Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Berbasis Game 2D Menggunakan Metode Systems Development Life Cycle

  • Melawati Melawati STMIK IKMI Cirebon
  • Arif Nur Hakim STMIK IKMI
  • Ade Irma Purnamasari STMIK IKMI Cirebon
  • Odi Nurdiawan STMIK IKMI Cirebon
  • Saeful Anwar STMIK IKMI Cirebon

Abstract

Di zaman yang serba modern ini game telah berkembang pesat bahkan telah mencandui orang yang memakainya. Banyak anak-anak yang masih menempuh pendidikan sekolah dasar yang lebih suka bermain game dari pada belajar, sehingga dibutuhkan keseimbangan agar mereka tidak hanya menghabiskan waktu nya untuk bermain game, namun sambil bermain game mereka juga sambil belajar. Apalagi tidak sedikit anak-anak yang masih menempuh pendidikan sekolah dasar yang kurang memahami mata pelajaran IPA pokok bahasan Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya. Game Edukasi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, khususnya anak-anak yang masih menempuh pendidikan sekolah dasaryang mengalami kesulitan dalam metode belajar yang di ajarkan di sekolah nya.Penelitian ini menggunakan metode SDLC (Systems Development Life Cycle), metode ini merupakan siklus yang digunakan dalam pembuatan atau pengembangan sistem informasi yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah secara efektif. Metode ini juga memiliki fungsi memberikan gambaran input dan output yang jelas dari satu tahap menuju tahap selanjutnya. Nilai dari inner model ini sudah valid dan signifikan. Metode kuantitatif memiliki hasil yang di peroleh dari nilai R Square, F Square, Model Fit, dan seterusnya > 0,7. Pengujian hipotesis dengan variabel X1,X2,X3 dan Y. Dengan hasil pengujian tersebut terdapat pengeruh dengan melihat nilai T Statistics atau dengan melihat uji parsial bahwa terdapat korelasi antara Subjective Norm (X2) terhadap Behaviour (Y) sehingga menghasilkan pengaruh yang kuat sebesar 0,000 < 0,05.

Author Biographies

Melawati Melawati, STMIK IKMI Cirebon
Sistem Informasi
Ade Irma Purnamasari, STMIK IKMI Cirebon
Teknik Informatika
Odi Nurdiawan, STMIK IKMI Cirebon
Manajemen Informatika
Saeful Anwar, STMIK IKMI Cirebon
Teknik Informatika

References

[1] A. Husain, A. H. A. Prastian, and A. Ramadhan, “Perancangan Sistem Absensi Online Menggunakan Android Guna Mempercepat Proses Kehadiran Karyawan Pada PT. Sintech Berkah Abadi,” Technomedia J., vol. 2, no. 1, pp. 105–116, 2017, doi: 10.33050/tmj.v2i1.319.
[2] N. Urwatun, “Pemanfaatan Barang Bekas sebagai Bahan Ajar (APE) untuk Meningkatkan Kreatifitas Siswa pada Mata Pelajaran IPA Materi Pengelompokan Hewan Berdasarkan …,” Univ. Muhammadiyah Sidoarjo, 2018, [Online]. Available: http://eprints.umsida.ac.id/1433/.
[3] W. C. S. Sulthoni and S. Ulfa, “Pengembangan Multimedia Game Edukasi Ipa Lapisan Bumi Untuk MTS,” J. Kaji. Teknol. …, vol. 2, no. 1, pp. 30–36, 2019, [Online]. Available: http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/7371.
[4] U. N. Pratama and H. Haryanto, “Pengembangan game edukasi berbasis android tentang domain teknologi pendidikan,” J. Inov. Teknol. Pendidik., vol. 4, no. 2, pp. 167–184, 2018, doi: 10.21831/jitp.v4i2.12827.
[5] S. R. Adita, “ARTIKEL PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP PENGGOLONGAN HEWAN UNTUK MATERI MENGELOMPOKKAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA PADA SISWA KELAS IV SDN GAYAM 3 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2018 / 2019 Oleh : Dibimbing oleh : PROGRAM STUDI FAKULTAS UNIVERSITA,” pp. 0–10, 2019.
[6] Anggara prabawa, “Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri,” vol. 02, no. 01, pp. 0–6, 2017.
[7] E. Siregar and D. Anyangsen, “Aplikasi Game Edukasi Belajar Menghafal Huruf dan Angka Berbasis Android dengan Metode Prototype,” J. Inov. Inform., vol. IV, no. 2, pp. 2686–1615, 2020, [Online]. Available: http://jurnalpradita.com/index.php/jii/article/view/93.
[8] D. Darmawan, “Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Materi Macam-Macam Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Melalui Model Kolaboratif Dan Media Puzzle Pada Siswa Kelas Iii Mi Ma’Had Islam Kopeng Kec. Getasan Kab. Semarang Tahun Ajaran 2019/2020 Skripsi,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2019.
[9] M. Yahya, Muhamad Sdali, “Tingkat Ketepatan Hasil Perhitungan Integrasi Numerik Menggunakan Bahasa Pemrograman C# Pada Metode Reimann dan Trapesium,” vol. 2, no. 1, pp. 573–574, 2019.
[10] Sudarwanto, A. Budianto, Yoannita, and Yohannes, “Rancang Bangun Aplikasi Edugame Selamatkan Hutan Indonesia Berbasis Unity 3D,” STMIK GI MDP Palembang, pp. 1–11, 2015.
[11] W. Nugraha, M. Syarif, and W. S. Dharmawan, “Penerapan Metode Sdlc Waterfall Dalam Sistem Informasi Inventori Barang Berbasis Desktop,” JUSIM (Jurnal Sist. Inf. Musirawas), vol. 3, no. 1, pp. 22–28, 2018, doi: 10.32767/jusim.v3i1.246.
Published
2022-03-23
How to Cite
MELAWATI, Melawati et al. Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Berbasis Game 2D Menggunakan Metode Systems Development Life Cycle. INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information Management, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 91-100, mar. 2022. ISSN 2548-3331. Available at: <https://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/IMBI/article/view/1681>. Date accessed: 26 may 2022. doi: https://doi.org/10.51211/imbi.v6i1.1681.