Aplikasi Pembelajaran Mengetik Cepat Berbasis Game Edukasi Dengan Linear Congruent Method (LCM)

Abstract

Abstrak: Salah satu bentuk hiburan yang tidak asing lagi dan memang banyak diminati dalam kehidupan kita adalah game. Game merupakan aplikasi yang tidak asing lagi bagi masyarakat dari segala lapisan. Namun perkembangan game itu sendiri saat ini masih di dominasi oleh produksi-produksi dari luar seperti Amerika dan Jepang. Upaya untuk meningkatkan efisiensi penyediaan aplikasi yang mengadung unsur pendidikan diperlukan berbagai alternative dan inovasi baru dalam hal pemrograman untuk bisa diterapkan sebagai alat untuk mempermudah proses pembelajaran. Dengan adanya game edukasi typer ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengetik. Penulis memilih anak usia 6-12 tahun sebagai sampel pengguna game, karena minat terhadap proses belajar secara teoritis, mengingat anak-anak lebih suka bermain game. Penulis akan membuat game edukasi berbasis typer agar anak-anak bisa belajar sambil bermain.Kata kunci: game edukasi, media pembelajaran, metode LCMAbstract: One form of entertainment that is familiar and is much in demand in our life is a game . Game is an application that is not familiar to the people of all walks of life . But the development of the game itself is still dominated by productions from outside like the US and Japan . Efforts to improve the efficiency of the provision of applications , which contained elements of education required a variety of alternative and new innovations in programming to be applied as a tool to facilitate the learning process . With the educational game typer is expected to improve a child's ability to type . The author chose children aged 6-12 years as users sample games, because interest in the learning process theoretically , considering the kids love to play games . The author will make educational game based typer so that children can learn while playing.Keywords: educational games , media, LCM methode

Author Biography

Didik Setiyadi, Sistem Informasi;STMIK Inovasi Sains Teknologi Bisnis
Sistem Informasi;STMIK Inovasi Sains Teknologi Bisnis

References

Adnan MF. 2009. Pengembangan Rancang Bangun Simulator Permainan Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Untuk Permasalahan Penataan Kontainer.

Andriasyah. 2014. Perancangan Aplikasi Game Edukasi Menggunakan Metode Linear Congruent Method (LCM) Jurnal on Pelita Informatika Budi Darma – VI, No 1, Maret 2014, ISSN 2301 – 9425.

Arsyad A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Budiman A, Triono, Ariani D. 2014. Aplikasi Interaktif Pengenalan Pahlawan Revolusi Indonesia Berbasis Multimedia (Studi Kasus di MI AL-GINA). Jurnal SISFOTEK Global, STMIK Bina Sarana Global, 36-40. [terhubung berkala]. http://journal.stmikglobal.ac.id/index.php/sisfotek8/article/download/19/19. [15 Juni 2015].

Martin F. UML Distilled Panduan singkat bahasa permodelan Objek Standart, Edisi 3.

Nelly I. 2012. Membangun Game Edukasi Sejarah Walisongo, Jurnal KOMPUTA, Vol.1 No.2, Oktober 2012, ISSN: 2089-9033.

Putra SD. 2013. Desain Dan Implementasi Evaluasi Pembelajaran Berbasis Multimedia Menggunakan Flash, PHP Dan MySQL. Jurnal Manajemen Informatika, STMIK Jayakarta, 1-6. [terhubung berkala]. http://www.jayakarta.ac.id/jurnal/jurnal-rizal.pdf. [16 Juni 2015].

Putranto A, Pengembangan Game Edukasi Klasifikasi Hewan Menggunakan Adobe Flash Professional CS5 Sebagai Media Pembelajaran Biologi Kelas VII Di SMP N 15 Yogyakarta, Pendidikan Teknik Informatika.

Saputra AH, Irmawati B, Wijayanto H. Pembuatan Aplikasi Game untuk Latihan Spelling Dengan Menggunakan Java 2 Micro Edition (J2ME). Fakultas Teknik Universitas Mataram. Mataram

Sekarsari D. 2014. Implementasi Metode LCM (Linear Congruent Method) pada Permainan Ludo Jurnal on Pelita Informatika Budi Darma – VI, No 1, Maret 2014, ISSN 2301 – 9425.

Silalahi U. 2009. Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.

Sularto, Tjendro TI, Nugroho GK. 2011. Pembuatan Aplikasi Game Sebagai Media Pendidikan Bagi Perkembangan Pola Pikir Anak, Jurnal on Computer Science - Speed 10 Vol 8 No 1, Februari 2011, ISSN 1979 – 9330.

Sulistyorini P. 2009. Pemodelan Visual dengan Menggunakan UML dan Rational Rose. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, STMIK Widya Pratama Pekalongan, 23-29. [terhubung berkala]. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=7433&val=544. [09 Juni 2015].

Taru A. Pemrograman game berbasis web menggunakan javascript + html5.

Wolf MJP, Baer RH. 2006, The Medium of The Video Game. 1st ed. University of Texas Press.
Published
2016-06-01
How to Cite
SETIYADI, Didik. Aplikasi Pembelajaran Mengetik Cepat Berbasis Game Edukasi Dengan Linear Congruent Method (LCM). BINA INSANI ICT JOURNAL, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 205 - 212, june 2016. ISSN 2527-9777. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/BIICT/article/view/817>. Date accessed: 08 sep. 2024.