Metode Analytical Hierarchy Process Pada Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Program Jaminan Sosial

  • Santoso Setiawan

Abstract

Abstrak: Jaminan sosial dapat menjadi piranti keadilan dan kesejahteraan sosial yang menjamin kehidupan stabil dalam situasi sosial ekonomi dewasa ini. Jaminan sosial dapat mendukung masyarakat menghadapi kesulitan dan ketidakpastian yang tidak dapat dipecahkan secara sendiri-sendiri secara efisien. Dalam hal ini menjadi sangat penting jika sistem negara kesejahteraan yang memayungi usaha-usaha kesejahteraan sosial juga menjadi landasan ideologis konsep jaminan sosial. Saat ini terdapat beberapa jenis jaminan sosial yang telah disalurkan ke masyarakat. Namun di beberapa daerah, jaminan sosial tersebut dirasa kurang tepat sasaran dan kurang sesuai manfaatnya untuk situasi saat itu. Oleh karena itu, diperlukan suatu sistem pendukung keputusan yang tepat agar jaminan sosial yang akan dibagikan diperkirakan akan tepat guna dan tepat sasaran. Analitical Hierarchy Process adalah suatu metode pendukung pengambilan keputusan yang sangat sesuai untuk membantu menyelesaikan masalah tersebut. Metode Analitical Hierarchy Process menggunakan beberapa kriteria dan alternatif yang disesuaikan dengan keadaan dan kondisi saat itu. Kriteria dan alternatif ini dapat di modifikasi untuk keadaan di masa yang akan datang yang berbeda dengan saat ini, sehingga keputusan yang diambil dari metode Analitical Hierarchy Process tersebut dirasa akan sangat sesuai dalam mewakili situasi dan kondisi di berbagai waktu, yang pada akhirnya pendistribusian jaminan sosial ini pun diharapkan akan dapat tepat guna dan tepat sasaran.
Kata Kunci : analitical hierarchy process, jaminan sosial,sistem pendukung keputusan

Abstract: Social security can be a tool of justice and social welfare which ensures a stable life in today's socio-economic situation. Social security can support people facing difficulties and uncertainties that can not be solved individually efficiently. In this case becomes very important if the overarching system of welfare state social welfare efforts also became the ideological cornerstone of the concept of social security. Currently there are several types of social security which has been distributed to the public. However, in some areas, the social security is less targeted and less appropriate for the benefit of the situation. Therefore, we need a proper decision support system that social security is expected to be distributed to appropriate and well targeted. Analytical Hierarchy Process is a method of decision support that is well suited to help resolve the problem. Analytical Hierarchy Process method using multiple criteria and alternatives that are tailored to the circumstances and conditions at that time. Criteria and alternatives can be modified to state in the future that is different from the current, so the decision was taken from analitical hierarchy process method is considered to be very appropriate in the circumstances representing at various times, and ultimately the distribution of social security also expected to be appropriate and well targeted.
Keywords: analytical hierarchy process, decision support system, social security

References

Referensi
Arikunto S. 2010. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta.
Mariam I, Wartiningsih E, Setyawan H dan Sinaga O. 2010. Model Penanggulangan Kemiskinan Melalui Pendidikan Masyarakat Miskin Kota Yang Bersperspektif HAM di Jabodetabek. Jakarta: Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis III: 2-16.
Moleong LJ. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Saaty TL. 2008. Decision Making With The Analytic Hierarchy Process. Int. J. Services Sciences 1(1): 83-98.
Tominanto. 2012. Sistem Pendukung Keputusan Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Untuk Penentuan Prestasi Kinerja Dokter Pada Rsud. Sukoharjo. Infokes, 2(1): 1-15.
Published
2016-12-01
How to Cite
SETIAWAN, Santoso. Metode Analytical Hierarchy Process Pada Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Program Jaminan Sosial. INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information Management, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 32-41, dec. 2016. ISSN 2548-3331. Available at: <https://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/IMBI/article/view/174>. Date accessed: 08 may 2024.