Animasi Interaktif Pengenalan Perangkat Hardware Dan Software Untuk Kelas X Teknik Komputer Jaringan

  • Imam Eka Saputra Manajemen Informatika; STMIK Bina Insani
  • Rita Wahyuni Arifin Manajemen Informatika; STMIK Bina Insani

Abstract

Abstrak: Komputer memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan selain untuk kelancaran proses belajar mengajar, komputer dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran karena sudah didukung dengan perangkat multimedia sehinggga pembelajaran akan lebih interaktif dan mudah dipahami. Penggunaan teknologi komputer pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Yadika 13 Tambun Utara dalam media pembelajaran masih terbatas. Pada pelajaran mengenai pengenalan komputer khususnya kelas X Teknik Komputer dan Jaringan, proses penyampaian materi pelajaran hanya berupa teks dan gambar yang kurang menarik sehingga menimbulkan rasa jenuh, bosan dan pemahaman terhadap materi pelajaran kurang maksimal. Selain itu, belum adanya media pembelajaran berbasis multimedia mengenai materi pengenalan komputer. Untuk menunjang penelitian ini, metode pengembangan yang digunakan adalah metode pengembangan Luther yang terdiri dari 6 tahapan, yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Dalam penelitian ini penulis hanya sampai tahap testing. Diharapkan dengan adanya media pembelajaran berbasis multimedia ini dapat membantu guru dalam menyampaikan materi tentang pengenalan dasar komputer dan siswa tidak menjadi bosan.
Kata kunci: Animasi, Interaktif, Model Luther, Macromedia Flash
Abstract: Computers have an important role in the world of education in addition to smooth teaching and learning process, computers can be used as a medium of learning because it is supported with multimedia devices so learning will be more interactive and easy to understand. The use of computer technology at Yadika Middle School Vocational (SMK) 13 North Tambun in the medium of learning is still limited. In the lessons about the introduction of computers, especially the class X Computer and Network Engineering, the process of delivering lesson material only in the form of text and images that are less interesting, causing a sense of saturation, boredom and understanding of lesson material maximum. In addition, the absence of multimedia-based learning media on computer recognition materials. To support this research, development method used is Luther development method which consist of 6 stages, namely concept, design, collecting material, assembly, testing and distribution. In this study the authors only until the testing phase. It is expected that with the multimedia-based learning media can help teachers in delivering materials about basic introduction of computers and students do not become bored.
Keywords: Animation, Interactive, Luther Model, Macromedia Flash

Author Biographies

Imam Eka Saputra, Manajemen Informatika; STMIK Bina Insani
Manajemen Informatika; STMIK Bina Insani
Rita Wahyuni Arifin, Manajemen Informatika; STMIK Bina Insani
Manajemen Informatika; STMIK Bina Insani

References

Arifin RW. 2017. Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Mata Kuliah Logika Dan Algoritma 1. Bina Insa. ICT J. 4: 83–94. http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/BIICT/article/view/827/670.

Binanto I. 2010. Multimedia Digital Dasar Teori + Pengembangannya. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.

Munir. 2012. Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: ALFABETA.

Sutopo AH. 2003. Multimedia Interaktif dengan Flash. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wibawanto W. 2017. Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Penerbit Cerdas Ulet Kreatif.

Widodo PP, Herlawati. 2011. Menggunakan UML. Bandung: Informatika.
Published
2018-06-18
How to Cite
SAPUTRA, Imam Eka; ARIFIN, Rita Wahyuni. Animasi Interaktif Pengenalan Perangkat Hardware Dan Software Untuk Kelas X Teknik Komputer Jaringan. Bina Insani ICT Journal, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 81 - 90, june 2018. ISSN 2527-9777. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/BIICT/article/view/918>. Date accessed: 25 sep. 2018.