Sistem Informasi Pengelolaan Surat Pemesanan Barang dan Jasa Berbasis Web Pada PT Testindo Jakarta Timur

Abstract

Abstrak: Persaingan dalam menjual produk dan jasa test & measurement di Indonesia semakin ketat. PT Testindo merupakan adalah perusahaan yang berdiri sejak tahun 2012 di Jakarta. Mekanisme sistem permintaan nomor surat pertanyaan hingga penawaran pada PT Testindo sekarang masih menggunakan sistem konvensional, dimana control manager atau sales harus membuat nomor inquiry sampai quotation dengan cara manual ke dalam Microsoft Excel dimana rentan terjadinya pengulangan data penomoran surat dan belum adanya indikator penunjang kinerja sales dan control manager sehingga sulit menilai kinjera sales dan control manager serta pembuatan laporan yang manual sehingga memungkinkan adanya kesalahan dan ketidak akuratan data pada laporan. Untuk mempermudah control manager dan sales dalam membuat nomor pertanyaan, pemantauan perkembangan dan membuat laporan sangat diperlukan sebuah sistem pengelolaan penomoran surat yang terkomputerisasi berbasis online. Tujuan penelitian dilakukan untuk membuat PT Testindo menjadi lebih efisien dan efektif dalam membuat nomor surat yang mudah dengan menggunakan web, agar dapat memantau dan juga membuat laporan. Metode yang digunakan adalah  yang mengarah kepada proses penelitian dengan perangkat lunak yang digunakan dalam membuat sistem ini  menggunakan web dengan metode Waterfall dan UML dimana pada tahap analisa menggunakan PHP sebagai bahasa pemrograman, PHPmyadmin sebagai database, CodeIgniter sebagai framework PHP dan Sublime Text 3 sebagai code editor. Dengan adanya perancangan sistem pengelolaan surat pemesanan barang dan jasa yang berupa program berbasis website ini, dapat meminimalisir pengulangan data pada penomoran surat dan dengan diterapkannya sistem baru dapat mempercepat pengelolaan surat dan juga memantau kinerja sales dan control manager serta tercapainya keakuratan dalam membuat laporan data surat.
 
Kata kunci: inquiry, PHP, unified modeling language, waterfall, web
 
Abstract: Competition in selling test & measurement products and services in Indonesia is getting tougher. PT Testindo is a company that was founded in 2012 in Jakarta. The request mechanism for question letter numbers until the offer on PT Testindo now still uses a conventional system, where the control manager or sales makes inquiries number until the manual bidding into Microsoft Excel where vulnerability is repeated in the letter numbering data and there are no indicators to support sales performance and control manager so that it is difficult to assess the sales and control manager's performance as well as making manual reports that allow data errors and inaccuracies in the report. To facilitate the manager and sales control in making question numbers, monitoring developments and making reports it is very necessary to have an online computerized letter numbering management system based online. The purpose of the research is to make PT Testindo more efficient and effective in making easy letter numbers using the web, in order to monitor and also make reports. The method used is using the web with Waterfall and UML methods where at the analysis stage researchers use PHP as a programming language, PHPmyadmin as a database, CodeIgniter as a PHP framework and Sublime Text 3 as code editor. It can minimize repetition of data on letter numbering and with the implementation of a new system to speed up mail management and also monitor the performance of sales and control managers and achieve accuracy in reporting letter data.
 
Keywords: inquiry, PHP, unified modeling language, waterfall, web

References

[1] S. Larasati, Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublish, 2018.
[2] H. Fattah, Kepuasan Kerja dan Kinerja Pegawai Elmatera. Yogyakarta: PT. Elmatera, 2017.
[3] M. Budirahardjo, Panduan Praktis Penilaian Kinerja Karyawan. Jakarta: Raih Asa Sukses, Bandung: Informatika. 2015.
[4] R. A. Sukamto and M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. 2014.
[5] Rizky Maulana Syaban and H. Bunyamin, “Pengembangan Sistem Informasi Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar Berbasis Web di Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Garut Menggunakan Framework PHP,” J. Algoritm., vol. 12, no. 2, pp. 301–311, 2016, doi: 10.33364/algoritma/v.12-2.301.
[6] D. Polanda, R. Watrianthos, and I. Purnama, “Perancangan Kuis Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Di SMK Swasta Al-Azis,” Inform. AMIK Labuhan Batu, vol. 5, no. 2, pp. 1–6, 2017.
[7] F. Masykur, I. Makruf, and P. Atmaja, “Sistem Administrasi Pengelolaan Arsip Surat Masuk dan Surat Keluar Berbasis Web,” Indones. J. Netw. Secur., vol. 4, no. 3, pp. 1–7, 2015.
[8] S. Aji, Migunani, and F. N. Hakim, “Rancang Bangun Sistem Informasi Disposisi Surat Berbasis Web (Studi Kasus Kementerian Pekerjaan Umum),” Indones. J. Netw. Secur., vol. 3, no. 3, pp. 25–32, 2014.
[9] H. T. Sitohang, “Sistem Informasi Pengagendaan Surat Berbasis Web Pada Pengadilan Tinggi Medan,” J. Inform. Pelita Nusant. Vol. 3 No 1 Maret 2018 e-ISSN 2541-3724, vol. 3, no. 1, pp. 6–9, 2018.
[10] S. Lestanti and A. D. Susana, “Sistem Pengarsipan Dokumen Guru Dan Pegawai Menggunakan Metode Mixture Modelling Berbasis Web,” Antivirus J. Ilm. Tek. Inform., vol. 10, no. 2, pp. 69–77, 2016, doi: 10.35457/antivirus.v10i2.164.
Published
2020-02-03
How to Cite
PALANDENG, Rio Yusuf; ROFIAH, Syahbaniar. Sistem Informasi Pengelolaan Surat Pemesanan Barang dan Jasa Berbasis Web Pada PT Testindo Jakarta Timur. JURNAL MAHASISWA BINA INSANI, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 125 - 134, feb. 2020. ISSN 2528-6919. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JMBI/article/view/1262>. Date accessed: 05 july 2020.