Implementasi Aplikasi Mengenal Budaya Lokal Berbasis Android Menggunakan Metoda Sequential Searching

IN

  • Tio Prasetya Rekayasa Perangkat Lunak; STMIK IKMI
  • Raja Al-Fath Hidayat Rekayasa Perangkat Lunak; STMIK IKMI
  • Akhmad Roziq Teknik Informatika; STMIK IKMI Cirebon
  • Irfan Ali Rekayasa Perangkat Lunak; STMIK IKMI
  • Edi Wahyudin Komputerisasi Akuntansi; STMIK IKMI

Abstract

Abstrak: Penelitian ini didasarkan pada masyarakat Indramayu yang masih minim informasi tentang bahasa Krama. Padahal pengetahuan tentang Bahasa Krama sangatlah penting dalam sebuah percakapan maupun pembicaraan yang menggunakan Bahasa Krama. Minimnya referensi tentang kosa kata dalam bahasa Krama Saat ini yang masih setia menggunakan bahasa daerah terbatas usia lanjut. Hal ini dapat mengakibatkan punahnya bahasa daerah, sehingga perlu kerja keras untuk menyesuaikan setiap orang menggunakan bahasa daerah. Untuk mengatasi masalah tersebut maka perlu dilakukan perancangan sistem agar dapat memberikan pembelajaran tentang bahasa krama melalui platform android, sehingga mudah digunakan dan dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah pembelajaran berbasis Android yang mampu meningkatkan pengetahuan dan minat masyarakat dalam berbahasa lokal. Dalam penelitian ini mengunakan metode Research and Development (R&D). Karena hasil akhir dari penelitian ini akan menghasilkan suatu produk sistem informasi bahasa krama indramayu berbasis android menggunakan sequential searching. Harapan dari penelitian ini adalah memudahkan pengguna khususnya masyarakat Indramayu dapat meningkatkan pengetahuan dan minat masyarakat dalam berbahasa lokal
 
Kata kunci: Android, Bahasa Krama, Pengetahuan.
 
Abstract: This research is based on the Indramayu community, which lacks information about the Krama language. Even though knowledge of Krama is very important in a conversation or a conversation using Krama Language. Lack of references to vocabulary in Krama. Currently, people who are still loyal to use regional languages ​​are limited to the elderly. This can cause the extinction of regional languages, so it is necessary to make efforts for all people to get used to using regional languages. To overcome this problem, it is necessary to make a system design that is able to provide learning about Krama language through the Android platform so that it is easy to use and learn. This study aims to design an Android-based learning that can increase people's knowledge and interest in local languages. In this study using the Research and Development (R&D) method. Because the final result of this research will produce an android-based product of indramayu krama language information system using sequential searching. The hope of this research is that it makes it easier for users, especially the Indramayu community, to increase their knowledge and interest in local languages.
 
Keywords: Android, Krama language, Knowledge.

References

U. Sku, P. Man, and K. Cirebon, “RANCANG BANGUN GAME EDUKASI SYARAT KECAKAPAN,” vol. 9, no. 3, 2021.

Nurdin et al., “The Implementation of Backtracking Algorithm on Crossword Puzzle Games Based on Android,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1363, no. 1, 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1363/1/012075.

Martanto, S. Anwar, C. L. Rohmat, F. M. Basysyar, and Y. A. Wijaya, “Clustering of internet network usage using the K-Medoid method,” IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 1088, no. 1, p. 012036, 2021, doi: 10.1088/1757-899x/1088/1/012036.

C. Prabowo, L. Nul, H. Cep, L. Rohmat, and A. Rizki, “JURNAL DATA SCIENCE & INFORMATIKA ( JDSI ) Teknik Klasifikasi Pembayaran SPP Berdasarkan Tingkat Ketepatan Pembayaran,” vol. 1, no. 1, pp. 1–5, 2021.

T. Hartati, O. Nurdiawan, and E. Wiyandi, “Analisis Dan Penerapan Algoritma K-Means Dalam Strategi Promosi Kampus Akademi Maritim Suaka Bahari,” J. Sains Teknol. Transp. Marit., vol. 3, no. 1, pp. 1–7, 2021, doi: 10.51578/j.sitektransmar.v3i1.30.

L. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: PT Rosda Karya, 2013.

O. D. I. Nurdiawan and A. Pratama, “IMPLEMENTASI SISTEM KEHADIRAN BERBASIS RADIO FREQUENCY IDENTIFICATION,” vol. 2, no. 1, pp. 1–12, 2021.

O. Nurdiawan, D. A. Kurnia, D. Solihudin, T. Hartati, and T. Suprapti, “Comparison of the K-Nearest Neighbor algorithm and the decision tree on moisture classification Comparison of the K-Nearest Neighbor algorithm and the decision tree on moisture classification,” 2021, doi: 10.1088/1757-899X/1088/1/012031.

A. Faqih and A. Setiawan, “Ethnomathematics : Utilization of Crock , Ladle , and Chopping Board for Learning Material of Geometry at the Elementary School,” vol. 4, no. 1, pp. 46–55, 2021.

O. Nurdiawan, F. A. Pratama, D. A. Kurnia, Kaslani, and N. Rahaningsih, “Optimization of Traveling Salesman Problem on Scheduling Tour Packages using Genetic Algorithms,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1477, no. 5, pp. 0–6, 2020, doi: 10.1088/1742-6596/1477/5/052037.

O. Nurdiawan, “Metode Profile Matching Dalam Penilaian Kinerja,” J. Digit Vol. 8, No.2 Nov 2018, pp.136~148, vol. 8, no. 2, pp. 136–148, 2018.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2017.

I. M. Rawung, “Rancang Bangun Aplikasi Kamus Percakapan Bahasa Arab - Indonesia,” no. 4, 2018.
Published
2021-06-30
How to Cite
PRASETYA, Tio et al. Implementasi Aplikasi Mengenal Budaya Lokal Berbasis Android Menggunakan Metoda Sequential Searching. INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information System, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 161-170, june 2021. ISSN 2548-3587. Available at: <https://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/ISBI/article/view/1520>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.51211/isbi.v5i2.1520.