Implementasi Otomasi Untuk Manajemen Perangkat Jaringan Dan Server Secara Terpusat Pada Sebuah Aplikasi Dengan Metode NDLC (Network Development Life Cycle)

  • Wisnu Kholid Haedar Mahasiswa
  • Sasmitoh Rahmad Riady Teknik Informatika; Universitas Bina Insani

Abstract

NetwManage adalah aplikasi jaringan untuk otomatisasi jaringan, mengelola jaringan secara otomatis tanpa harus mengakses langsung setiap perangkat satu per satu, karena hal tersebut akan mengabiskan waktu dan tenaga yang banyak. Mengembangkan fungsi seperti Backup Configuration untuk menjaga keutuhan sistem jaringan yang sedang berjalan, sehingga jika terjadi error atau perangkat mati, system backup telah menyimpan secara otomatis di server pada interval waktu yang ditentukan, dan pengguna dapat menyimpan data yang diterima di server sebelum pengaturan ulang di jaringan atau melakukan pemulihan konfigurasi pada perangkat di jaringan tersebut. Dengan pengaturan tertentu pada infrastruktur jaringan sehingga hanya pengguna tertentu yang mengetahui untuk mengakses aplikasi web tersebut. Aplikasi ini dirancang untuk mendukung administrator jaringan untuk menangani infrastruktur jaringan yang cukup kompleks, terutama di perusahaan. Proses penelitian ini menggunakan metode Network Development Life Cycle (NDLC), metode ini berorientasi pada enam tahapan dengan siklus yang tidak memiliki awal atau akhir yaitu analisa, desain, simulasi dengan prototipe, implementasi, pemantauan, manajemen.

References

[1] Rheza Adhyatmaka Wiryawan and Nur Rohman Rosyid, “PENGEMBANGAN APLIKASI OTOMATISASI ADMINISTRASI JARINGAN BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN PYTHON.,” SIMETRIS, vol. 10, pp. 742–750, Nov. 2019.
[2] Nurul Akbar Malik, “Otomasi Jaringan Komputer Menggunakan Paramiko di SMKN 1 Majalaya Berbasis Web,” Universitas Komputer Indonesia, Bandung, 2020.
[3] Tony Sanjaya and Didik Setiyadi, “Network Development Life Cycle (NDLC) Dalam Perancangan Jaringan Komputer Pada Rumah Shalom Mahanam,” MAHASISWA BINA INSANI, vol. 4, Aug. 2019.
[4] Adamya Shyam and Nitin Mukesh, “A Django Based Educational Resource Sharing Website: Shreic,” Journal of Scientific Research, vol. 64, no. 1, pp. 238–251, 2020.
[5] Ahmad Surahmat, “PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN SOFTWARE SIMULATION JARINGAN GNS3 DAN PACKET TRACER DALAM MENGATASI KETERBATASAN ALAT PADA KOMPETENSI WIDE AREA NETWORK (WAN) DI JURUSAN TKJ SMKS INFORMATIKA SUKMA MANDIRI,” vol. 3, pp. 78–92, Feb. 2019.
[6] Herry Prasetyo Nugroho, Muhammad Irfan, and Amrul Faruq, “Software Defined Networks: a Comparative Study and Quality of Services Evaluation,” Scientific Journal of Informatics, vol. 6, pp. 181–192, Nov. 2019.
[7] Isnania Lestari and Ryan Permana, “Analisis Sistem Jaringan Komputer di Sekolah Menengah Kejuruan Al-Madani Pontianak,” International Journal of Natural Science and Engineering, vol. 2, pp. 99–102, May 2018.
[8] Kadek Surya Mahedy, “IMPLEMENTASI SISTEM BACKUP DATA PADA SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA,” Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, pp. 216–225, 2021.
[9] Muhammad Syahlan, Natsir Samsu, and Alam, “Generate User Menggunakan Script Berbasis SMS Gateway Pada Hotspot Mikrotik,” SEMINAR ILMIAH SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI, vol. 6, pp. 249–258, Aug. 2019.
[10] Fadhila Cahya Ningrum, Dandi Suherman, Sita Aryanti, Handika Angga Prasetya, and Aries Saifudin, “Pengujian Black Box pada Aplikasi Sistem Seleksi Sales Terbaik Menggunakan Teknik Equivalence Partitions,” Jurnal Informatika Universitas Pamulang, vol. 4, pp. 125–129, Dec. 2019.
Published
2022-07-28
How to Cite
HAEDAR, Wisnu Kholid; RIADY, Sasmitoh Rahmad. Implementasi Otomasi Untuk Manajemen Perangkat Jaringan Dan Server Secara Terpusat Pada Sebuah Aplikasi Dengan Metode NDLC (Network Development Life Cycle). JURNAL MAHASISWA BINA INSANI, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 45 – 54, july 2022. ISSN 2528-6919. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JMBI/article/view/2524>. Date accessed: 08 sep. 2024.