Metode Pembelajaran Interaktif Kesenian dan Kebudayaan Indonesia Pada Siswa Sekolah Dasar

  • Fandhilah Fandhilah Manajemen Informatika; AMIK BSI Tegal

Abstract

Abstrak : Pendidikan merupakan salah satu faktor pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas, kreatif dan inovatif. Sehingga pendidikan sangat diperlukan. Pendidikan lebih baik diberikan pada anak usia dini, karena pendidikan yang diberikan sejak usia dini dapat mempengaruhi pembentukan sikap, tingkah laku dan pola pikir mereka. Program aplikasi pembelajaran ini berbasis multimedia. Program aplikasi ini dibuat agar anak-anak merasa senang dan tidak mudah jenuh dalam proses pembelajaran, khususnya pembelajaran tentang kesenian dan kebudayaan Indonesia. Karena tampilan dari program aplikasi dibuat semenarik mungkin dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan ditambahkan dengan adanya suara, animasi dan teks sehingga anak-anak merasa sedang bermain sambil belajar. Selain itu, secara tidak langsung dengan adanya program aplikasi ini dapat memperkenalkan teknologi komputer kepada anak- anak. Implementasi program aplikasi ini menggunakan Macromedia Flash 8. Program aplikasi ini juga dapat meningkatkan proses pembelajaran dan motivasi anak untuk belajar lebih dalam mengenai kesenian dan kebudayaan Indonesia, juga meningkatkan rasa bangga dan cinta tanah air Indonesia. Dalam aplikasi ini berisikan tentang informasi kebudayaan-kebudayaan Indonesia meliputi rumah adat, pakaian adat, tarian daerah dan senjata tradisional yang diaplikasikan dalam bentuk gambar dan suara. Selain itu tersedia juga game yang terdiri dari 3 level, level pertama game dengan memilih jawaban benar atau tidak, level kedua game menjawab 10 pertanyaan pilihan ganda, dan level ketiga adalah gamekosakata dalam bentuk tebak kata tentang kesenian dan kebudayaan Indonesia. Kata kunci: aplikasi multimedia, kesenian dan kebudayaan, pendidikan
Abstract: The program is based multimedia learning applications. The application program is made for the children feel happy and not easily saturated in the process of learning, especially learning about prayer guidance. Since the appearance of an application program is made as attractive as possible by using language that is easy to understand and be added with the sound, animation and text so that children feel are playing while learning. In addition, indirectly by the application program is to introduce computer technology to children. Implementation of this application program using Macromedia Flash 8. The authors conducted interviews to teachers and primary school students. From the interviews it can be concluded that the program material is already built applications that are complete enough, the application program is easy to use by children, it looks interesting, the learning process becomes more fun, voice intonation produced easily understood by children. This application program can also improve the learning process and motivate children to learn to pray, also increase the tendency of children to start learning, the level of understanding of the children to learn to increase after the program application and development of software users increased after an increase in the child to learn.
Keywords: art and culture, education, multimedia applications

Author Biography

Fandhilah Fandhilah, Manajemen Informatika; AMIK BSI Tegal
Manajemen  Informatika; AMIK  BSI  Tegal 

References

Anoname. 2010. Mengenal Rumah Adat, Pakaian Adat, Tarian Adat dan Senjata Tradisional 33 Provinsi di Indonesia. Jakarta: Penebar Cif.

Ayuliana. 2009.Testing dan Implementasi. [http://www.linkpdf.com.ebook] ( Akses 21 Mei 2011)

Lukmanul H, Mutmainah S. 2003. Teknik Jitu Menguasai Flash MX. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Budi K. 2004. Seri Tuntunan Praktis Macromedia Flash MX. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Asti N, Eddy P. 2010. Analisis pengujian perangkat lunak augmented reality. [http://digilib.its.ac.id/public/ITS-Undergraduate] (Akses 17 Juni 2011)

Pramudi dkk. 2010. Desain Virtual Gamelan Jawa Sebagai media Pembelajaran. Juni 2010. Diambil dari : http://journal.uii.ac.id (17 Juni 2011)

Fatimah S. 2006. Prinsip-prinsip Kognitif Pembelajaran Multimedia: Peran Modality dan Contiguity Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. Vol. 8 number 3, Desember 2006. Diambil dari: http://journal.unair.ac.id (17 Juni 2011)

Sodikin dkk. 2009. Jurnal Penyesuaian Dengan Modus Pembelajaran Untuk Siswa SMK Kelas X. Vol 5 number 2, Oktober 2009. Diambil dari: http://www.research.pps.dinus.ac.id (29 Mei 2011)

Sutabri T. 2003. Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta : Andi Offset

Yudhiantoro D. 2006. Membuat Animasi Web dengan Macromedia Flash Profesional 8. Yogyakarta: Andi Offset.
Published
2016-06-01
How to Cite
FANDHILAH, Fandhilah. Metode Pembelajaran Interaktif Kesenian dan Kebudayaan Indonesia Pada Siswa Sekolah Dasar. BINA INSANI ICT JOURNAL, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 172 - 186, june 2016. ISSN 2527-9777. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/BIICT/article/view/814>. Date accessed: 08 sep. 2024.