Sistem Informasi Penggajian KaryawanBerbasis Desktop

Abstract

Abstrak: Perubahan dari masa ke masa membuat perkembangan dalam bidang teknologi makinberagam. Mulai dari sektor transportasi, kebutuhan sehari-hari sampai dengan sistem yang ada padaperusahaan. Salah satunya yaitu sistem penggajian karyawan, dalam penggajian dibutuhkanbeberapa perhitungan yang mengacu kepada SOP dari perusahaan. Sehingga sistem yang dibangundapat disesuaikan dengan kebutuhan dan SOP dari perusahaan itu sendiri. Dengan adanya aplikasisistem penggajian karyawan ini dapat mempermudah proses pengolahan data secara cepat, akuratdan efisien sehingga dapat menghindari keterlambatan dan ketidakharmonisan data. Project BaseLearning yaitu sangat bermanfaat dalam mengembangkan pengetahuan dan kreatifitas mahasiswadalam mengimplementasikan materi yang diajarkan. Dan dengan mengembangkan sistem informasiinformasi penggajian yang berbasis destop dapat mempermudah untuk proses pengolahan datayang efisien dan akurat demi mencegah adanya keterlambatan dan ketidakcocokan data.
Kata kunci: Crystal Report, Karyawan, Penggajian, Sistem Informasi, Visual Basic,
Abstract: The change from time to time make the development in the field of technology themore diverse. The transport sector, ranging from daily necessities to with existing systems at thecompany. One employee payroll system, i.e. in the payroll calculations needed some referto SOP of the company. So that the system can be built with the requirements andthe company's SOP itself. With the application of this employee payroll system can ease theprocess of data processing in timely, accurate and efficient so as to avoid delay and discord.Project Base Learning that is very helpful in developing the knowledge and creativity of studentsin implementing the material being taught. And by developing information systemsbased desktop payroll information can make for efficient data processing and accurate in order toprevent the existence of delays and a mismatch of data.
Keyword: crystal report, employee, information system, payroll, visual basic

Author Biographies

Imron Wignyowiyoto, Manajemen Informatika, STMIK Bina Insani
Manajemen Informatika, STMIK Bina Insani
Syahbaniar Rofiah, Manajemen Informatika, STMIK Bina Insani
Manajemen Informatika, STMIK Bina Insani

References

Handayanto RT, Herlawati. 2016. Pemrograman Basis Data di Matlab dengan MySQL dan Microsoft Access. Bandung: Informatika.
Kemdikbud. 2013. Model Pembelajaran Berbasis Proyek/Project Base Learning. Jakarta: Kemendiknas.
Marakas GM, O'Brien JA. 2017. Pengantar Sistem Informasi. Jakarta: Salemba Empat.
Nugroho B. 2009. Database Relasional dengan Mysql, Visual Basic, Crystal Report. Yogyakarta: Andi Offset.
Sani ACP, Karmawan IGM. 2011. Perancangan Sistem Informasi Penggajian. Jakarta: PT. Graha Indotek Security.
Published
2017-12-01
How to Cite
WIGNYOWIYOTO, Imron; ROFIAH, Syahbaniar. Sistem Informasi Penggajian KaryawanBerbasis Desktop. BINA INSANI ICT JOURNAL, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 179-188, dec. 2017. ISSN 2527-9777. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/BIICT/article/view/842>. Date accessed: 08 sep. 2024.