Pengaruh Uang Kas Bebas, Profitabilitas, Likuiditas dan Hutang Usaha Terhadap Kebijakan Deviden pada Saham Sektor Properti

  • Rishi Septa Saputra

Abstract

Abstrak: Pertumbuhan ekonomi yang didorong oleh sektor konsumsi menjadikan Indonesia menarik dimata investor, baik yang berasal dari dalam negeri Indonesia, maupun yang berasal dari dunia internasional. Motif investor melakukan investasi didorong oleh keinginan untuk mendapat selisih jual-beli (capital gain) dan deviden. Kondisi politik yang kondusif dan potensi pasar yang besar, menjadikan Indonesia memiliki daya tarik maksimal bagi dunia investor, banyak investor yang memiliki harapan jangka panjang terhadap Indonesia, mereka melakukan investasi pada semua sektor, keuangan, produksi, distribusi, infrastruktur dan properti. Sektor properti pada sat kondisi ekonomi bagus, memberikan potensi laba yang maksimal dan investasi dipasar modal, khususnya sektor properti memperlihatkan pertumbuhan maksimal, baik secara nilai kapitalisasi pasar, nilai perusahaan dan nilai dividen yang dibagikan ke pemegang saham.

Kata kunci: free cash income, leverage, dividend.

Abstract: Economic growth in in Indonesia support by consumption sector it will interact by local and international investor. Their motif to get capital gain and dividend. Politics condition in control and Indonesia have a huge market is make Indonesia more interactive to international investor, in long view investment, their hope a lot from Indonesia, they invest in finance, production, distribution, infrastructure and property. Property sector gave a maximum profit in great economical condition.
Keywords: free cash income, leverage, dividend

References

Referensi
Ang R. 1997. Buku Pintar Pasar Modal Indonesia. Jakarta. Mediasoft Indonesia.

Endang & Minaya. 2003. Pengaruh Insider Ownership, Dispersi of Ownership, Free Cash Flow, Collaterizable Assets dan Tingkat Pertumbuhan terhadap Kebijakan Dividen. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol, 14, No.21.

Farid H. dan Siswanto S.1998. Perangkat dan Teknik Analisis Investasi di Pasar Modal Indonesia. edisi pertama. PT Bursa Efek Jakarta. Jakarta.

Hermi. 2004. Hubungan Laba Bersih dan Arus Kas Operasi terhadap Dividen Kas pada Perusahaan Perdagangan Besar Barang Produksi di BEJ pada periode 1999-2002. Media Riset Akuntansi, Auditing dan Informasi Vol.4 No.3. Universitas Trisakti. Jakarta.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2009. PSAK No.2 (R2009) Laporan Arus Kas -Exposure Draft. Jakarta : Dewan Standar Akuntansi Keuangan.

Suad H. (1994). Dasar-dasar Teori Portfolio. Edisi kedua. Unit Penerbitan dan Percetakan AMP YKPN, Jogyakarta.

Suharli, M. 2007. Pengaruh Profitabilitas dan Investment Opportunity Set terhadap kebijakan Dividen Tunai dengan Likuiditas sebagai Variabel Penguat. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Vol. 9, No.1, halaman 9-17.

Undang-undang No.8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal.

Weygandt, J. J., Kimmel, Paul D., Kieso, Donal E. 2013. Financial Accounting. IFRS Edition. John Wiley & Son, Inc.

Yunita,. N.S. 2008. Pengaruh Aliran Kas Bebas, Profitabilitas dan Utang terhadap Dividen Payout Ratio. Skripsi. Jurusan Akuntansi. Universitas Brawijaya.Malang.
Published
2016-12-01
How to Cite
SAPUTRA, Rishi Septa. Pengaruh Uang Kas Bebas, Profitabilitas, Likuiditas dan Hutang Usaha Terhadap Kebijakan Deviden pada Saham Sektor Properti. JURNAL ONLINE INSAN AKUNTAN, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 359-370, dec. 2016. ISSN 2528-0163. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JOIA/article/view/202>. Date accessed: 08 sep. 2024.