Business Plan “ATLEAST” Coffee and Eatery

  • Rahmawati Dwi Astuti Universitas Bina Insani
  • Etyca Rizky Yanti Universitas Bina Insani

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai perencanaan bisnis ATLEAST Coffee and Eatery. Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai kelayakan pendirian bisnis ATLEAST Coffee and Eatery ditinjau dari empat aspek yaitu aspek pasar dan pemasaran, aspek teknis dan operasional, aspek keuangan, dan aspek organisasi dan manajemen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan pembagian kuesioner kepada masyarakat sekitar Kota Bekasi. Aspek pasar dan pemasaran dianalisis menggunakan STP dan marketing mix. Aspek teknis dan operasional membahas pemilihan lokasi dan penentuan layout yang digunakan dalam menjalankan bisnis. Aspek keuangan dianalisis menggunakan metode Payback Period untuk menganalisis kriteria penilaian investasi. Aspek organisasi dan manajemen membahas lengkap tentang struktur organisasi yang dibutuhkan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pendirian bisnis ATLEAST Coffee and Eatery dinyatakan layak berdasarkan keempat aspek tersebut

References

Aulawi, H., Yanti, E. R., Nurhamidah, F. S., Suryani, A. T., Prastiwi, T. D., Fitriani, D., ... & Mikkael, R. H. (2021). Berbisnis ala milenial (Kompetensi Bisnis Memasuki era Society 5.0).
Afiyah, A. (2015). Analisis Studi Kelayakan Usaha Pendirian Home Industry (Studi Kasus Pada Home Industry Cokelat Âcozyâ Kademangan Blitar). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya.
Asnidar & Asrida. (2017). Analisis Kelayakan Usaha Home Industry Kerupuk Opak Di Desa Paloh Meunasah Dayah Kecamatan Muara Satu Kabupaten Aceh Utara. Jurnal S. Pertanian.
Bps. (2021). Berita Resmi Statistik : Hasil Sensus Penduduk 2020. Bps.Go.Id.
Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2011). Dasar Dasar Manajemen Keuangan Terjemahan (10th Ed.). Salemba Empat.
Buchori, A., & Saladin, D. (2010). Manajemen Pemasaran (Pertama). Linda Karya.
Daryanto. (2011). Manajemen Pemasaran. Pt Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Ferrel, O. C., & Hartline, M. (2011). Marketing Strategy (5th Ed.). Thompson Learning.
Firdaus, A. M. (2019). Penikmat Kopi Indonesia Melonjak, Pria Yang Juara. Ayobekasi.Net. Http://Www.Ayobekasi.Net/Read/2019/09/18/3528/Penikmat-Kopi-Indonesia-Melonjak- Pria-Yang-Juara#:~:Text=Responden Penelitian Terdiri Dari 35
Gunawan, I. H. (2014). Business Plan Cafe Ludos. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya.
Gunawati, U., & Sudarwati, W. (2017). Analisis Studi Kelayakan Usaha Bisnis Cassava Chips Di Perumahan Mardani Raya. Jurnal Integrasi Sistem Industri.
Hartanto, Y. D. (2016). Studi Kelayakan Usaha Pengembangan Ternak Sapi Perah Di Desa Bedrug Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo. Iosr Journal Of Economics And Finance.
Karyoto. (2016). Dasar-Dasar Manajemen. Andi Yogyakarta.
Kasmir, & Jakfar. (2012). Studi Kelayakan Bisnis (8th Ed.). Kencana.
Kasmir, & Jakfar. (2015). Studi Kelayakan Bisnis (Revisi Buk). Kencana Prenada Media Group.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2011). Marketing An Introduction (10th Ed.). Perason.
Aulawi, H., Yanti, E. R., Nurhamidah, F. S., Suryani, A. T., Prastiwi, T. D., Fitriani, D., Listiana, N. P., & Mikkael, R. H. (2021). Berbisnis ala milenial (Kompetensi Bisnis Memasuki era Society 5.0). Bina Insani Press.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip Prinsip Pemasaran (13th Ed.). Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran (12th Ed.). Erlangga.
Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa: Berbasis Kompetensi Edisi 3. Penerbit Salemba.
Manua, L. (2012). Fungsi Manajemen Menurut George Terry. Studimanajemen.Blogspot.Com. Https://Www.Studimanajemen.Com/2012/08/Fungsi-Manajemen-Menurut-George- Terry.Html
Purnamasai, D., & Hendrawan, B. (2013). Analisis Kelayakan Bisnis Usaha Roti Ceriwis, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis.
Ramdhani, G. (2020). Konsumsi Kopi Tinggi, Ditjen Perkebunan Terus Berupaya Dongkrak Produksi Kopi. Liputan6.Com.
Rangkuti, F. (2012). Studi Kelayakan Bisnis & Investasi. Gramedia Pustaka Utama.
Rangkuti, F. (2013). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis Swot Cara Perhitungan Bobot, Rating, Dan Ocai. In Pt. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Selfiana, Soedomo, A., Santoso, A. T., & Mikkael, R. H. (2021). Korespondensi Bahasa Indonesia Cara Cepat Membuat Surat. CV. Amerta Media.
Ratnasari, R. T., & Aksa, M. H. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa. Ghalia Indonesia.
Rinofah, R., & Kurniawan, I. S. (2016). Analisis Kelayakan Usaha Warung ”Burjo”.
Rudi, & Ambarriani, A. S. (2014). Analisis Kelayakan Bisnis Es Bang Joe. Jurnal Akuntansi.
Siantar, H. P. (2014). Business Plan Bisnis Keju “Cattle Cheese” Di Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya.
Subagyo, A. (2010). Marketing In Business (Pertama). Mitra Wacana Media.
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran : Teori Dan Implementasi. Andi Offset.
Mikkael, R. H. (2020). Penerapan Gaya Kepemimpinan Transformasional Di Era Industri 4.0 Pada Kementrian BUMN. In Prosiding Seminar Nasional STIE Ganesha: Transformational Leadership Management Dalam Meningkatkan Kompetensi Sumber Daya Manusia Unggul Menuju Indonesia Maju Di Era (Vol. 4, pp. 57-70).
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&Dsugiyono. 2013. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D.” Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D. Https://Doi.Org/10.1. In Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D.
Napitupulu, R. H. M., Handayani, C., & Haryati, H. (2021). Metode Simple Additive Weighting (SAW) Untuk Menentukan Karyawan Outsourching Terbaik Di PT Bank BNI Cabang Cirebon. BINA INSANI ICT JOURNAL, 8(2), 166-175.
Suharsaputra, U. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Tindakan (N. F. Atif (Ed.)).
Suliyanto. (2010). Studi Kelayakan Bisnis Pendekatan Praktis (1st Ed.). Andi Offset.
Sunyoto, D. (2012). Dasar Dasar Manajemen Pemasaran. Caps (Center Of Academic Publishing Service).
Sunyoto, D. (2014a). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, Dan Kasus) (1st Ed.). Caps (Center Of Academic Publishing Service).
Sunyoto, D. (2014b). Konsep Dasar Riset Pemasaran Dan Perilaku Konsumen. Caps (Center Of Academic Publishing Service).
Supranto, J., & Limakrisna, N. (2011). Perilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran: Untuk Memenangkan Persaingan Bisnis (2nd Ed.). Mitra Wacana Media.
Selfiana, Fitriana, A. V., Simatupang, A., & Napitupulu, R. (2021). Panduan penulisan laporan magang (E. R. Yanti (ed.)).
Supriyanto, -. (2012). Business Plan Sebagai Langkah Awal Memulai Usaha. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan. Https://Doi.Org/10.21831/Jep.V6i1.590
Yanti, E. R., & Aulawi, H. (2020). Achievement Entrepreneurship Training Untuk Calon Pengusaha Muda Kota Bekasi. Jurnal Pengabdian Mitra Masyarakat (JPMM), 2(2), 122-133.
Sutojo, S. (2013). Studi Kelayakan Proyek. In Studi Kelayakan Proyek.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012). Service, Quality Satisfaction. Andi Offset.
Napitupulu, R. H. M. (2020). The Relationship Between Education, Training, and Civil Servant Lecturers Competency. Journal of Business and Management Review, 1(2), 121-132.
Umar, H. (2014). Metodologi Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis. Jakarta:Rajawali Pers 2014.
Takrim, M., NAPITUPULU, R. H. M., & Yuliawati, D. (2021). Dampak Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pengemudi Bus. Jurnal Administrasi Kantor, 9, 37-48.
Published
2022-01-14
How to Cite
ASTUTI, Rahmawati Dwi; YANTI, Etyca Rizky. Business Plan “ATLEAST†Coffee and Eatery. JURNAL MAHASISWA BINA INSANI, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 113-131, jan. 2022. ISSN 2528-6919. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JMBI/article/view/1675>. Date accessed: 08 sep. 2024.