Proses Menangani Surat Masuk Pada Bagian Sekretariat Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Cibitung

  • Agusfina Agusfina
  • Selfiana Selfiana

Abstract

Abstrak: Surat adaah alat komunikasi penyampaian informasi secara tertulis dari satu pihak ke pihak lain. Surat yang berasal dari eksternal yaitu surat yang berasal dari Kantor Wilayah DJP Jawa Barat II. Proses menangani surat masuk eksternal yaitu surat perihal penerusan surat Kepala KPP Batam Utara No. S-6170/WPJ.02/KP.08/2015 himbauan konfirmasi kebenaran atas transaksi penyerahan BKP/JKP ke kawasan perdagangan bebas dan pelabuhan bebas Batam dan surat permintaan daftar usulan peserta leadership development program tahap pertama menerima surat, membuka amplop, menyortir, mencatat yaitu merekam surat, menyerahkan, dan menyimpan di ordner ke dalam lemari arsip. Surat masuk yang berasal dari internal yaitu Nota Dinas dari Kepala Seksi Pemeriksaan dan Kepala Seksi Waskon III. Proses menangani surat masuk internal yaitu nota dinas perihal pembahasan perhitungan Wajib Pajak sesuai INS-04/PJ/2015, dan Nota Dinas dengan perihal permohonan nomor sekuen untuk proses pencetakan KEP pembetulan STP tahap pertama menerima, menyerahkan, sekretaris tidak melakukan pencatatan, mengarsipkan, men-scan, sekretaris tidak mendistribusi nota dinas, dan menyimpan nota dinas di lemari arsip.

Kata kunci: Surat, diterima, disortir, dicatat, menyerahkan, disimpan.

Abstract: Mail is a communication tool to deliver information in writing from one party to another party. Incoming mail from the external is a letter from the Regional Office DGT West Java II. Process external handle incoming mail is a letter concerning the forwarding letter head of local North Batam No. S-6170 / WPJ.02 / KP.08 / 2015 call for confirmation of the truth on delivery transactions BKP / JKP to a free trade zone and free port of Batam and a request letter proposed list of participants leadership development program's first phase received a letter, opening envelopes, sorting, noting namely record mail, deliver, and store in ordner into a filing cabinet. Incoming mail that comes from an internal memorandum that the Office of Inspection Section Chief and Section Head Waskon III. The process of handling incoming mail ie internal memos regarding the discussion of the calculation of the taxpayer in accordance INS-04 / PJ / 2015, and the Memorandum of Office with the subject application for number sequences for the printing process KEP rectification STP first stage receives, delivers, the secretary did not record, archive, download -scan, the secretary did not distribute memos and store memos in the file cabinet.

Keywords: Letter, received, sorted, recorded, surrender, stored.

References

Referensi
Gaol JL. 2015. Keandalan dan Sukses Sekretaris Perusahaan dan Organisasi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kompas Gramedia.
Herlambang S, Marwoto BH. 2014. Manajemen Kesekretariatan Cara Mudah Memahami dan Mengelola Pekerjaan Kesekretariatan. Yogyakarta: Gosyen Publishing.
Maryati. 2014. Manajemen Perkantoran Efektif. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Nurasih L, Rahayu S. 2014. Manajemen Sekretaris Itu Gampang. Jakarta Timur: Dunia Cerdas.
Priansa DJ. 2014. Kesekretarisan Profesional, Bekompeten, Cerdas, Terampil, dan Melayani. Bandung: Alfabeta.
Priansa DJ, Garnida A. 2013. Manajemen Perkantoran Efektif, Efisien, dan Profesional. Bandung: CV Alfabeta.
Subagyo H. “Sistem Informasi Manajemen Agenda Pada Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Karanganyar”. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, vol 3 (3), 2011, 1-2.
Yatimah D. 2013. Kesekretarisan Modern dan Administarsi Perkantoran. Bandung: CV Pustaka Setia.
Published
2017-02-01
How to Cite
AGUSFINA, Agusfina; SELFIANA, Selfiana. Proses Menangani Surat Masuk Pada Bagian Sekretariat Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Cibitung. Jurnal Mahasiswa Bina Insani, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 161 - 176, feb. 2017. ISSN 2528-6919. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JMBI/article/view/258>. Date accessed: 22 nov. 2017.