Sistem Pendukung Keputusan Peminatan Produk Digital IndiHome dengan Metode Weighted Product

  • Rena Rena Sistem Informasi; Universitas Bina Insani
  • Mardi Yudhi Putra

Abstract

Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang begitu pesatnya dalam Divisi Digital Service dan Wifi (DSW) Unit Pemasaran produk digitalnya Telkom di  Kranji kota Bekasi. PT Telkom juga memiliki beberapa jenis produk digital yang masing-masing produk tersebut memiliki spesifikasi produk yang berbeda, sehingga dapat menyesuaikan dengan keperluan serta kebutuhan masyarakat Indonesia. PT Telkom memiliki beberapa produk digital. Yang pertama adalah IndiHome smart CCTV yang merupakan produk IP CAMERA teknologi modern di rumah . Yang kedua adalah Android TV indiBox yang merupakan produk smart terdapat koneksi beragai macam film. Ketiga Wifi Extender untuk memperkuat pemancaran sinyal wifi di setiap area sudut rumah tanpa harus menyediakan kabel tambahan. Permasalahan yang terjadi pada devisi Digital Service and Wifi ini staff digital yang mengalami kesulitan dalam penentuan dan penyeleksian peminatan pelanggan dalam sistem terhadap produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan dan daya belinya. Oleh karena itu perlu adanya suatu sistem yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan secara objektif berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Metode pendukung keputusan yang digunakan untuk menentukan peminatan produk digital adalah  Weighted Product(WP). Diharapkan dengan adanya sistem ini untuk menentukan kebutuhan perangkat lunak dan dapat menjadi lebih baik untuk Divisi Digital Service dan Wifi (DSW) untuk membuat sistem pendukung keputusan berbasis web mengunakan bahasa pemrograman PHP serta menggunakan MySQL sebagai database. Hasil dari perhitungan sistem pendukung keputusan menunjukkan bahwa dari tiga alternatif yang dipilih, alternatif 03 (A03) bahwa Wifi Extander memiliki nilai paling tinggi yaitu 0,444 (44%), produk yang paling banyak di minati oleh pelanggan indihome.
Published
2022-08-17
How to Cite
RENA, Rena; PUTRA, Mardi Yudhi. Sistem Pendukung Keputusan Peminatan Produk Digital IndiHome dengan Metode Weighted Product. JURNAL MAHASISWA BINA INSANI, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 87 – 96, aug. 2022. ISSN 2528-6919. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JMBI/article/view/2552>. Date accessed: 08 sep. 2024.