Prosedur Penyimpanan Arsip Dinamis Aktif Pada Divisi Bisnis Produk dan Jasa PT Mitra Dagang Madani

Abstract

Abstrak: Pada saat ini arsip merupakan dokumenter penting perusahaan mengenai bukti transaksi dan perencanaan kedepan suatu perusahaan. Pengelolaan penyimpanan arsip dinamis yang benar berperan penting dalam administrasi perusahaan, tetapi ironisnya masih banyak perusahaan yang belum melakukan pengelolaan penyimpanan arsip sesuai dengan standar prosedur. Terbukti masih banyak dijumpai berkas arsip yang hanya dikelola tidak sesuai dengan tahapan serta minimnya peralatan penunjang dalam menyimpan berkas arsip. Berkas asip yang disimpan tidak sesuai pada tempatnya akan memakan banyak ruang serta kinerja pegawai tidak maksimal, hal ini akan menyebabkan kinerja perusahaan menjadi tidak efektif serta efisien. Penelitian ini membahas tentang pelaksanaan tata cara penyimpanan arsip. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana prosedur penyimpanan arsip dinamis aktif pada divisi bisnis produk dan jasa di PT Mitra Dagang Madani. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur penyimpanan arsip dinamis aktif pada divisi bisnis produk dan jasa di PT Mitra Dagang Madani. Berdasarkan hasil observasi penyimpanan arsip yang dilakukan oleh bagian marketing pada divisi bisnis produk dan jasa PT MDM, terdapat beberapa tahapan yang tidak dilakukan dan tidak sesuai dengan prosedur dalam penyimpanan berkas arsip dinamis aktif.
 
Kata Kunci: Arsip dinamis aktif, penyimpanan arsip, prosedur penyimpanan arsip.
 
Abstract: At present the archive is an important documentary of the company regarding the evidence of transactions and future planning of a company. Properly managing dynamic archive storage plays an important role in company administration, but ironically there are still many companies that have not managed archival storage according to standard procedures. Evidently there are still many archive files that are only managed not according to the stages and the lack of supporting equipment in storing archive files. An asip file that is stored improperly will take up a lot of space and the performance of employees is not optimal, this will cause the company's performance to be ineffective and inefficient. This study discusses the implementation of procedures for storing archives. The problem in this research is how the dynamic archive storage procedure is active in the product and service business division at PT Mitra Dagang Madani. The purpose of this study was to determine the active dynamic archive storage procedures in the product and service business division at PT Mitra Dagang Madani. Based on the results of the observation of archival storage carried out by the marketing department in the business division of PT MDM's products and services, there are several steps that are not carried out and are not in accordance with the procedures for storing active dynamic archive files.
 
Keywords: Active dynamic archive, archive storage, archive storage procedure.

References

Gaol. CHR. Jimmy L. 2015. Keandalan dan Sukses Sekretaris Perusahaan dan Organisasi. Jakarta (ID): PT Gramedia.
Muhidin, Sambas Ali., & Winata, Hendri. 2016. Manajemen Kearsipan. Bandung (ID): CV Pustaka Setia.
Priansa, DJ. dkk. 2014. Kesekretarisan. Bandung (ID): Alfabeta Bandung.
Rahmawati, Nita., & Ismiyati. 2016. Pengelolaan Arsip Inaktif Dalam Upaya Mendukung Layanan Informasi di Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Purworejo. Jilid (1) hlm 344. Semarang (ID): Universitas Negeri Semarang.
Rosalin, S. 2017. Manajemen Arsip Dinamis. Malang (ID): UB Press.
Silvia, A. 2019. Manajemen Kearsipan. Jakarta (ID): PT Remaja Rosdakarya.
Suwatno. 2018. Pengantar Public Relations Kontemporer. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wijaya, dkk. 2018. Pengelolaan Kearsipan. Vol (1) hlm 236. Malang (ID):
Universitas Negeri Malang.
Yusuf M. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
Published
2019-08-26
How to Cite
LESTARI, Nadia; SELFIANA, Selfiana. Prosedur Penyimpanan Arsip Dinamis Aktif Pada Divisi Bisnis Produk dan Jasa PT Mitra Dagang Madani. JURNAL MAHASISWA BINA INSANI, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 81-94, aug. 2019. ISSN 2528-6919. Available at: <https://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JMBI/article/view/1158>. Date accessed: 28 mar. 2024.