Analisis Kinerja Keuangan Pada Industri Keramik, Porselin Dan Kaca Yang Terdaftar Di BEI Periode 2011-2014

  • Wanda Sari Novianti
  • Indra Wijaya

Abstract

Abstrak: Pengukuran kinerja perusahaan dilakukan untuk mengetahui tingkat kesehatan keuangan perusahaan. Laporan keuangan dapat menjelaskan keadaan perusahaan yang terjadi pada saat ini. Kinerja keuangan perusahaan dapat di hitung dan di analisis mengunakan rasio-rasio keuangan. Rasio-rasio keuangan inilah yang akan memberikan jawaban dalam menentukan keadaan keuangan yang terbaik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui rasio keuangan dan kinerja keuangan industri keramik, porselin dan kaca yang terdaftar di BEI periode 2011-2014. Hasil penelitian data yang menunjukkan bahwa rasio keuangan pada industri keramik, porselin dan kaca yang paling baik pada rasio likuiditas adalah PT Asahimas Flat Glass Tbk, rasio solvabilitas adalah PT Keramika Indonesia Assosiasi Tbk, rasio profitabilitas adalah PT Arwana Citra Mulia Tbk, dan rasio aktivitas adalah PT Arwana Citra Mulia Tbk.

Kata kunci: laporan keuangan, kinerja keuangan, rasio-rasio keuangan

Abstract: The measurement of a company performance is to know the level of company healthy finance. Financial statements can explain current condition of the company. Financial performance the company could be counted and analyzed by using these ratios. These ratios that would provide solution in determining the best current financial condition. The purpose of this research is to find out financial ratios and financial performance of ceramics, porcelain, and glass industry listed in IDX for 2011-2014 periods. The result of the research data showing the best of financial ratios of ceramics, porcelain, and glass industry in the liquidity ratio is PT Asahimas Flat Glass Tbk, the solvency ratio is PT Keramika Indonesia Assosiasi Tbk, the profitability ratio is PT Arwana Citra Mulia Tbk, and the activity ratio is PT Arwana Citra Mulia Tbk.

Keywords: financial statement, financial performance, financial ratios

References

Referensi
Bursa Efek Indonesia: Laporan Keuangan, diakses dari http://www.idx.co.id/. diakses tanggal 20 November 2015
Fahmi I. 2014. Analisis Kinerja Keuangan. Bandung : Alfabeta.
Harahap S S. 2013. “Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan”. Jakarta : PT RajaGrafindo Perkasa.
Husnan S, Pudjiastuti E. 2012. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Yogyakarta : UPP STIM YKPN.
Ikatan Akuntan Indonesia, 2014. Standar Akuntansi Keuangan Per Efektif 1 Januari 2015. Jakarta: Salemba Empat.
Kasmir. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : PT RajaGrafindo Perkasa.
Martono, D A H. 2010. “Manajemen Keuangan”. Yogyakarta : Ekonisia.
Tono A. 2012. Manajemen Keuangan, Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Ekonisia.
Published
2017-02-01
How to Cite
NOVIANTI, Wanda Sari; WIJAYA, Indra. Analisis Kinerja Keuangan Pada Industri Keramik, Porselin Dan Kaca Yang Terdaftar Di BEI Periode 2011-2014. JURNAL MAHASISWA BINA INSANI, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 267 - 284, feb. 2017. ISSN 2528-6919. Available at: <https://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JMBI/article/view/268>. Date accessed: 19 mar. 2024.