Pengaruh Capital Intencity, Corporate Social Responsibility dan Reputasi Auditor terhadap Manajemen Pajak

  • Gita Brillyan
  • Ferdiansyah Ferdiansyah Universitas Pamulang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh capital intensity, corporate social responsibility dan reputasi auditor terhadap manajemen pajak. Penelitian ini dilakukan dalam lingkup perusahaan yang terdaftar dalam Indeks LQ 45 di BEI dengan waktu pengamatan selama lima tahun yaitu tahun 2016-2020. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan data sekunder. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Sampel terdiri dari 18 perusahaan dan dianalisis menggunakan teknik regresi data panel dengan menggunakan random effect model untuk menguji hipotesis. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi data panel dengan bantuan program E-Views 9. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa capital intensity, corporate social responsibility dan reputasi auditor berpengaruh terhadap manajemen pajak. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel capital intensity dan corporate social responsibility tidak berpengaruh terhadap manajemen pajak, sedangkan untuk variabel reputasi auditor berpengaruh positif terhadap manajemen pajak.
 
Kata kunci: manajemen Pajak, capital intensity, corporate social responsibility, reputasi auditor

References

Anugrah S, Yuliana C. 2021. Analisis Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Profitabilitas, Dan Leverage Terhadap Manajemen Pajak. Balanc. J. Akuntansi, Audit. dan Keuang. 17: 82–100.
Devina M, Pradipta A. 2021. Pengaruh Fasilitas Perpajakan, Return on Asset, Leverage, Ukuran Perusahaan, dan Intensitas Aset Tetap Terhadap Manajemen Pajak. J. Akunt. TSM 1: 25–32.
Ferdiansyah F. 2020. Pengaruh Pajak Kendaraan Bermotor Dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Terhadap Pendapatan Asli Daerah Dengan Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor Sebagai Pemoderasi. Invent. J. Akunt. 4.
Ganang W D, Ghozali I. 2017. Hubungan Penerapan Corporate Governance dan Social Corporate terhadap Manajemen Pajak (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2015). J. Account. 6: 503–514.
Gunawan J. 2017. Pengaruh Corporate Social Responsibility Dan Corporate Governance Terhadap Agresivitas Pajak. J. Akunt. 21: 425.
Karlina L. 2021. Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Leverage dan Intensitas Aset Tetap Terhadap Agresivitas Pajak. J. Madani Ilmu Pengetahuan, Teknol. dan Hum. 4: 109–125.
Maitriyadewi NLRP, Noviari N. 2020. Manajemen Laba, Profitabilitas dan Kepemilikan Keluarga dan Tax Avoidance. E-Jurnal Akunt. 30: 1382.
Noviatna H, Devi Safitri dan, Riau U. 2021. Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Capital Intensity Ratio dan Komisaris Independen terhadap Manajemen Pajak. J. Akunt. Keuang. dan Bisnis 14: 93–102.
Nurfitriani F, Hidayat A. 2021. Pengaruh Intensitas Aset Tetap, Tingkat Hutang Dan Kompensasi Dewan Komisaris Dan Direksi Terhadap Manajemen Pajak. IQTISHADUNA J. Ilm. Ekon. Kita 10: 1–18.
Nurjanah M, Diatmika IPG, Yasa INP. 2018. Pengaruh profitabilitas, capital intensity ratio, size, dan leverage perusahaan pada manajemen pajak. E-Journal Univ. Ganesha 8: 1–9.
Putri MCA, Zirman, Azhari S. 2017. Pengaruh Kompensasi Manajemen, Corporate Governance, Reputasi Auditor terhadap Manajemen Pajak (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan yang terdaftar di BEI Tahun 2011-2014). J. Online Mhs. Fak. Ekon. 4: 294–308.
Ramadhaniyah R, Meiliana R, Antika S. 2019. Pengaruh Kompensasi Manajemen Berbasis Saham , Dewan Direksi Dan Reputasi Auditor Terhadap Manajemen Pajak (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2015-2017). Semin. Nas. Has. Penelit. dan Pengabdi.: 87–96.
Rischa Agustina WI. 2021. Pengaruh Tingkat Hutang, Intensitas Persediaan, Kepemilikan Institusional Dan Capital Intensity Terhadap Manajemen Pajak. Sakuntala 1: 609–628.
Sailawati, S., Marwanto, M. and Febrianti F. 2021. PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP MANAJEMEN PAJAK (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2017-2019). J. Eksis 17: 124–139.
Stiawan H, Sanulika A. 2020. Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan Dan Likuiditas Terhadap Agresivitas Pajak Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderator. Conf. Econ. Bus. Innov. 19: 3–16.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta. Metod. Penelit. Kuantitatif, Kualitatif dan R D.BandungAlfabeta.
Wardani DK, Putri HNS. 2018. Pengaruh Faktor Internal Dan Faktor Eksternal Terhadap Manajemen Pajak. J. Akunt. dan Kuangan Akmenika 15: 67–78.
Wijayanti R, Muid D. 2020. Pengaruh Size, Leverage, Profitability, Inventory Intensity, Corporate Governance dan Capital Intensity Ratio Terhadap Manajemen Pajak (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018 ). Diponegoro J. Account. 9: 1–12.
Published
2022-12-23
How to Cite
BRILLYAN, Gita; FERDIANSYAH, Ferdiansyah. Pengaruh Capital Intencity, Corporate Social Responsibility dan Reputasi Auditor terhadap Manajemen Pajak. JURNAL ONLINE INSAN AKUNTAN, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 115-130, dec. 2022. ISSN 2528-0163. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JOIA/article/view/1859>. Date accessed: 08 sep. 2024. doi: https://doi.org/10.51211/joia.v7i2.1859.