswa kelas IX SMPN 1 RAO),” J. Teknol. Inf. Pendidik., vol. 6, no. 2, pp. 106–118, 2013, doi: https://doi.org/10.24036/tip.v13i2.
[11] R. Murphy, English Grammar in Use. New York: Cambridge University Press, 1994.
[12] A. Purmansyah, Belajar English Tenses Nggak Pake Ribet. Jakarta: Penerbit Bhuana Ilmu Populer, 2018.
[13] M. Y. . Anne, “Basic English Grammar for English Language Learners,” 2007. https://www.easypacelearning.com/
[14] O. S. Djuharie, Functional English Grammar. Bandung: Penerbit Yrama Widya, 2019.
[15] A. Yasin and M. Z. Yumarlin, “Evaluasi Web UJB Menggunakan Golden Rules Of User Interface Design Theo Mandel,” SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, vol. 4, no. 1, 2016.
[16] A. A. K. O. Febriyanti, Ni Made Dwi Sudana and I. N. Piarsa, “Implementasi Black Box Testing pada Sistem Informasi Manajemen Dosen,” JITTER J. Ilm. Teknol. dan Komput., vol. 2, no. 3, 2021.
Published
2022-07-03
How to Cite
DINATA, Hendra; EVELYN, Evelyn. Rancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Multimedia Untuk Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. BINA INSANI ICT JOURNAL, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 63-72, july 2022. ISSN 2527-9777. Available at: <https://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/BIICT/article/view/1789>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.51211/biict.v9i1.1789.