Strategi Penetapan Harga Jual Pada PT Pressindo Engineering Indonesia

  • Syaripah Syaripah Manajemen Administrasi; Akademi Sekretari dan Manajemen Bina Insani
  • Apriani Simatupang Manajemen Administrasi; Akademi Sekretari dan Manajemen Bina Insani

Abstract

Abstrak: Penentuan harga jual suatu produk atau jasa merupakan salah satu keputusan penting manajemen karena harga yang ditetapkan harus dapat menutup semua biaya dan dalam rangka mendapatkan laba yang diharapkan oleh perusahaan. Faktor biaya merupakan faktor utama dalam menentukan harga jual, karena biaya menggambarkan batas minimum yang harus dipenuhi perusahaan agar tidak mengalami kerugian. Ada 3 metode dalam penentuan harga jual di antaranya Cost Plus Pricing, Mark Up Pricing, dan ditentukan oleh produsen. dalam penelitian ini, Pressindo menggunakan metode Cost plus pricing.Cost plus pricing adalah penentuan harga jual dengan menambahkan laba yang diharapkan di atas biaya penuh masa yang akan datang untuk memproduksi dan memasarkan produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode yang di gunakan oleh PT Pressindo Engineering Indonesia dalam menetukan harga jual produknya. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif.
 
Kata kunci: Cost Plus Pricing, Harga Jual, penetapan harga
 
Abstract: Determining the selling price of a product or service is one of the important management decisions because the price set must be able to cover all costs and in order to get the expected profit by the company. The cost factor is the main factor in determining the selling price, because the cost represents the minimum limit that must be met by the company so as not to suffer losses. There are 3 methods in determining the selling price including Cost Plus Pricing, Mark Up Pricing, and determined by the manufacturer. in this research, Pressindo uses the Cost plus pricing method. Cost plus pricing is the determination of the selling price by adding the expected profit above the full future costs of producing and marketing the product. The purpose of this study was to determine the method used by PT Pressindo Engineering Indonesia in determining the selling price of its products. The analytical method used in this study is a qualitative method.
 
Keywords: Cost Plus pricing, Selling price,Pricing

References

Moray, Saerang, Runtu. 2014. Penetapan Harga Jual dengan Cost Plus Pricing Menggunakan Full Costing pada UD Gladys Bakery. Vol (2). Hlm. 1272-1283. Manado (ID): Universitas Sam Ratulangi. Manado.

Natalia, Sabijono, Runtu. 2014. Penentuan Harga Jual Produk dengan Menggunakan Metode Cost Plus Pricing pada UD Sinar Sakti. Vol (2). Hlm. 208-217. Manado (ID): Universitas Sam Ratulangi. Manado.

Kamaruddin A. 2013. Akuntansi Manajemen: Dasar-dasar konsep biaya dan pengambilan keputusan. Edisi Revisi 8. Jakarta (ID): Rajawali Pers Bisnis.

Kotler. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta (ID): Erlangga.

Krismiaji A. 2011. Akuntansi Manajemen. Edisi 2. Yogyakarta (ID): UPP STIM YKPN.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung (ID): Alfabeta.

Swastha B. 2010. Manajemen Penjualan Edisi 3. Yogyakarta (ID): BPFE.
Published
2019-08-26
How to Cite
SYARIPAH, Syaripah; SIMATUPANG, Apriani. Strategi Penetapan Harga Jual Pada PT Pressindo Engineering Indonesia. JURNAL MAHASISWA BINA INSANI, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 105-114, aug. 2019. ISSN 2528-6919. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JMBI/article/view/1160>. Date accessed: 20 feb. 2020.