Pengembangan Sistem Informasi Pembayaran SPP Berbasis Website dengan Metode Pembayaran E-payment di SMA PGRI Rancaekek

  • Utami Aryanti Universitas Ma'soem
  • Dwi Atmoko Universitas Ma'soem
  • Sandhi Ariandhito Universitas Ma'soem

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang pesat mendorong penggunaan sistem informasi  untuk meningkatkan kinerja dan menciptakan suatu keunggulan kompetitif instansi pendidikan baik pendidikan dasar, menengah, atas dan tinggi. Di instansi pendidikan teknologi informasi dapat digunakan dalam proses pembelajaran maupun manajemen operasional. Pemanfaatan teknologi informasi dalam proses manajemen operasional sekolah salah satunya adalah pada proses administrasi pembayaran SPP. Proses administrasi pembayaran SPP di SMA PGRI Rancaekek masih dilakukan secara manual. yang ditulis dalam buku pembayaran SPP. Hal ini dapat menimbulkan beberapa permasalahan seperti rentan terhadap kehilangan serta kerusakan data, kesulitan dalam pencarian data, membutuhkan waktu yang lama dalam rekapitulasi data, inkonsistensi dan duplikasi data yang berkaitan dengan pelaporan keuangan perbulan, pelaporan pembayaran SPP dan pelaporan tunggakan pembayaran SPP yang dilaporkan ke kepala sekolah dan komite sekolah. Dibutuhkan suatu sistem informasi untuk mengelola data transaksi pembayaran SPP di SMA PGRI Rancaekek yang berbasis website dengan metode pembayaran e-payment sebagai salah satu layanan untuk mempermudah pembayaran SPP agar dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Pembangunan sistem informasi pembayaran SPP ini diharapkan  mampu menunjang kegiatan manajemen operasional pengelolaan pencatatan dan pembayaran SPP dan pelaporan keuangan agar dapat diproses dengan cepat dan tepat.

References

[1] H. Simanjuntak, “Bakti Peran Teknologi Informasi dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar di Sekolah Dasar,” 2020.
[2] S. Ari Ayi, “PENGARUH MANAJEMEN OPERASIONAL SEKOLAH, DAN SUPERVISI TERHADAP KOMPETENSI GURU SMA NEGERI DI KOTA CIMAHI,” Universitas Pendidikan Indonesia, 2009.
[3] N. Fatah, Manajemen Berbasis Sekolah. PT. Remaja Rosdakarya, 2000.
[4] K. D. Turban, E., Electronic Commerse 2012:Managerial and Social Networks Perspectives, 7th Ed. Pearson Education Limited New Jersey.
[5] R. S. Pressman, Software engineering: a practitioner’s approach. Palgrave Macmillan. 2005.
[6] C. LARMAN, Applying UML and Patterns, 3rd Edition. NJ: Prentice Hall, 2005.
[7] Sutejo, “Pemodelan UML Sistem Informasi Geografis Pasar Tradisional Kota Pekanbaru,” Digit. Zo. J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 7, no. 3, pp. 89–99, 2016.
[8] & D. J. B. C., Object-Oriented Systems Development. D. Jill. McGraw-Hill, 2001.
[9] D. W. T. Putra and R. Andriani, “Unified modelling language (uml) dalam perancangan sistem informasi permohonan pembayaran restitusi sppd,” J. Teknoif Tek. Inform. Inst. Teknol. Padang, vol. 7, no. 1, pp. 32–39, 2019.
[10] I. A. Ernawati S, “Perancangan User Interface dan User Experience Aplikasi Medical Tourism Indonesia Berbasis Mobile Menggunakan Metode User Centered Design (UCD)(Studi Kasus: PT Cipta Wisata Medika),” J. Emerg. Inf. Syst. Bus. Intell., 2022.
Published
2023-06-15
How to Cite
ARYANTI, Utami; ATMOKO, Dwi; ARIANDHITO, Sandhi. Pengembangan Sistem Informasi Pembayaran SPP Berbasis Website dengan Metode Pembayaran E-payment di SMA PGRI Rancaekek. INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONAL : Journal of Informatics, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 196 - 205, june 2023. ISSN 2548-3412. Available at: <https://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/ITBI/article/view/2291>. Date accessed: 06 july 2024. doi: https://doi.org/10.51211/itbi.v8i1.2291.