ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI PRODUK DIGITAL SECARA ONLINE

  • Uus Rusmawan Teknik Informatika, STMIK Bina Insani

Abstract

Kehadiran komputer dan internet kini telah mengubah wajah peradaban manusia, mulai dari bidangindustri, pendidikan, hingga bidang ekonomi dan perdagangan. Salah satu hal yang paling dikenal dalamtransaksi secara online menggunakan internet adalah E-Commerce. Hal yang cukup menarik untuk dianalisisdalam masalah E-Commerce adalah tingkat kepercayaan konsumen dalam melakukan transaksi secara online.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan dan minat belikonsumen terhadap produk digital (berupa file), baik dalam bentuk E-Book, file aplikasi dan file-file jenis lainnya.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah SEM (Structural Equation Model). Data dalam penelitian iniberasal dari semua konsumen yang pernah melakukan pembelian produk digital secara online di seluruhindonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan dan minat belikonsumen terhadap produk digital secara online di Indonesia adalah pelayanan.Kata Kunci: Internet, E-Commerce, E-Book, Produk Digital, SEM

Author Biography

Uus Rusmawan, Teknik Informatika, STMIK Bina Insani
Teknik Informatika, STMIK Bina Insani

References

Ali Arifin, (2005). Seni Menjual, Yogyakarta, Andi offset
Ajzen, I., (1991). The Theory of Planned Behavior, Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50, pp. 197–211.
Andi Sunarto. (2009). Seluk Beluk E-Commerce: Panduan bagi pemula untuk menjual produknya melalui internet. Jogjakarta, Graha Ilmu
Andy Shera. (2010). Step By Step Internet Marketing. Elex Media. Jakarta
Arend, Dominic N. (1993). Choices (Version 4.0) [Computer software]. Champaign, IL: U.S. Army Corps of Engineers Research Laboratory. (CERL Report No.CH7-22510)
Clark. L.A., Kochanska, G., & Ready, R. (2000). Mothers' personality and its interaction with child temperament as predictors of parenting behavior. Journal of Personality and Social
Psychology, 79, 274-285.
Cone, J. D., & Foster, S.L. (1993). Dissertations and theses from start to finish: Psychology and related fields. Washington, DC: American Psychological Association.
Davis, F.D., (1989). “Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of information Technology”, MIS Quarterly, 13 (5), pp. 319-339.
Fitra Dharma, (2006), Pengaruh Structural Assurance Dan Perceiverd Reputation Terhadap Trust Pengguna Internet Di Sistem E-Commerce, Padang, Simposium Nasional Akuntansi 9 Padang
Fredy Rangkuti, (2003), Measuring Customer Satisfaction : Teknik Mengukur Dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan : Plus Analisis Kasus PLN - JP, Jakarta, PT Gramedia Pustaka.
Gefen, D and Straub, D. (2001), Managing User trust in B2C E-Service (online). June 27, 2005.
http://www.cis.gsu.edu/∼ghubona/info790/info790Trust 41305Eva ndro.pdf.
Husein Umar, (2005), Riset Pemasaran Dan Perilaku Konsumen, Jakarta, Pt Gramedia Pustaka Utama
Imam Ghozali, (2008), Model Persamaan Struktural Konsep Dan Aplikasi Dengan Program AMOS 16.0, Semarang, Badan Penerbit Universitas Diponegoro. James L. Arbuckle, (2007), AMOS 16 .0 User Guide, USA, Amos Departement Corporation
Jogiyanto. (2010). Sistem Informasi Keperilakuan. Yogjakarta. Andi offset
Koch, S. (Ed.). (1959-1963). Psychology: A study of science (Vols. 1-6). New York: McGrawHill.
Kotler, Philip. (1997). Manajemen Pemasaran : Analisis perencanaan, implementasi (Hendra Teguh & Ronny Antonius Rusli, Penerjemah.). Jakarta: Prenhallindo.
Lerbin R Aritonang R (2007), Teori Dan Praktik Riset Dan Pemasaran, Bogor, Ghalia Indonesia
Lodewijkx, H. F. M. (2001, May 23). Individualgroup continuity in cooperation and competition undervarying communication
conditions. Current Issues in Social Psycirolofy, 6 (12), 166-182.
http://www.uiowa.edu/~grpproc/crisp/crisp.6. 12.htm Mitchell, T.R., & Larson, J.R. (1987). People in organizations: An Introduction to organizational behavior (3rd ed.). New York:
McGraw-Hill.
S. Pantja Djati Dan Erna Ferrinadewi, (2004), Pentingnya Karyawan Dalam Pembentukan Kepercayaan Konsumen Terhadap Perusahaan Jasa, Universitas Kristen Petra.
Jurnal manejemen dan kewirausahaan.
Santoso, Singgih, (2007). Sturctural equation modelling. Konsep dan aplikasi dengan AMOS. Jakarta. Elex media komputindo
Santoso, Singgih, (2000). Buku Latihan SPSS Statistik Parametris. Jakarta: PT. Elex Media Computindo.
Senior, B. (1997, September). Team roles and team performance: Is there really a link? Journal of Occupational and Organizational Psychology, 70, 24 1-258. June 6, 2001. ABI/INFORM Global (Proquest) database.
Sofyan Yamin & Heri Kurniawan. (2010). Sturctural Equation Model : belajar lebih mudah teknik analisa data quesioner dengan lisrel – PLS. Jakarta. Salemba empat infotek.
Sri Maharsi & Fenyn, (2006), Analisis FaktorFaktor Yang Mempengaruhi Kepercayaan Dan Pengaruh Kepercayan Terhadap Loyalitas Pengguna Internet Banking Di
Surabaya, Surabaya. Universitas Kristen Petra.
Sutisna SE. ME (2001), Perilaku Konsumen Dan Komunikasi Pemasaran, Bandung, PT Remaja Rosdakarya
Tony Wijaya, (2009). Analisis structural equation modelling menggunakan AMOS Yogyakarta. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Ujang Sumarwan, (2002), Perilaku Konsumen : Teori Dan Penerapannya Dalam Pemasaran, Bogor, Ghalia Indonesia
Published
2018-04-12
How to Cite
RUSMAWAN, Uus. ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI PRODUK DIGITAL SECARA ONLINE. Bina Insani ICT Journal, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 41-72, apr. 2018. ISSN 2527-9777. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/BIICT/article/view/774>. Date accessed: 14 aug. 2018.