Analisis Tingkat Kesiapan Teknologi UMKM di Masa Pandemi

  • Yuni Ekawarti Universitas Tamansiswa Palembang
  • Triana Agustini Universitas Tamansiswa Palembang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Tingkat Kesiapan Teknologi dan pengaruhnya terhadap peningkatan laba UMKM kuliner di kota Palembang.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan anlisis deskriptif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yang dikumpulkan melalui metode purposive sampling. Kemudian responden disaring menjadi 40 orang berdasarkan jenis usahanya, yaitu responden ynag bergerak dalam bidang kuliner. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan data primer Metode analisis data dalam penelitian ini dilakukan dalam beberapa tahap. Pertama, peneliti akan menguji daftar pernyataan atau kuesioner dengan alat uji Validitas dan Uji Reliabilitas, uji normalitas dan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Tingkat Kesiapan Teknologi berpengaruh signifika terhadap peningkatnan laba UMKM kuliner di kota Palembang, namun masih belum maksimal. Tingkat Kesiapan Teknologi UMKM sudah mencapat level 3, artinya sebagian besar UMKM sudah menggunakan platform digital untuk pengembangan usaha.
 

References

As’ary, M., Mugini, P., Fakhrurozi, M. F., Sugiarti, S., Utami, G. F., & Hapsari, D. R. (2021). Optimalisasi Potensi Home Industry melalui Digitalisasi Marketing (Kasus: Produksi Emping Rumahan Kampung Pagutan, Desa Sukakerta, Cianjur). Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat (PIM), 3(1), 91-101.
Aulawi, H., Yanti, E. R., Nurhamidah, F. S., Suryani, A. T., Prastiwi, T. D., Fitriani, D., Listiana, N. P., & Mikkael, R. H. (2021). Berbisnis ala milenial (Kompetensi Bisnis Memasuki era Society 5.0) (I. D. Fatmaningtyas (ed.)). Bina Insani Press.
Bai, C., Quayson, M., & Sarkis, J. (2021). COVID-19 Pandemic Digitization Lessons for Sustainable Development of Micro-and Small-Enterprises. Sustainable Production and Consumption.
Chen, K., Ding, L., Yang, F., & Qian, L. (2020, October). MSE Minimized Scheduling for Multiple-Source Remote Estimation with AoI Constraints in IWSN. In 2020 International Conference on Wireless Communications and Signal Processing (WCSP) (pp. 1119-1124). IEEE.
Diningrat, D. S., Maulana, B., & Gultom, E. S. (2017). Digitalisasi UMKM Makanan Sehat Desa Sahkuda Bayu Kabupaten Simalungun Sumatera Utara. no. September, 237-241.
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil dan menengah pada era masyarakat ekonomi ASEAN. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Dewantara (JMD), 1(2), 61-76.
Handini, V. A., & Choiriyati, W. (2021). Digitalisasi UMKM sebagai Hasil Inovasi dalam Komunikasi Pemasaran Sahabat UMKM selama Pandemi COVID-19. JRK (Jurnal Riset Komunikasi), 11(2).
Hereyah, Y. (2019, April). Implementasi Digital Marketing Produk Umkm Koperasi Cipta Boga Di Kampung Wisata Eko Kuliner Keranggan Kecamatan Setu Tangerang. In Conference On Communication and News Media Studies (Vol. 1).
Idah, Y. M., & Pinilih, M. (2020). Strategi Pengembangan Digitalisasi UMKM. Prosiding, 9(1).
Kannan, P. K., & Hongsuang, L. (2016). Digital Marketing: A Framework, Review and Research Agenda, International Journal of Research n Marketing.
Kong, T., Yang, X., Wang, R., Cheng, Z., Ren, C., Liu, S., ... & Zhang, X. (2021). One Year after COVID: The Challenges and Outlook of Chinese Micro and Small Enterprises.
Maria, G. A. R., & Raharjo, S. T. (2020). Adaptasi Kelompok Usia Produktif Saat Pandemi Covid-19 Menggunakan Metode Reality Therapy. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 2(2), 142-149.
Martoyo, A. (2020). Adopsi Media Sosial Sebagai Sarana Pemasaran Digital Bagi Usaha Mikro Makanan dan Minuman Di Kota Jakarta Selatan. BRICommerce, Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, Bisnis dan Keuangan, 1(2), 1-14.
Nasution, D. P., Afifuddin, S., Irsad, I., & Rahmanta, R. (2021). Analysis of Small Micro Business Sector on the Welfare of Small Micro Enterprises in North Sumatra. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(3), 5066-5079.
Napitupulu, R. H. M., Aulawi, H., Sukirno, S., Takrim, M., & Sapta, A. (2021). Pelatihan Daring Kepemimpinan OSIS Siswa Sekolah Menengah Kejuruan dimasa PANDEMI COVID-19. Jurnal Karya untuk Masyarakat (JKuM), 2(2), 196-205.
Prasetyo, Y. T., Castillo, A. M., Salonga, L. J., Sia, J. A., & Seneta, J. A. (2020). Factors affecting perceived effectiveness of COVID-19 prevention measures among Filipinos during enhanced community quarantine in Luzon, Philippines: Integrating Protection Motivation Theory and extended Theory of Planned Behavior. International journal of infectious diseases, 99, 312-323.
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1-17.
Rijal, S. (2008). Kebutuhan ruang terbuka hijau di Kota Makassar tahun 2017. Jurnal Hutan dan Masyarakat, 3(1), 8219.
Sujarweni, V. W. (2016). Kupas Tuntas Penelitian Akuntansi dengan SPSS. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sulaksono, J. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41-47.
Sulistyaningrum, E., Resosudarmo, B. P., & Falentina, A. T. (2021). Can the Internet Buy Working Hours of Married Women in Micro and Small Enterprises? Evidence from Yogyakarta, Indonesia.
Wardhana, A. (2015, April). Strategi digital marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV (pp. 327-337).
Published
2021-11-17
How to Cite
EKAWARTI, Yuni; AGUSTINI, Triana. Analisis Tingkat Kesiapan Teknologi UMKM di Masa Pandemi. JURNAL ONLINE INSAN AKUNTAN, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 235-248, nov. 2021. ISSN 2528-0163. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JOIA/article/view/1590>. Date accessed: 08 sep. 2024. doi: https://doi.org/10.51211/joia.v6i2.1590.