Analisis Cara Kerja Sistem Infeksi Virus Komputer

  • Petrus Dwi Ananto Pamungkas Teknik Informatika, STMIK Bina Insani

Abstract

Virus komputer disebut sebagai virus karena mempunyai kemiripan dengan perilaku virus yangsesungguhnya di jagad biologi, terutama cara penyebarannya dari satu komputer ke komputer lain. Viruskomputer, harus menumpang pada sebuah program atau dokumen supaya dapat tereksekusi. Jika program ataudokumen ini dijalankan, maka virus sudah “dibukakan jalan†untuk mengeinfeksi program atau dokumen lain. Halini serupa dengan virus dalam jagad biologi yang harus menumpang pada sel makhluk hidup lain gunakelangsungan hidupnya. Dan dalam aksi menumpangnya ini, virus sekaligus juga membuat induk semangnyamenjadi sakit.Setiap virus komputer mempunyai beberapa rutin tertentu untuk menjamin kelangsungan hidupnya.Secara umum, ada tiga rutin yang menjadi komponen dasar pembentuk virus, yaitu rutin pencari, pengganda dananti deteksi. Setiap rutin tersebut mempunyai tugas dan fungsi masing-masing yang saling mendukung satudengan lainnya.Sebuah virus komputer memerlukan daftar nama-nama file yang ada dalam suatu direktori untukmengenali file yang menjadi targetnya.Kemudian dengan kemampuan replikasi (menggandakan diri), baikdengan menimpa di atasnya (overwrite) atau menambahkan (appending) kode programnya ke program induk(host) akan ikut tereksekusi bersamaan dengan eksekusi program induknya. User biasanya tidak menyadariadanya aktivitas virus saat virus menggandakan diri dan hanya menyadari saat virus melakukan aksinya.Kata kunci : virus, virus komputer, program, user

References

Amperiyanto, Tri, 2003. Bermain-main dengan Virus Macro 2 : Menjelajah Word dan Excel. PT Elex Media Komputindo, Kelompok Gramedia, Jakarta.
Bishop, Matt, 2003. Computer Security : Art and Science. Addison-Wesley, Pearson Education, Inc., Boston.
Bustami, Ahmad, 1999. Cara Mudah Belajar Internet, HomeSite dan HTML. Dinastindo, Jakarta.
Cobb, Stephen, 1990. The Stephen Cobb Complete Book of PC and LAN Security. Windcrest Books.
Cohen, Frederick B., 1994. A Short CourseOon Computer Viruses. John Wiley & Sons, Inc.
Crume, Jeff, 2000. Inside Internet Security : What Hackers Dont’t Want You To Know. Addison-Wesley, Pearson Education Limited, London.
Fogie, Seth and Peikari, Cyrus, 2002. Windows Internet Security : Protecting Your Critical Data. Prentice Hall PTR, Upper Saddle River, New Jersey.
Frost, David, Beale, Ian and Frost, Chris, 1989. Pedoman Lengkap Virus Komputer. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.
Hartono, Jogiyanto, 2001. Analisis & Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Andi Offset, Yogyakarta.
http://securityresponse.symantec.com (Diambil tanggal 23 Juni 2004)
http://www.nai.com (Diambil tanggal 24 Juni 2004)
http://www.vaksin.com (Diambil tanggal 25 Juni 2004)
http://www.balikpapan.depkeu.go.id(Diambil tanggal 24 Juni 2004)
http://echo.or.id(Diambil tanggal 24 Juni 2004)
http://www.viruslist.com(Diambil tanggal 25 Juni 2004)
Kane, Pamela, 1995. Pembasmian dan Pengamanan Virus di Komputer Anda. Dinastindo, Jakarta.
Murugappan, Palani. Internet Simplified. Venton Publishing.
Norton, Peter and Nielsen, Paul, 1992. Inside thebNorton Antivirus. Brady Publishing, New York.
Sudarisman, 1991. Pedoman Lengkap Virus Komputer. PT Elex Media Komputindo, Kelompok Gramedia, Jakarta.
Published
2018-04-12
How to Cite
PAMUNGKAS, Petrus Dwi Ananto. Analisis Cara Kerja Sistem Infeksi Virus Komputer. BINA INSANI ICT JOURNAL, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 15-40, apr. 2018. ISSN 2527-9777. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/BIICT/article/view/773>. Date accessed: 08 sep. 2024.