Sistem Informasi Reservasi Kamar Hotel Pada Hotel Posters MICE

Abstract

Abstrak: Reservasi hotel merupakan suatu kegiatan dimana seorang pelanggan datang ke hotel memesan kamar dan menginap di kamar yang telah dipesan. Pemesanan dilakukan oleh pelanggan, pada hotel Posters MICE proses pendataan pelanggan yang akan menginap masih dilakukan dengan manual. Sehingga membuat pelanggan harus datang ke hotel untuk melakukan pemesanan secara langsung. Sistem informasi reservasi ini merupakan sebuah aplikasi yang dapat membantu mempercepat pendaftaran atau registrasi saat di bagian resepsionis. Pembatalan pun dapat langsung di kelola oleh admin atau resepsionis. Sehingga memberikan kemudahan lain dalam melakukan pemesanan. Dalam membuat system informasi ini menggunakan metode pengembangan sistem berupa waterfall . Pada saat pembuatan program menggunakan visual basic NET 2010. Untuk database yang digunakan untuk membuat database pada menggunakan sqlserver 2008. Penerapan sistem informasi ini dapat membantu para pegawai dalam mendata pelanggan yang menginap serta mengelola kebutuhan informasi yang dibutuhkan dalam menunjang bisnis hotel.

Kata Kunci: hotel, sistem informasi

Abstract: Hotel reservations an activity in which a customer came to the hotel to book a room and stay in the rooms that had been booked. Booking is done by the customer, the hotels Posters MICE customer data collection process that will stay is still done by hand. Thus making the customer must come to the hotel to make a reservation directly. The reservation information system is an application that can help speed up the registration or registration time at the front desk. Cancellations can be directly managed by the admin or receptionist. Thus providing another convenience in making reservations. In making this information system using the method of system development in the form of a waterfall. At the time of making the program using Visual Basic .NET 2010. For a database used to create the database using sqlserver 2008. The implementation of this information can help employees to log the customer who stay and manage the information requirements needed to support the hotel business.

Keywords: hotel, information system

Author Biography

Endang Retnoningsih, Sistem Informasi; STMIK Bina Insani
Sistem Informasi; STMIK Bina Insani

References

Referensi
Ramadhan A. 2005. SQL Server 2000dan VB 6.0. Jakarta: Elex Media Kompotindo.
Hadi. 2003. Membuat Laporan dengan Cristal Report dan VB 6.0. Jakarta: Elex Media Kompotindo.
Jogiyanto HM. 2005. Analisa Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.
Kusuma AS. 2003. Pemrograman Database dengan Visual Basic 6.0. Jakarta: Elex Media Kompotindo.
Pressman RS. 2010. Software Engineering:A Practitioner Approach 7th Edition. New York : McGraw-Hill.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulistyorini P. 2009. Pemodelan Visual dengan Menggunakan UML dan Rational Rose. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK. 14(1):23-29. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=7433&val=544. [09 Januari 2017].
Published
2017-02-01
How to Cite
PRABOWO, Ari; RETNONINGSIH, Endang. Sistem Informasi Reservasi Kamar Hotel Pada Hotel Posters MICE. Jurnal Mahasiswa Bina Insani, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 147 - 160, feb. 2017. ISSN 2528-6919. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JMBI/article/view/259>. Date accessed: 22 nov. 2017.