Metode Fuzzy Sugeno untuk Pemilihan Data Pelanggan Indihome Unit DCS pada PT. Telkom Indonesia STO Kranji

  • Agung Margiyono Teknik Informatika;Universitas Bina Insani
  • Harjunadi Wicaksono Sistem Informasi; Universitas Bina Insani

Abstract

Abstrak: Pemilihan data pelanggan indihome unit DCS pada PT. Telkom Indonesia STO Kranji masih menggunakan manual dan belum sesuai dengan harapan dikarenakan masih adanya kesalahan dalam pemilihan pelanggan yang prioritas untuk recovery jaringan. Data pelanggan indihome ini juga digunakan sebagai tolok ukur wilayah potensial penjualan. Dikarenakan pemilihan data pelanggan yang tidak sesuai dengan kategori maka pelaksanaan recovery jaringan pada operasional tidak tercapai maskimal sehingga menurunkan kepercayaan pelanggan kepada produk perusahaan dan penjualan kurang maksimal disebabkan kurang tepatnya dalam memilih wilayah yang memiliki pelanggan potensi berlangganan. Dengan pemilihan data pelanggan indihome menggunakan metode fuzzy sugeno ini dapat menghasilkan nilai prioritas recovery yang akan digunakan untuk recovery jaringan dan potensial market yang data akan digunakan untuk untuk penjualan ke wilayah yang memiliki pelanggan potensi berlangganan.
 
Kata kunci: data pelanggan, fuzzy sugeno, prioritas, potensial
 
Abstract: Selection of DCS unit indihome customer data at PT. Telkom Indonesia STO Kranji still uses manuals and is not as expected because there are still errors in selecting priority customers for network recovery. Indihome customer data is also used as a benchmark for potential sales areas. Due to the selection of customer data that is not in accordance with the category, the implementation of network recovery in operations has not been achieved maximally so that it reduces customer confidence in the company's products and sales are less than optimal due to inaccuracy in selecting areas that have potential subscribers. By selecting indihome customer data using the Sugeno fuzzy method, it can generate priority recovery values that will be used for network recovery and potential market data that will be used for sales to areas that have potential subscribers.
 
Keywords: customer data, fuzzy sugeno, priority, potential

References

[1] A. Anggito and J. Setiawan, Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi, Jawa Barat: CV Jejak, 2018.
[2] M. A. Firmasyah, Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Qiara Media, 2019.
[3] A. Saepullah, “Comparative Analysis of Mamdani, Sugeno and Tsukamoto Method of Fuzzy Inference System for Air Conditioner Energy Saving,” J. Intell. Syst., vol. 1, no. 2, pp. 143–147, 2015.
[4] M. D. Irawan, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Matakuliah Pilihan pada Kurikulum Berbasis KKNI Menggunakan Metode Fuzzy Sugeno,” J. Media Infotama, vol. 13, no. 1, pp. 27–35, 2017, [Online]. Available: https://jurnal.unived.ac.id/index.php/jmi/article/view/435.
[5] M. Yasin Simargolang and H. Saidah Tamba, “Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Fuzzy Sugeno Untuk Menentukan Calon Presiden Mahasiswa Di Universitas Asahan,” J. Teknol. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 122–128, 2018.
[6] M. Simajuntak, “Penilaian Kinerja Dosen Dengan Menggunakan Metode Sugeno,” J. ISD, vol. 2, no. 1, pp. 1–5, 2017.
[7] K. Handoko, A. A. Fajrin, and B. Kurniawan, “Penerapan Logika Fuzzy Mamdani Menentukan Kok Terbaik Bulutangkis,” J. Ilm. Inform., vol. 06, no. 02, pp. 35–42, 2018.
[8] S. L. M. Sitio, “Penerapan Fuzzy Inference System Sugeno untuk Menentukan Jumlah Pembelian Obat (Studi Kasus: Garuda Sentra Medika),” J. Inform. Univ. Pamulang, vol. 3, no. 2, p. 104, 2018, doi: 10.32493/informatika.v3i2.1522.
[9] A. Tjolleng, “Pengantar Pemrograman Matlab : Panduan Praktis Belajar Matlab,” ResearchGate, no. October, 2017, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/334945947%0APengantar.
[10] M. Muslihudin and Oktafianto, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML. CV Andi OFFSET, 2016.
Published
2020-08-18
How to Cite
MARGIYONO, Agung; WICAKSONO, Harjunadi. Metode Fuzzy Sugeno untuk Pemilihan Data Pelanggan Indihome Unit DCS pada PT. Telkom Indonesia STO Kranji. JURNAL MAHASISWA BINA INSANI, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 43 - 52, aug. 2020. ISSN 2528-6919. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JMBI/article/view/1372>. Date accessed: 08 sep. 2024.