Rancang Bangun Game Edukasi Tebak Bendera Berbasis Game Development Life Cycle

  • Taufiq Timur Warisaji Universitas Muhammadiyah Jember
  • Ari Eko Wardoyo Universitas Muhammadiyah Jember
  • Henny Wahyu Sulistyo Universitas Muhammadiyah Jember
  • Ginanjar Abdurrahman Universitas Muhammadiyah Jember

Abstract

Pembelajaran berbasis game yang banyak diterapkan menunjukkan bahwa game secara umum memiliki manfaat yang menghibur, motivasi, dan edukasi. Game dapat menjadi sarana pembelajaran untuk meningkatkan perkembangan otak manusia baik dari segi motorik, emosi, kognisi, semangat dan keseimbangan guna mengembangkan kemampuan otak anak. Pada penelitian ini akan dikembangkan apikasi game edukasi tebak bendera yang mempunyai target pengguna adalah para siswa sekolah dasar. Aplikasi game edukasi ini akan dibangun dan dikembangkan dengan berbasis android menggunakan metode GDLC. Adapun obyek game edukasi adalah bendera – bendera negara – negara di dunia. Hasil penelitian ini adalah bahwa aplikasi game dapat berjalan dan digunakan sesuai dengan apa yang telah direncanakan, yaitu menjadi media pembelajaran melalui permainan tebak bendera negara – negara di dunia. Hasil kuesioner juga menunjukkan bahwa aplikasi game yang telah dibuat memiliki prosedur permainan sederhana dan responsif, informasi yang disajikan juga jelas dan mudah dipahami, dalam pembelajaran aplikasi game ini berguna dan juga meningkatkan semangat belajar. Adapun kelemahan dari aplikasi game ini adalah dari hasil kuesioner aplikasi game masih dinilai tidak menarik. Hal ini dapat dijadikan pertimbangan oleh peneliti selanjutnya apabila ingin melakukan pengembangan dan perbaikan.

References

Pembelajaran berbasis game yang banyak diterapkan menunjukkan bahwa game secara umum memiliki manfaat yang menghibur, motivasi, dan edukasi. Game dapat menjadi sarana pembelajaran untuk meningkatkan perkembangan otak manusia baik dari segi motorik, emosi, kognisi, semangat dan keseimbangan guna mengembangkan kemampuan otak anak. Pada penelitian ini akan dikembangkan apikasi game edukasi tebak bendera yang mempunyai target pengguna adalah para siswa sekolah dasar. Aplikasi game edukasi ini akan dibangun dan dikembangkan dengan berbasis android menggunakan metode GDLC. Adapun obyek game edukasi adalah bendera – bendera negara – negara di dunia. Hasil penelitian ini adalah bahwa aplikasi game dapat berjalan dan digunakan sesuai dengan apa yang telah direncanakan, yaitu menjadi media pembelajaran melalui permainan tebak bendera negara – negara di dunia. Hasil kuesioner juga menunjukkan bahwa aplikasi game yang telah dibuat memiliki prosedur permainan sederhana dan responsif, informasi yang disajikan juga jelas dan mudah dipahami, dalam pembelajaran aplikasi game ini berguna dan juga meningkatkan semangat belajar. Adapun kelemahan dari aplikasi game ini adalah dari hasil kuesioner aplikasi game masih dinilai tidak menarik. Hal ini dapat dijadikan pertimbangan oleh peneliti selanjutnya apabila ingin melakukan pengembangan dan perbaikan.
Published
2023-12-18
How to Cite
WARISAJI, Taufiq Timur et al. Rancang Bangun Game Edukasi Tebak Bendera Berbasis Game Development Life Cycle. BINA INSANI ICT JOURNAL, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 166-175, dec. 2023. ISSN 2527-9777. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/BIICT/article/view/2668>. Date accessed: 08 sep. 2024. doi: https://doi.org/10.51211/biict.v10i2.2668.