Kemudahan Dan Kegunaan Layanan E-Wallet Berdasarkan Model TAM Dan IPA

IN

  • Kudiantoro Widianto Universitas Bina Sarana Informatika
  • Tyas Setiyorini Teknik Informatika; STMIK Nusa Mandiri Jakarta
  • Angga Subrata Sistem Informatika; STMIK Nusa Mandiri Jakarta

Abstract

Abstrak: Dengan adanyan perkembangan teknologi informasi masa sekarang yang memaksakan semua lapisan masyarakat mengikutinya diantaranya pengguna dompet digital atau dalam istilah sekarang disebut e-wallet. E-wallet adalah salah satu jenis pembayaran elektronik. Di Indonesia, ada begitu banyak produk e-wallet, yang dikeluarkan oleh bank dan sektor swasta dalam bentuk suatu aplikasi. Suatu apalikasi diterima oleh masyarakat dapat dilihat dari sisi kegunaan dan kemudahannya. Pengujian kegunaan dan kemudahan aplikasi dapat dilakukan dengan menggunakannya pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) dan Importance Performance Analysis (IPA) dengan menggunakan kuesioner yang sebarkan kepada sample yang sudah ditentukan terlebih dahulu. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui dan mengukur sejauh mana kegunaan dan kemudahan layanan e-wallet GoPay sampai saat dilakukannya penelitian ini. Hasil pengujian pada uji validitas semua instrumen penelitian menyatakan rhitung lebih besar dari nilai rtabel maka dapat disimpulkan bahwa penelitian ini dapat dilanjutkan. Dimana nilai rtabel didapat dari : pengujian validitas terlebih dahulu ditentukan taraf nyata (α) yaitu 5% atau 0,05 dan statistik uji yang digunakan adalah (rho-Spearman), Nilai kritis = nilai tabel dimana n = 93. rtabel = rα;(n-2) =  r0,05;(91) = 0,206. Berdasarkan hasil penelitan bahwa secara umum pengguna kualitas e-wallet GoPay belum merasa puas terhadap kualitas aplikasi yang ada saat ini, dapat dilihat bahwa nilai pada kolom tersebut dominan bernilai negative (seperti Dengan E-wallet Go-Pay membantu meningkatkan produktivitas saya dengan skor kepuasan -0,1075, Secara umum E-wallet Go-Pay berguna untuk saya dengan skor kepuasan -0,0323).
Kata Kunci: Layanan E-Wallet, Model TAM, IPA
Abstract: With the development of today's information technology that forces all levels of society to follow it, including digital wallet users or in today's terms it is called e-wallet. E-wallet is a type of electronic payment. In Indonesia, there are so many e-wallet products, issued by banks and the private sector in the form of an application. An application that is accepted by the community can be seen in terms of its usefulness and convenience. Testing the usability and ease of application can be done by using the Technology Acceptance Model (TAM) and Importance Performance Analysis (IPA) approaches by using a questionnaire that is distributed to a predetermined sample. In this study, the researcher wanted to know and measure the usefulness and convenience of GoPay's e-wallet service until the time of this research. The test results on the validity of all research instruments state that rcount is greater than the value of rtable, so it can be concluded that this research can be continued. Where the rtable value is obtained from: the validity test is first determined by the significance level (α) which is 5% or 0.05 and the test statistic used is (rho-Spearman), critical value = table value where n = 93. rtable = rα;( n-2) = r0.05;(91) = 0.206. Based on research results that in general GoPay e-wallet quality users are not satisfied with the quality of the current application, it can be seen that the value in this column is dominantly negative (such as Go-Pay E-wallet helps increase my productivity with a satisfaction score of - 0.1075, In general Go-Pay E-wallet is useful for me with a satisfaction score of -0.0233).
Keywords: E-Wallet Service, TAM Model, IPA
 

References

Liputan6.com, “Daftar E-Wallet Terpopuler di Indonesia, Dana Raih Pengguna Aktif Terbanyak,” Liputan6.com, 2019. .

cnbcindonesia, “Daftar 10 Dompet Digital Terpopuler di RI, Siapa Jawaranya?,” https://www.cnbcindonesia.com/, 2019. .

Y. Huwaydi and S. F. Persada, “Analisis Deskriptif Pengguna Go-Pay di Surabaya,” J. Tek. ITS, vol. 7, no. 1, pp. 1–5, 2018.

L. T. H. Hutami and E. Septyarini, “Intensi Penggunaan Electronic Wallet Generasi Millenial Pada Tiga Startup ‘Unicorn’ Indonesia Berdasarkan Modifikasi Tam,” J. Manaj., vol. 8, no. 2, pp. 136–145, 2019.

B. O. Lubis, A. Salim, and Jefi, “EVALUASI USABILITY SISTEM APLIKASI MOBILE JKN MENGGUNAKAN USE QUESTIONNAIRE,” J. Saintekom, vol. 10, no. 1, pp. 65–76, 2020.

D. Napitupulu, A. F. Ariani, and J. A. Kadar, “Analisa Kualitas Website Intra Lipi Berbasis Pendekatan Webqual Dan Importance Performance Analysis : Studi Kasus Di Satker X,” 11th Annual Meeting on Testing and Quality 2016, vol. 11th, no. August. pp. 404–419, 2016.

I. Mahendra and N. Septiany, “Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Dalam Penggunaan Aplikasi Grab (Studi Kasus : Mahasiswa Stmik Nusa Mandiri Jakarta),” J. Ilmu Pengetah. Dan Teknol. Komput., vol. 4, no. 1, pp. 9–16, 2018.

D. B. Napitupulu, “Evaluasi Kualitas Website Universitas XYZ Dengan Pendekata Webqual [Evaluation of XYZ University Website Quality Based on Webqual Approach],” Bul. Pos dan Telekomun., vol. 14, no. 1, p. 51, 2016.
Published
2021-06-30
How to Cite
WIDIANTO, Kudiantoro; SETIYORINI, Tyas; SUBRATA, Angga. Kemudahan Dan Kegunaan Layanan E-Wallet Berdasarkan Model TAM Dan IPA. INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information System, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 111-120, june 2021. ISSN 2548-3587. Available at: <https://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/ISBI/article/view/1494>. Date accessed: 27 sep. 2021. doi: https://doi.org/10.51211/isbi.v5i2.1494.