Animasi Interaktif Pembelajaran Suku Bangsa dan Budaya Indonesia Bagi Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 47 Bekasi

  • Novaldi Nur Pratama Sistem Informasi;STMIK Bina Insani
  • Herlawati Herlawati Sistem Informasi;STMIK Bina Insani

Abstract

Abstrak: Dalam pelaksanaan pembelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) di sekolah dasar banyak keluhan yang dirasakan oleh peserta didik / siswa, seperti pembelajaran yang monoton. IPS dipandang sebagai ilmu hafalan, dan beban tugas yang diberikan kepada peserta didik/siswa terlalu berat. Dari masalah tersebut diperlukan sebuah media pembelajaran yang dapat membangkitkan minat belajar siswa dan membantu siswa untuk mempelajari sebuah materi pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan atau educational research and development (R and D). Melalui penerapan pembelajaran berbasis multimedia interaktif, akan dapat membantu menumbuhkan minat belajar siswa dan dapat membantu mempermudah siswa dalam memahami materi, yang pada akhirnya akan mempengaruhi hasil belajar siswa.
.
Kata kunci: Ilmu Pengetahuan Sosial, Interakti, Media Pembelajaran, Multimedia, Suku Bangsa dan Budaya.
 
Abstract: In the implementation of Social Sciences learning in elementary school many complaints felt by learners / students, like monotonous learning. Social sciences is seen as the science of memorization, and the burden of task given to the students / students is too heavy. From these problems required a learning media that can generate interest in student learning and help students to learn an IPS (Social Science) subject matter social sciences. The research method used is the method of development or educational research and development (R and D). Through the application of interactive multimedia-based learning, will be able to help foster interest in student learning and can help simplify students in understanding the material of social sciences, which will ultimately affect the results of Student learning.
 
Key words: Interactive, Intructional Media, Multimedia, Social Science, Tribal and Cultural.
Published
2019-02-15
How to Cite
PRATAMA, Novaldi Nur; HERLAWATI, Herlawati. Animasi Interaktif Pembelajaran Suku Bangsa dan Budaya Indonesia Bagi Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 47 Bekasi. Jurnal Mahasiswa Bina Insani, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 153-166, feb. 2019. ISSN 2528-6919. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JMBI/article/view/1076>. Date accessed: 18 aug. 2019.