Strategi Pemasaran Produk Wheater Strip Pada PT Toyota Auto Body Tokai Extrusion Bekasi

  • Rahma Nurfajriah Manajemen Administrasi; Universitas Bina Insani
  • Kristiana Widiawati Sekretari;Universitas Bina Insani

Abstract

Abstrak: Setiap perusahaan akan berpikir keras bagaimana mendapatkan dan mempertahankan customer untuk membeli dan tetap berlangganan terhadap produk yang mereka punya, menjalin hubungan baik untuk menjaga kerjasama dengan customer. Melakukan perbaikan untuk meningkatkan kualitas produk agar tetap menjadi pilihan customer untuk berlangganan. Strategi pemasaran mempunyai peran yang sangat penting bagi perusahaan, untuk melakukan pengenalan produknya. PT Toyota Auto Body Tokai Extrusion (TTEC) merupakan  anak  perusahaan  dari  Toyota  Auto  Body  dan  Tokai  kogyo  yang bergerak di bidang manufaktur otomotif part, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran produk Wheater Strip pada TTEC Bekasi. Metode yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan membandingkan antara teori dan referensi dengan hasil penelitian yang terjadi di perusahaan. Hasil penelitian menyatakan bahwa perusahaan memproduksi produk industri untuk diproses kembali. Tujuan strategi pemasaran yang telah diterapkan adalah mempertahankan customer tetap dan mencari cutomer baru untuk meningkatkan penjualan yang berdampak pada laba perusahaan. Peran strategi pemasaran yaitu sebagai jendela yang menghubungkan atau sebagai penghubung bagi perusahaan dengan customer untuk menjadi sumber informasi dan wadah bagi customer complain jika terjadi ketidakpuasan atau kesalahan yang dilakukan perusahaan. Strategi  pemasaran  yang diimplementasikan yaitu  srategi  selektif yang berfokus kepada kualitas produk untuk mendapatkan posisi yang bagus dalam persaingan pasar, mempertahankan customer yang sudah berlangganan dan menjaring customer baru. Fakto-faktor strategi pemasaran yaitu produk, distribusi, harga dan promosi penjualan. Dalam menentukan startegi pemasaran perusahaan menggunakan sasaran produk  dengan  mempertahankan  customer  tetap  agar  selalu  percaya  dan  merasa puas sehingga pembelian akan berulang serta memperbesar pasar dengan mencari customer baru.
 
 
Kata kunci: Marketing, Penjualan, Strategi Pemasaran
 
Abstract: Each company will think hard about how to get and keep customers to buy and keep subscribing to the products they have, build good relationships to maintain cooperation with customers. Make improvements to improve product quality so that it remains the customer's choice for subscribing. Marketing strategy has a very important role for the company to introduce its products. PT Toyota Auto Body Tokai Extrusion (TTEC) is a subsidiary of Toyota Auto Body and Tokai kogyo which is engaged in manufacturing automotive parts. This study aims to determine the marketing strategy for Wheater Strip products at TTEC Bekasi. The method used is qualitative research by comparing theory and references with the results of research that occurs in the company. The results of the study indicated that the company produced industrial products for reprocessing. The purpose of the marketing strategy that has been implemented is to retain regular customers and find new customers to increase sales that have an impact on company profits. The role of the marketing strategy is as a window that connects or as a liaison for the company and the customer to become a source of information and a place for customer complaints in case of dissatisfaction or mistakes by the company. The marketing strategy implemented is a selective strategy that focuses on product quality to get a good position in market competition, retain subscribed customers and attract new customers. Marketing strategy factors are product, distribution, price and sales promotion. In determining the marketing strategy of the company using product goals by maintaining regular customers to always believe and feel satisfied so that purchases will be repeated and enlarge the market by looking for new customers.
 
Keywords: Marketing, Selling, Marketing Strategy

References

[1] D. H. Wibowo, Z. Arifin, and . Sunarti, “Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo),” J. Adm. Bisnis, vol. 29, no. 1, pp. 59–66, 2015, [Online]. Available: http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1172.
[2] D. D. Agusrinal, “Perancangan Strategi Pemasaran Pada Produk Anyaman Pandan,” J. Sains, Teknoligi dan Ind., vol. Vol. 11, N, no. 2, p. 2, 2014.
[3] A. Kurniawan and R. Indriyani, “Strategi Pemasaran Pada CV. Mega Lestari Plasindo Sidoarjo,” Agora, vol. 4, no. 1, pp. 559–568, 2016.
[4] F. Kereh, A. L. Tumbel, S. S. R. Loindong, J. Manajemen, U. Sam, and R. Manado, “ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN MOTOR YAMAHA MIO PADA PT . HASJRAT ABADI OUTLET YAMAHA SAM RATULANGI ANALYSIS OF MARKETING STRATEGY TO INCREASING SALES OF MOTOR YAMAHA MIO,” vol. 6, no. 2, pp. 968–977, 2018.
[5] H. Malau, Manajemen Pemasaran. Bandung: Penerbit Alfabeta, 2017.
[6] D. Sunyoto, Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CAPS, 2015.
[7] S. Assauri, Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014.
[8] H. Suprapto, Metode Penelitian untuk Karya Ilmiah. Yogyakarta: Gosyen Publising, 2017.
[9] A. M. Yusuf, Metode Penelitian. Jakarta: Kencana, 2017.
[10] Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Penerbit Alfabeta, 2016.
Published
2020-08-18
How to Cite
NURFAJRIAH, Rahma; WIDIAWATI, Kristiana. Strategi Pemasaran Produk Wheater Strip Pada PT Toyota Auto Body Tokai Extrusion Bekasi. JURNAL MAHASISWA BINA INSANI, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 11 - 20, aug. 2020. ISSN 2528-6919. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JMBI/article/view/1369>. Date accessed: 08 sep. 2024.