Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Topologi Jaringan Komputer Pada Kelas X SMK Taman Harapan 1 Bekasi

  • Muhamad Rusdi Junaedi Teknik Informatika; STMIK Bina Insani
  • Rita Wahyuni Arifin Manajemen Informatika; STMIK Bina Insani

Abstract

Abstrak: Proses belajar mengajar khususnya pada peserta didik yang dilakukan secara konvensional tidak cukup untuk mewujudkan tujuan, yakni menguasai materi yang diberikan, karena waktu yang terbatas, dan tidak semua peserta didik memiliki keberanian atau mempunyai kesempatan untuk mengajukan pertanyaan serta menyampaikan pendapatnya dalam kurun waktu proses pembelajaran dilaksanakan. Sehingga bermunculan lembaga pendidikan baik formal maupun informal yang dapat diikuti oleh para peserta didik SMK Taman Harapan 1 Bekasi untuk menguasai materi yang dipelajari khususnya salah satu mata pelajaran yang sangat sulit adalah mata pelajaran jaringan komputer pada siswa/siswi. Pembelajaran berbasis komputer atau Computer Based Instruction (CBI) dapat dimanfaatkan dalam hal peningkatan mutu pembelajaran. CBI model instructional game bertujuan untuk menyediakan pengalaman belajar melalui bentuk permainan yang mendidik dan tantangan yang menyenangkan bagi siswa. Hasil dari penelitian ini adalah Aplikasi Pembelajaran Interaktif pengenalan Jaringan Komputer Berbasis Computer Based Instruction (CBI), sedangkan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi pustaka. Metode pengembangan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dan pengujian aplikasi ini menggunakan metode Black Box. Secara fungsional tiap modul atau fitur aplikasi ini telah berfungsi dengan baik. Dengan fitur interface yang dirancang untuk multimedia yang mampu memudahkan guru dan siswa dalam proses belajar-mengajar.
 
Kata Kunci: Computer Based Instruction, Pembelajaran, Perangkat jaringan Komputer.
 
Abstract: Teaching and learning processes, especially for students conducted conventionally are not enough to realize the goal, namely mastering the material provided, due to limited time, and not all students have the courage or have the opportunity to ask questions and express their opinions within the period of the learning process carried out. So that emerging educational institutions both formal and informal that can be followed by students to master the material being studied Specifically One of the subjects that is very difficult by students is the subject of computer networking in SMK Taman Harapan 1 Bekasi students. Associated with improving the quality of learning in general, computers can be utilized in the form of computer-based learning or Computer Based Instruction (CBI). CBI instructional games model aims to provide learning experiences through educational forms that are fun and challenging for students.The results of this research are Computer Based Instruction (CBI) Learning History of Indonesian Independence Proclamation Learning Application, while the data collection method uses observation, interviews, and literature study. The Development Method uses the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) method and the application testing uses Black Box method. Functionally, each module or feature of this application is functioning properly. With an interface feature designed for multimedia that is able to facilitate teachers and students in the teaching-learning process.
Keywords: Computer Based Instruction, Learning, Computer network devices.

References

Anggraeni, Irviani. (2017), Pengantar Sistem Informasi, CV Andi OFFSET. Yogyakarta.
Irfan, M., & P. L, R. M. (2014). Implementasi Computer Based Instruction Model Instructional Games Pada Pembelajaran Interaktif. Edisi Agustus, 8(2), 162.
Kurniawan. (2015). Membuat Metode Pembelajaran Dengan Adobe Flash CS6. Yogyakarta: Andi Offset.
Rusli, dkk. (2017). Multimedia Pembelajaran Yang Inovatif. Yogyakarta: Andi Offset.

Rusman, D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Published
2019-08-26
How to Cite
JUNAEDI, Muhamad Rusdi; ARIFIN, Rita Wahyuni. Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Topologi Jaringan Komputer Pada Kelas X SMK Taman Harapan 1 Bekasi. JURNAL MAHASISWA BINA INSANI, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 95-104, aug. 2019. ISSN 2528-6919. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JMBI/article/view/1159>. Date accessed: 20 oct. 2020.