Sistem Informasi Penjualan Bedcover Berbasis Website

Abstract

Abstrak: Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat dari tahun ke tahun menuntut kita untuk selalu melangkah maju dan mengikuti perkembangan tersebut. Demikian pula didalam dunia usaha yang dituntut untuk selalu berinovasi dalam menghadapi era persaingan yang semakin pesat saat ini. Salah satu dunia usaha yang dimaksud adalah Cahaya Bedcover, yaitu salah satu perusahaan yang bergerak dibidang Bedcover. Namun dalam hal ini, berdasarkan analisa sistem yang sedang berjalan, diperoleh hasil bahwa sistem penjualan di Cahaya Bedcover melakukan kegiatan transaksi menggunakan media telepon, E-mail atau datang untuk bertanya langsung mengenai Cahaya Bedcover dan terkadang barang yang ingin dipesan tidak selalu ada sehingga Costumer harus menunggu. Hal ini berdampak terhadap adanya indikasi omset penjualan yang menurun. Untuk itu perlu diterapkan sebuah sistem pelayanan yang disebut dengan sistem informasi Penjualan Berbasis website, guna memberikan pelayanan yang memuaskan bagi Costumer dalam mendapatkan informasi, memudahkan konsumen dalam melakukan pembelian serta memperluas area pemasaran di Cahaya Bedcover. Untuk memperoleh data-data yang diperlukan selama penelitian, penulis menggunakan beberapa metode, antara lain: wawancara, observasi dan studi pustaka. Hasil akhir dari penelitian ini adalah berupa rancangan sistem Penjualan Berbasis Website yang dapat membantu dalam memudahkan Costumer dalam pembelian.
 
Kata kunci: E-commerce, Sistem informasi, Website, Waterfall
 
Abstract: The rapid development of information technology from year to year requires us to always move forward and follow these developments. Likewise in the business world that is required to always innovate in the face of an era of increasingly rapid competition today. One of the business world in question is Cahaya Bedcover, which is one of the companies engaged in Bedcover. But in this case, based on the current system analysis, obtained results that the sales system at Cahaya Bedcover conducts transaction activities using the telephone, e-mail or come to ask directly about Bedcover Light and sometimes the items you want to order are not always available so the Customer must wait. This has an impact on indications of a decline in sales turnover. For that, it is necessary to apply a service system called the Sales-Based Website information system, in order to provide satisfying services for the Customer in obtaining information, making it easier for consumers to make purchases and expanding the marketing area in Bedcover Light. To obtain the data needed during the study, the author uses several methods, including: interviews, observation and literature study. The final result of this study is in the form of a Website-Based Sales system that can help in facilitating the Customer in purchasing.
 
Keywords: E-commerce, information system, website, Waterfall
Published
2018-08-09
How to Cite
PUTRA, Kristantio Nurcahya; ARIFIN, Rita Wahyuni. Sistem Informasi Penjualan Bedcover Berbasis Website. Jurnal Mahasiswa Bina Insani, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 13-22, aug. 2018. ISSN 2528-6919. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JMBI/article/view/966>. Date accessed: 20 nov. 2018.