Sistem Informasi Pelayanan Jasa Service Pada Bengkel Cipta Prima Motor Cibitung

Abstract

Abstrak: Dalam Penelitian ini membahas tentang pembuatan Sistem Informasi Pelayanan Jasa Service Pada Bengkel Cipta Prima Motor Cibitung. Saat ini proses pencatatan transaksi yang ada di Bengkel Cipta Prima Motor masih menggunakan sistem manual dalam pengolahan data transaksi pelanggan. Hal ini menimbulkan penyajian data tidak berjalan dengan baik, Terdapat kesalahan penulisan keluhan pelanggan dan kekeliruan dalam penghitungan biaya servis yang menyebabkan kerugian. Dalam penelitian ini penulis ingin membangun sebuah sistem informasi untuk membantu kasir dalam melayani pelanggan saat service kendaraan. Metode pengembangan dan penelitian ini adalah SDLC dengan model waterfall dan disertai dengan analisis SWOT serta analisa kelayakan TELOS. Hasil dari perancangan ini diharapkan dapat dibangun sistem informasi pelayanan jasa service yang mampu melayani pelanggan dengan cepat dan akurat.
 
Kata kunci: Service, Sistem Informasi, Waterfall
 
Abstract: In this study discusses about the manufacture of Service Information Systems Service Service in Bengkel Cipta Prima Motor Cibitung. Currently the process of recording transactions in Bengkel Cipta Prima Motor still use manual system in customer transaction data processing. This results in the data presentation not working properly, there is a customer misconduct error and a mistake in calculating the service charge causing the loss. In this study the authors want to build an information system to help the cashier in serving customers when service vehicles. The method of development and research is SDLC with waterfall model and is accompanied by SWOT analysis and TELOS Feasibility analysis. The results of this design is expected to be built information service system service services capable of serving customers quickly and accurately.
 
Keywords: Information System, Service, Waterfall

Author Biographies

Aera Santiana, Sistem Informasi; STMIK Bina Insani
Sistem Informasi; STMIK Bina Insani
Herlawati Herlawati, Sistem Informasi; STMIK Bina Insani
Sistem Informasi; STMIK Bina Insani

References


Andisana IPGS, Karma IGM, Smrti NYE, Romdoni MR, Winarni A, Mardika IK. 2014. Pembuatan Software Sistem Administrasi Perbengkelam Sepeda Motor Di Bali. ISSN 1410 – 5675. Diambil dari : https://goo.gl/nZAKyd (Diakses: 24 Juli 2017).

Arifin, Purnama EP, Sukadi. 2017. Pembangunan Sistem Informasi Pembayaran Jasa Pada Percetakan Alphakom Pacitan. ISSN 1979-9330 (Print) - 2088-0154 (Online). Diambil dari: https://goo.gl/2jNdxv (Diakses:1 Agustus 2017).

Daryanto. 2017. Perawatan Sepeda Motor. Yogyakarta. Gava Media.

Hidayatullah P. 2015. Visual Basic .NET. Bandung: Informatika Bandung.

Handayanto RT, Herlawati. 2016. Pemrograman Basis Data di Matlab dengan MySQL dan Microsoft Access. Bandung: Informatika.

Madcoms. 2010. Mahir Dalam 7 Hari: Microsoft Visual Basic 6.0 + Crystal Report 2008. Yogyakarta: ANDI.

Prasetya H, Lukiastuti F. 2009. Manajemen Operasi. Yogyakarta: Media Pressindo.

Pratama IPAE. 2014. Sistem Informasi Dan Implementasinya. Bandung: Informatika Bandung.

Rohman A, Herlawati. 2017. Sistem Informasi Praktek Kerja Industri Pada SMK Taruna Bangsa Bekasi. Bina Insani ICT Journal. 4(2): 197 - 208.

Subagia A. 2017. Membangun Aplikasi Dengan Codeigniter dan database SQL Server. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sukmana F, Sukadi. 2014. Sistem Informasi Pengolahan Data Barang Dan Service Komputer Pada Toko Sinar Terang Komputer Pacitan. ISSN 2302-5700. Diambil dari: http://bit.ly/2glYoQg (Diakses: 02 Agustus 2017).

Welim YY, Wisjhnuadji TW, Rasip F. 2015. Pengembangan Sistem Informasi Kendaraan Pada Bengkel KFMP. ISSN: 2252-4983 (Print) – 2549-3108 (Online). Diambil Dari: http://bit.ly/2g31P1a (Diakses: 29 September 2017).

Widodo PP, Herlawati. 2011. Menggunakan UML. Bandung: Informatika Bandung.

Published
2018-06-01
How to Cite
SANTIANA, Aera; HERLAWATI, Herlawati. Sistem Informasi Pelayanan Jasa Service Pada Bengkel Cipta Prima Motor Cibitung. INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information System, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 201 – 214, june 2018. ISSN 2548-3587. Available at: <https://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/ISBI/article/view/945>. Date accessed: 26 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>