Perputaran Persediaan Terhadap Likuiditas Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI

  • Roy Budiharjo
  • Suri Mahrani
  • Triyani Budyastuti

Abstract

Abstrak : Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh perputaran persediaan terhadap likuiditas pada perusahaan barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Untuk mengukur likuiditas perusahaan, peneliti menggunakan rasio lancar, rasio cepat dan rasio kas. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perputaran persediaan sebagai variabel independen dan likuiditas sebagai variabel dependen.
Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan yang manufaktur industri barang konsumsi makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, periode 2010-2014. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 15 perusahaan, metode penarikan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling (judgement sampling). Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis regresi sederhana.Uji statistik dilakukan dengan uji t dan analisis regresi linear, sebelum uji ini dilakukan terlebih dahulu uji asumsi klasik. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa perputaran persediaan berpengaruh dan signifikan terhadap likuiditas yang diukur dengan quick ratio pada perusahaan barang konsumsi yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Tetapi perputaran persediaan tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap likuiditas yang diukur dengan curent ratio dan cash ratio pada perusahaan barang konsumsi yang tercatat di Bursa Efek Indonesia.

Kata Kunci: Perputaran Persediaan, Rasio Lancar, Rasio Cepat, Rasio Kas, Likuiditas

Abstract : This research was conducted in order to determine the effect of inventory turnover to liquidity at consumer goods companies listed in Indonesia Stock Exchange (BEI). To measure the liquidity of companies, researchers used the current ratio, quick ratio and cash ratio. Variables used in this research are inventory turnover as the independent variable and liquidity as the dependent variable.The population of this research are companies that manufacture are consumer goods industry of food and beverages listed on the Indonesia Stock Exchange, 2010-2014. The sample in this study amounted to 15 companies, sampling method used is purposive sampling method (sampling judgment). Hypothesis testing is done with a simple regression analysis.The statistical test performed by t test and linear regression analysis, before this test is done first classical assumption test. Results from the study showed that the inventory turnover has effect and significant effect on liquidity as measured by the quick ratio at consumer goods companies listed on the Indonesia Stock Exchange. But the inventory turnover has no effect and no significant effect on liquidity as measured by the curent ratio and cash ratio at consumer goods companies listed on the Indonesia Stock Exchange.

Keywords: Inventory Turn Over, Current Ratio, Quick Ratio, Cash Ratio, Liquidity

References

Referensi


Alexandri B, Ismawati L. 2005. Manajemen Keuangan Teori dan Praktikum. Bandung: Universitas Komputer Indonesia.
Erlina, Mulyani S. 2007. Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. Edisi Pertama, Medan: USU Press.
IAI. 2007. Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.
Indrajit, Richardus E, Djokopranoto R. 2003. Manajemen Persediaan, Edisi Pertama. Jakarta: Grasindo,
Horne JCV. 2005. Prinsip-prinsip Manajemen Keuangan, Edisi kesebelas. Jakarta: Salemba Empat.
Husein U. 2003. Metode Riset Akuntansi Terapan. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Jogiyanto. 2004. Metodologi Penelitian Bisnis, Edisi Pertama, Yogyakarta: BPFE,
Kashmir. 2011. Analisis Laporan Keuangan,Edisi Pertama. Jakarta:.Rajagrafindo Persada.
Riyanto B. 2001. Dasar-Dasar Perbelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE
Warren CS, Reeve JM, Fees PE. 2005. Pengantar Akuntansi. Edisi Kedua Puluh Satu. Alih Bahasa oleh Farahmita A, Amanugrahani, Hendrawan T. Jakarta: Salemba Empat.
Published
2016-12-01
How to Cite
BUDIHARJO, Roy; MAHRANI, Suri; BUDYASTUTI, Triyani. Perputaran Persediaan Terhadap Likuiditas Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI. JURNAL ONLINE INSAN AKUNTAN, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 261-277, dec. 2016. ISSN 2528-0163. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JOIA/article/view/197>. Date accessed: 08 sep. 2024.