Animasi Interaktif Pengenalan Interval Nada Melalui Lagu-Lagu Nasional Pada SDN Pengasinan 8 Bekasi

  • Dinda Mutiara Hanum Sistem Informasi; STMIK Bina Insani
  • Herlawati Herlawati Sistem Informasi; STMIK Bina Insani

Abstract

Abstrak: Di era globalisai ini perkembangan teknologi semakin canggih untuk membantu manusia dalam kehidupannya tidak terkecuali dengan dunia pendidikan. Pesatnya perkembangan teknologi berkembang pesat pula modernisasi yang ada di Indonesia. Modernisasi bukan hanya menyentuh pada ranah kehidupan bermasyarakat namun pada pembelajaran bagi murid Indonesia. Pembelajaran yang dilakukan di sekolah hanya dilakukan dengan praktek langsung atau konvensional padahal dengan adanya modernisasi dalam pembelajaran seharusnya murid sudah menggunakan alat yang telah modern dalam mempelajari pelajaran. Dalam pembelajaran pengenalan interval nada murid di sekolah menggunakan pianika namun tidak semua murid memiliki alat tersebut. Dalam mempelajari interval nada para murid mempelajari lagu “Mariam Tomong†dan lagu-lagu nasional Indonesia lainnya. Dalam modernisasi ini pula lagu-lagu yang mendominasi di Indonesia bukanlah lagu yang baik untuk diperdengarkan kepada anak-anak melainkan lagu-lagu pop yang mengandung unsur dewasa. Dalam pembelajaran materi lagu nasional banyak peserta didik yang tidak hafal lagu nasional dan tidak mengerti makna dibalik lagu nasional tersebut. Oleh karena itu dibutuhkan animasi interaktif pengenalan lagu-lagu nasional pada SDN 8 Pengasinan Bekasi yang dalam pembuatannya menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) untuk menarik perhatian peserta didik dalam mengenal dan mempelajari lagu-lagu nasional dengan desain animasi yang menarik
 
Kata kunci: Animasi Interaktif, Interval Nada, Lagu-Lagu Nasional, Multimedia, MDLC
 
Abstract: In this globalization era, the development of increasingly sophisticated technology to help humans in their lives is no exception with the world of education. The rapid development of technology is also growing rapidly modernization in Indonesia. Modernization not only touches on the realm of social life but also on learning for Indonesian students. Learning done in schools is only done by direct or conventional practice even though with modernization in learning students should have used tools that have been modern in learning lessons. In the introduction of student tone intervals in school use pianika but not all students have the tool. In studying the tone intervals students learn the songs "Mariam Tomong" and other Indonesian national songs. In this modernization also the songs that dominate in Indonesia are not good songs to be played to children but pop songs containing adult elements. In learning national song material, many students do not memorize national songs and do not understand the meaning behind the national song. Therefore an interactive animation of the introduction of national songs is needed at Bekasi Pengasinan SDN 8 in the making using the MDLC (Multimedia Development Life Cycle) method to attract the attention of students in knowing and learning national songs with interesting animated designs.
 
Keywords: Multimedia, Interactive Animation, National Songs, Tone Interval, MDLC

References

Fajariansyah A, Herlawati. 2018. Animasi Interaktif Pembelajaran Kalimat Sederhana Dalam Bahasa Inggris Bagi Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 47 Bekasi. 02(02):207-220.

Fajrianto O, Hanafri MI, Achmad F. 2014. Aplikasi Lagu Lagu Wajib Menggunakan Simulasi Gitar Berbasis Animasi 2D Dengan Adobe Flash CS5. ISSN: 2088–1762. 04(02): 1-6.

Fauziah S, Tambunan TD, Telnoni PA. Aplikasi Belajar Bernyanyi Menghafal Lagu-Lagu Daerah Untuk Siswa Sekolah Dasar Berbasis Website. ISSN: 2442–5826. 03(03): 1654-1664.

Hardiyan, Fajriyah I. 2017. Animasi Interaktif Berbasis Multimedia Dalam Mempelajari Lagu-Lagu Nasional. ISSN: 2355–990X. 05(02): 1-4.

Kadaruddin. 2015. Buku Referensi Media dan Multimedia Pembelajaran. Yogtakarta: Penerbit Deepublish.

Kanday FS. 2017. Game Edukasi Lagu Lagu Nasional Berbasis Mobile. ISSN: 2303–1425. 05(01): 8-14.

Purnomo A, Hartono R, Hartatik, Riasti BK, Hidayah IN. 2016. Pengembangan Aplikasi Info Lagu Nusantara Berbasis Android Untuk Melestarikan Warisan Budaya Indonesia. ISSN: 2242-4903. 07(02): 1-10.

Sanjaya W. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Sukamto RA, Shalahuddin M. 2018. Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika Bandung

Wibawanto W. 2017. Desain dan Pemograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jawa Timur: Penerbit Cerdas Ulet Kreatif.

Widodo, PP, Herlawati. 2011. Menggunakan UML. Bandung: Informatika.
Published
2019-08-26
How to Cite
HANUM, Dinda Mutiara; HERLAWATI, Herlawati. Animasi Interaktif Pengenalan Interval Nada Melalui Lagu-Lagu Nasional Pada SDN Pengasinan 8 Bekasi. JURNAL MAHASISWA BINA INSANI, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 11-22, aug. 2019. ISSN 2528-6919. Available at: <https://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JMBI/article/view/1150>. Date accessed: 07 may 2024.