Sistem Digital Experience Sebagai Media Marketing Offline Pada Toko Retail Fashion

  • Muhamad Baydhowi Sistem Informasi; Universitas Bina Insani

Abstract

Abstrak: Tren  bisnis online meningkat  dengan  pesat,  ini  disebabkan  karena  banyaknya kemudahan  yang  didapat    dengan  melakukan  usaha  menggunakan  bisnis online,  Sehingga banyak  orang  awan  ataupun  pelaku  usaha    melirik  atau  mempunyai  niat  untuk  membangun bisnis online. Langkah  awal  untuk membangun  sebuah  bisnis online adalah  mempunyai  toko online terlebih  dahulu,  salah-satu  pilihan  yang  banyak  digunakan  oleh  mereka  yang  ingin membuat toko online adalah dengan menggunakan platforme-commerce [10]. Namun dalam industri retail peranan toko offline masih memegang peran yang cukup signifikan terutama dibidang retail fashion dikarenakan customer masih perlu melakukan interaksi secara langsung terhadap produk yang ingin dibeli untuk mengetahui kualitas produk tersebut. Dalam meningkatkan penjualan produk berbagai cara marketing dilakukan baik itu marketing secara konvensional maupun non konvensional. Setiap perusahaan berlomba-lomba melakukan hal yang kreatif untuk proses marketingnya agar bisa menarik customer dan melakukan transaksi pembelian produk. Salah satunya adalah menerapkan marketing digital pada toko offline untuk memberikan pengalaman yang berbeda kepada customer. Melalui langkah tersebut diharapkan menjadi daya tarik tersendiri terhadap toko offline yang terkesan konvensional menjadi lebih modern, contohnya adalah pembuatan sistem Digital Experience yang ditampilan pada LCD screen di toko offline sehingga bisa memberikan interaksi tersendiri kepada customer yang mengunjungi toko offline. Tujuan dari penelitian ini berdasarkan permasalahan tersebut adalah untuk merancang sebuah sistem Digital Experience yang dapat mengatasi permasalahan yang dihadapi dalam menambah alternatif marketing yang bisa digunakan pada toko offline. Dalam penelitian ini metode pengembangan sistem pada sistem infromasi yang akan dibangun peneliti menggunakan model waterfall dan bahasa pemrograman php dan reactjs.
 
Kata kunci: Marketing, Digital Experience, Produk, Offline, Customer
 
Abstract: Online business trends are increasing rapidly, this is due to the many conveniences obtained by doing business using an online business, so that many cloud people or business people glance at or have the intention to build an online business. The first step to building an online business is to have an online store first, one option that is widely used by those who want to create an online store is to use an e-commerce platform [10]. However, in the retail industry the role of offline stores still plays a significant role, especially in the retail fashion sector, because customers still need to interact directly with the products they want to buy to find out the quality of these products. In increasing product sales, various marketing methods are used, both conventional and non-conventional marketing. Each company is competing to do creative things in the marketing process in order to attract customers and make product purchase transactions. One of them is implementing digital marketing in offline stores to provide a different experience to customers. Through this step, it is hoped that it will become a special attraction for offline stores that seem conventional to become more modern, for example, is the creation of a Digital Experience system that is displayed on the LCD screen in offline stores so that it can provide separate interactions to customers who visit offline stores. The purpose of this study based on these problems is to design a Digital Experience system that can overcome the problems faced in adding marketing alternatives that can be used in offline stores. In this study, the system development method for the information system that the researcher will build uses the waterfall model and the PHP and ReactJs programming languages.
 
Keywords: Marketing, Digital Experience, Product, Offline, Customer

References

S. Aswati, M. S. Ramadhan, A. U. Firmansyah, dan K. Anwar, “Studi Analisis Model Rapid Application Development Dalam Pengembangan Sistem Informasi,” Jurnal Matrik, vol. 16, no. 2, hal. 20–27, 2017.
[2] W. Apriliah, “Metode Waterfall Pada Sistem Informasi Penjualan Truliving PT Duta Laserindo Metal Cikarang,” Information System For Educators And Profesionals., vol. 3, no. 2, hal. 153–162, 2019.
[3] S. Alfarizi, A. R. Mulyawan, dan H. Basri, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Dengan Pemanfaatan Uml ( Unified Modelling Language ) Pada Cv Harum Catering Karawang,” Indonesian Journal On Networking And Security, vol. 7, no. 4, hal. 27–31, 2018.
[4] I. Sholikhah, M. Sairan, dan N. O. Syamsiah, “Aplikasi Pembelian Dan Penjualan Barang Dagang Pada Cv Gemilang Muliatama Cikarang,” Jurnal Teknik Komputer Amik BSI, vol. Volume (II, no. no1, hal. 16–23, 2017.
[5] H. Adewijaya dan S. Rofiah, “Sistem Informasi Penjualan Obat Berbasis Website Pada PT Kallista Prima Bekasi,” Informatics For Educators And Profesionals, vol. 4, no. 1, hal. 53–62, 2019.
[6] W. Apriliah, R. Ningsih, N. Ariyanti, dan T. Haryati, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penerimaan Dan Pengeluaran Kas Pada PT. Rhadogel Gums Internasional Bekasi,” Jurnal INKOFAR, vol. Volume (1), no. 2, hal. 29–39, 2018.
[7] V. S. Rahmadani, I. K. Raharjana, dan T. Taufik, “Penerapan Reverse Engineering Dalam Penentuan Pola Interaksi Sequence Diagram Pada Sampel Aplikasi Android,” Journal Of Information Sysems Engineering And Business Intelligence, vol. 1, no. 1, hal. 25, 2015.
[8] Haviluddin, A. T. Haryono, dan D. Rahmawati, Aplikasi program php dan Mysql, vol. 53, no. 9. Samarinda: Mulawarman University Press, 2016.
[9] T. Hidayat dan M. Muttaqin, “Pengujian Sistem Informasi Pendaftaran dan Pembayaran Wisuda Online menggunakan Black Box Testing dengan Metode Equivalence Partitioning dan Boundary Value Analysis,” Jurnal Teknik Informatika. UNIS JUTIS, vol. 6, no. 1, hal. 2252–5351, 2018.
[10] Hartini S. 2020. Metode Analytical Hiearchy Process Pada Pemilihan Platform Website E-Commerce Terbaik Untuk Membangun Toko Online. Information System for Educators and Professionals. 4 (2): 134 – 143.
Published
2020-12-21
How to Cite
BAYDHOWI, Muhamad. Sistem Digital Experience Sebagai Media Marketing Offline Pada Toko Retail Fashion. INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information System, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 81 - 90, dec. 2020. ISSN 2548-3587. Available at: <https://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/ISBI/article/view/1423>. Date accessed: 24 july 2021.