Tugas Kehumasan Kepala Seksi Kesejahteraan di Kantor Desa Ragemanunggal Kecamatan Setu Kabupaten Bekasi

Abstract

Abstrak: Humas adalah bagian dari organisasi yang bertugas untuk menciptakan pengertian publik yang lebih baik, yang dapat memperdalam kepercayaan publik terhadap suatu individu atau organisasi/perusahaan. Organisasi swasta maupun lembaga pemerintahan tidak bisa melepaskan diri dari bagian tersebut. Kantor Desa Ragemanunggal Kecamatan Setu Kabupaten Bekasi tidak memiliki bagian khusus yang menangani humas, namun semua kepala seksi bertanggung jawab untuk menciptakan pengertian publik yang lebih baik dari masyarakat desa selaku salah satu publiknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tugas-tugas kehumasan apa yang dilakukan Kasi Kesejahteraan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang kemudian akan dipaparkan secara deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian mendapatkan bahwa baik fungsi maupun tugas kehumasan yang dijelaskan dalam teori dijalankan oleh Kasi Kesejahteraan.
 
Kata Kunci: fungsi, humas pemerintah, tugas
 
Abstract: Public Relations is a part of an organization whose task is to create better public understaning of the organization in order to gain trust. Both private and public organization are under obligation to carry out this duty. The Village Office of Ragemanunggal in Subdistrict Setu, Regency of Bekasi does not have a designated unit of public relations. Consequently, each section unit is responsible to gain better trust from the community as its main public. The aim of this study is to know what public relations duties are carried out by the Welfare Section Head. This is a qualitative research which is explained descriptively with observation and interview as  the main tools of data collection. The study concluded  that functions and duties of the government public relation mentioned in the theory are being carried out by the Welfare Section Head of Ragemanunggal Village Office in the Subdistrict of Setu, Regency of Bekasi.
 
Keywords: duty, function, government public relations

References

Referensi
[1] R . Adhitya, “Analisis Tugas Pokok dan Fungsi Hubungan Masyarakat Universitas Mulawarman,” eJournal Ilmu Komunikasi., vol. 6, no. 1, 2018.
[2] D . Soyusiawaty and C . Fajri, “Strategi Humas Dalam Menjalin Good Relationship Dengan External Stakeholders UAD”. Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi., vol. 8, no. 2, 2016.
[3] S . Wasesa and J.Macnamara, Strategi Public Relations. Jakarta (ID): PT Gramedia Pustaka Utama, 2015.
[4] R . Ruslan, Manajemen Public Relations & Media Komunikasi Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta (ID): Rajawali Pers, 2014.
[5] Suprawoto, Government Public Relations Perkembangan & Praktik di Indonesia. Jakarta (ID): Prenadamedia Group, 2018.
[6] E . Ardianto, Handbook of Public Relations. Bandung (ID): Simbiosa Rekatama Media, 2016.
[7] Y. Abidin, Komunikasi Pemerintahan Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Bandung (ID): CV Pustaka Setia, 2016.
[8] Sedarmayanti, Komunikasi Pemerintahan. Bandung (ID): PT Refika Aditama,2018.
[9] Morissan, Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta (ID):Kencana, 2014.
[10] M . Yusuf, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta (ID): Kencana, 2017.
Published
2020-02-03
How to Cite
ROSITA, Rika; SUDOMO, Asmara. Tugas Kehumasan Kepala Seksi Kesejahteraan di Kantor Desa Ragemanunggal Kecamatan Setu Kabupaten Bekasi. JURNAL MAHASISWA BINA INSANI, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 135 - 144, feb. 2020. ISSN 2528-6919. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JMBI/article/view/1264>. Date accessed: 05 july 2020.