Website Pengolahan Absensi dan Gaji Pegawai Menggunakan Metode Waterfall

  • Elly Indrayuni

Abstract

Abstrak: Semakin berkembang sebuah perusahaan dibutuhkan lebih banyak tenaga kerja untuk menunjang kegiatannya, namun manajemen sering menemui kesulitan dalam pencarian tenaga kerja yang berkualitas karena harus mempertimbangkan kesejahteraan dan upah yang kompetitif dengan perusahaan lain. Prosedur pengupahan dan penggajian yang baik seharusnya dapat berjalan secara efektif. Untuk itu diperlukan suatu sistem yang dapat mendukung kebutuhan manajemen dalam mengelola perusahaan yaitu sistem informasi. Penelitian ini mencoba untuk membangun sebuah sistem informasi berbasis website untuk mengelola data absensi dan gaji pegawai yang meliputi data absensi, penggajian pegawai hingga laporan. Metode yang digunakan dalam pembangunan website ini adalah model waterfall dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL. Pengujian website dilakukan dengan cara pengujian blackbox. Dengan adanya website pengolahan absensi dan penggajian pegawai ini dapat mempermudah manajemen dalam mengelola data penggajian dan penyajian laporan menjadi lebih efektif dan efisien.
 
Kata kunci: MySQL, PHP, Sistem Informasi, Waterfall
 
Abstract: Growing a company it takes more a lot of labor to support their activities, but management often difficulties in search of labor quality of having to consider welfare and wages competitive with other companies. A good salary and remuneration procedure should be able to be operating effectively. For that required a system that could support the needs of management companies are in managing information system. This study tries to build a website to manage based information system attendance data and the salaries of employees of which includes attendance data, employees salary until the report. The method used in the construction of the website is a model waterfall using programming language php and mysql. Testing website done by means of testing blackbox. With the website absentee processing and salary this employees to simplify management in managing data salary and the presentation of the report become more efficient.
 
Keywords: MySQL, PHP, Information System, Waterfall

References

Agustini F. 2017. Penerapan Metode Waterfall Pada Rancang Bangun E-Commerce (Studi Kasus : PD . Aneka Furniture). 1–7.

Aulianita R. 2017. Penerapan Metode Waterfall Pada Perancangan Sisitem Informasi Berbasis Website. 212–213.

Handayanto R, Herlawati. 2016. Pemrograman Basis Data di Matlab dengan MySQL dan Microsoft Access. Bandung: Informatika.

Hidayat R, Marlina S, Utami LD. 2017. Perancangan Sistem Informasi Penjualan Barang Handmade Berbasis Website Dengan Metode Waterfall. Simp. Nas. Ilmu Pengetah. dan Teknol.: 175–183.

Jayanti D, Iriani S. 2014. Sistem Informasi Penggajian Pada CV . Blumbang Sejati Pacitan. Speed 6: 36–43.

Madcoms. 2016. Sukses Membangun Toko Online Dengan PHP dan MYSQL. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Rizky S. 2011. Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

Rohman A, Herlawati. 2017. Sistem Informasi Praktek Kerja Industri Pada SMK Taruna Bangsa Bekasi. 4: 197–208.

Sutabri T. 2012. Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Wignyowiyoto I, Rofiah S. 2017. Sistem Informasi Penggajian Karyawan Berbasis Desktop. 4: 179–188.
Published
2018-06-18
How to Cite
INDRAYUNI, Elly. Website Pengolahan Absensi dan Gaji Pegawai Menggunakan Metode Waterfall. BINA INSANI ICT JOURNAL, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 21 - 30, june 2018. ISSN 2527-9777. Available at: <https://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/BIICT/article/view/878>. Date accessed: 28 mar. 2024.