Game Edukasi Interaktif Pengenalan Jenis Buah Berbasis Adobe Flash di Tk As - Syifa Bekasi

Abstract

Abstrak: Media pembelajaran memiliki peranan yang sangat penting dalam proses pengajaran, dimana setiap siswa atau siswi dituntut untuk dapat mengikuti pelajaran yang diberikan oleh guru dengan baik. Dalam hal ini TK As-syifa  Bekasi masih kekurangan alat peraga dalam proses pembelajaranya, dan disini  proses belajar mengajarnya untuk memenggunakan modul yang didapat dari buku paket.Guru menggunakan metode ceramah dalam menjelaskan materi pembelajaran pengenalan jenis buah ,metode ceramah masih memiliki kelemahan sehingga diperlukan pengembangan media pembelajaran. Penelitian ini mengunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dengan enam tahapan yaitu: konsep (Concept), perancangan (Design), pengumpulan bahan (Material Collecting), pembuatan (Assembly), pengujian(Testing), dan distribusi (Distribution). Tujuan penelitian yaitu membuat media pembelajaran interaktif mata pelajaran Mengenal Jenis-Jenis buah. Manfaat yang diharapkan adalah media pembelajaran ini dapat menjadi alat bantu dalam proses pembelajaran jenis buah  yang ada di TK As-syifa Bekasi. Aplikasi sudah diuji melalui blackbox testing, dengan hasil pengujian semua indikator dinyatakan baik.
Kata kunci: buah-buahan, edukasi, game, MDLC, media pembelajaran
Abstract: Learning media has a very important role in the evaluation process, where every student or student is required to be able to accept the lessons given by the teacher properly. In this case Kindergarten As-Syifa Bekasi still lacks teaching aids in the learning process, and here the teaching and learning process to use modules obtained from textbooks. instructional Media. This research uses the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) method with six stages: Concept (Concept), Design (Design), Material Preparation, Manufacturing (Assembly), Testing (Testing), and Distribution (Distribution). The purpose of this research is to create interactive learning media on subjects that recognize types of fruit. The expected benefits are learning media that can help the learning process of the Type of Fruits in As-syifa Bekasi Kindergarten. The application has been approved through blackbox testing, with the results of testing all indicators approved well.
Keywords: education, fruits, games, MDLC, learning media

References

[1] Departemen Pendidikan Nasional, “Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20,” 2003.
[2] L. Marlisa, “Tuntutan Calistung pada Anak Usia Dini. Jurnal,” J. Ilm. Tumbuh Kembang Anak Usia Dini., vol. 1, no. 3, pp. 25–38, 2016.
[3] M. Y. Anugrahini, “Pengembangan Game Bubble Match Sebagai Media Pembelajaran Pembagian Dalam Bentuk Pengurangan Berulang Untuk Siswa Kelas 2 Sd,” Profesi Pendidik. Dasar, vol. 1, no. 1, p. 70, 2018.
[4] S. Nurajizah, “Implementasi Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pengenalan Lagu Anak-Anak,” J. PROSISKO, vol. 3, no. 2, pp. 14–19, 2016.
[5] A. V. Vitianingsih, “Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini,” Inform, vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2016.
[6] D. Nurdiana, D. Rahadian, and A. Suryadi, “Game Edukasi Pengenalan Nama Buah dan Sayuran dalam Bahasa Inggris untuk Sekolah Dasar,” J. Teknol. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 2, no. 1, pp. 198–204, 2017.
[7] S. Komarayanti, “Ensiklopedia Buah-Buahan Lokal Berbasis Potensi Alam Jember Encyclopedia Of Local Fruits Based On Natural Potential Jember,” J. Biol. dan Pembelajaran Biol., vol. 2, no. 1, pp. 61–75, 2017.
[8] P. A. Indrawan, B. M. Mando, and S. Suriata, “Pengaruh Permainan Edukatif terhadap Interaksi Sosial Siswa Taman Kanak-kanak,” J. Kaji. Bimbing. dan Konseling, vol. 2, no. 4, pp. 132–141, 2017.
[9] I. Binanto, Multimedia Digital Dasar Teori+ Pengembangannya. Yogyakarta: CV.Andi Offset, 2010.
[10] N. Safitri and R. Pramudita, “Pengujian Black Box Menggunakan Metode Cause Effect Relationship Testing,” Inf. Syst. Educ. Prof., vol. 3, no. 1, pp. 101 – 110, 2018.
Published
2020-02-03
How to Cite
REZI, Fachrul; PRAMUDITA, Rully. Game Edukasi Interaktif Pengenalan Jenis Buah Berbasis Adobe Flash di Tk As - Syifa Bekasi. JURNAL MAHASISWA BINA INSANI, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 175 - 184, feb. 2020. ISSN 2528-6919. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JMBI/article/view/1274>. Date accessed: 02 june 2020.