Strategi Pemasaran Wedding Organizer Rias Bungsu Di Kota Bekasi

  • Ratu Murmerie Manajemen Administrasi; Universitas Bina Insani
  • Kristiana Widiawati Manajemen;Universitas Bina Insani

Abstract

Abstrak: Perkembangan bisnis yang semakin signifikan menimbulkan munculnya pelaku bisnis baru salah satunya adalah bisnis pada bidang jasa dimana salah satunya adalah jasa intelektual, yang akan kita bahas pada penelitian kali ini yaitu wedding organizer rias bungsu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi pemasaran wedding organizer rias bungsu di Kota Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dimana dalam prosesnya dilakukan wawancara secara langsung kepada pemilik, karyawan maupun konsumen. Hasil dari penerapan strategi bauran pemasaran 7P yang diterapkan wedding organizer rias bungsu dimana product pada dekorasi pelaminan yang memiliki variasi, hasil riasan atau make up ala arabia, barbie, baju pengantin yang modern mengikuti trend saat ini, dokumentasi poto dan vidio memberikan arahan terkait pose saat pemotretan. Price harga pekatan hanya dua belum sesuai dengan harapan konsumen yang memiliki biaya murah. Place fitting room dan vendor gedung mudah dijangkau keberadaanya. Promotion belum cukup maksimal hanya menggunakan dua media aplikasi yaitu whatsapp dan Instagram. People karyawan ramah, sopan membuat merekomendasikan ke orang lain. Process cukup tersusun membuat jalannya acara pernikahan lancar sesuai harapan pelanggan. Phisycal evidence memiliki sarana dan prasarana dalam menjalankan aktifitas sehingga tawaran ditunjukkan pada pasar sasarannya. Dari hasil penelitian terkait penurunannya jumlah konsumen karena adanya covid 19 dan persaingan dengan usaha sejenis penelitian melakukan usulan paket harga baru pada price list paketan dan promotion dengan penambahan media aplikasi tiktok pada wedding organizer rias bungsu mengacu pada pelanggan yang menyesuaikan dengan yang diinginkan pelanggan.
 
Kata kunci: Persaingan Bisnis, Strategi Pemasaran, Marketing Mix.
 
Abstract: Increasingly significant business developments have led to the emergence of new business actors, one of which is a business in the service sector, one of which is intellectual services that we will discuss in this study, namely the youngest wedding organizer makeup. The purpose of this study was to determine the implementation of marketing strategies for the youngest makeup wedding organizer in Bekasi City. The research method used is qualitative where in the process direct interviews are carried out. The results of the implementation of the 7P marketing mix strategy applied by the youngest wedding organizer makeup aisle decoration products have variations, the results of arabian-style makeup, modern wedding dresses, photo and video documentation provide direction. The price is only two prices. Places to fit rooms and building vendors are easy to reach. Promotion is not enough to only use two applications. People make friendly and polite employees. The process is quite structured so that the wedding event runs smoothly according to customer expectations. Physical evidence has the facilities and infrastructure in carrying out its activities. From the results of research related to the decline in the number of consumers due to covid 19 and competition with similar businesses, the study has proposed a new price package on promotional packages and price lists with the addition of the tiktok application media for the youngest weddings, makeup organizers referring to customers who adjust what customers want.
 
Keywords: Business Competition, Marketing Strategy, Marketing Mix.

References

[1] Catur Agus Saptono, Analysis Economic of Law Dalam Pelaksanaan Merger, Kencana. Jakarta, 2017.
[2] F. Dwita, D. Sudiantini, L. Agustine, Y. Sedyoningsih, and K. Channa, “The Effect of Moment of Truth, Service Quality and Customer Satisfaction on Customer Loyalty,” J. Econ. Financ. Manag. Stud., vol. 06, no. 01, pp. 137–145, 2023, doi: 10.47191/jefms/v6-i1-16.
[3] I. Muis, T. M. Adhi, and R. F. Kamalia, “the Impact of Digital Marketing and Innovation on Marketing Performance Is Influenced Through the Development of a Competitive Advantage,” Rev. Gest. Soc. e Ambient., vol. 18, no. 8, pp. 1–17, 2024, doi: 10.24857/rgsa.v18n8-081.
[4] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.
[5] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta, 2019.
[6] Nugroho Adi Susanti, Hukum Persaingan Usaha Di Indonesia, Edisi III. Jakarta, 2018.
[7] Assauri Sofyan, Manajemen Pemasaran. Depok: Raja Grafindo Persada, 2017.
[8] I. Muis, “Marketing Strategy and Capability as the Mediators in Relationship of Market Orientation and Export Performance: A Case Study of Rattan Processing SMEs,” Binus Bus. Rev., vol. 11, no. 1, pp. 31–42, 2020, doi: 10.21512/bbr.v11i1.5964.
[9] Pantri Heriyati, Strategi Pemasaran Segmenting, Targeting dan Positioning, Scorpindo. 2022.
[10] Wardana Wikrama, Strategi Pemasaran. Jakarta, 2017.
Published
2023-02-22
How to Cite
MURMERIE, Ratu; WIDIAWATI, Kristiana. Strategi Pemasaran Wedding Organizer Rias Bungsu Di Kota Bekasi. JURNAL MAHASISWA BINA INSANI, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 149 - 158, feb. 2023. ISSN 2528-6919. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JMBI/article/view/3059>. Date accessed: 08 sep. 2024.