Optimalisasi Manajemen Strategi BUMDes Untuk Mewujudkan Produk Unggulan Kawasan Perdesaan Desa Langonsari

  • Andhika Ligar Hardika Universitas Widyatama
  • Ivan Gumilar Sambas Putra Universitas Widyatama

Abstract

Abstrak: Pembangunan desa dapat dijadikan kekuatan pembangunan tingkat nasional. Hal ini dapat terwujud apabila desa mampu melaksanakan pembangunan secara mandiri, sehingga kesejahteraan masyarakat desa dapat terlaksana dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah menetapkan produk unggulan desa Langonsari dan menetapkan manajemen strategi badan usaha milik desa dalam mewujudkan produk unggulan kawasan perdesaan di Desa Langonsari. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif, metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan survey, wawancara serta pelatihan mengenai manajemen bisnis yaitu memanfaatkan peluang potensi yang dimiliki. Dalam mewujudkan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode AHP dan Analisis SWOT. Hasil penelitian ini yang menjadi produk unggulan di desa Langonsari adalah produk peci berdasarkan identifikasi peluang dan kekuatan dengan skor 2,62 lebih besar dibandingkan ancaman dan kelemahannya dengan skor 2,38. Analisis internal eksternal, menujukkan badan usaha milik desa di Desa Langonsari berada pada kuadran V yaitu strategi penetrasi pasar dan pengembangan produk. Program yang dapat dilakukan antara lain, meningkatkan pemasaran di daerah wisata dan komunitas daerah sekitar, promosi visual melalui video, melakukan pemasaran melalui media sosial, membuat variasi produk, bermitra dengan pengrajin aksesoris khas sunda dan menjalin dengan masyarakat sekitar membentuk kemitraan.
 
Kata kunci: AHP, Bonus Demografi, Manajemen Strategi, Produk Unggulan, SWOT
 
 
Abstract: Village development can be used as a force for national development. This can be done by the village being able to carry out independent development, so that the welfare of the village community can be carried out properly. The purpose of this research is to determine the superior products of Langonsari village and to determine the management strategy of village-owned enterprises in realizing superior products in rural areas in Langonsari Village. This type of research uses descriptive qualitative, the method used in this study with surveys, interviews and training on business management that is to take advantage of potential opportunities. In a descriptive qualitative approach using the AHP method and SWOT analysis. The results of the research which became the superior product in Langonsari village were products based on opportunities and strengths, a score of 2.62 was greater than the threats and weaknesses with a score of 2.38. Internal external analysis, shows that village-owned enterprises in Langonsari Village are in quadrant V, namely the market penetration strategy and product development. Programs that can be carried out include increasing marketing in tourist areas and local communities, visual promotion through video, marketing through social media, making product variations, partnering with Sundanese accessories craftsmen and establishing partnerships with the surrounding community.
 
Keywords: AHP, Demographic Bonus, Strategy Management, Featured Products, SWOT

References

Asvi, Z. (2017). Manajemen Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Bina Usaha Desa Kepenuhan Barat Kecamatan Kepenuhan Kabupaten Rokan Hulu. Jom Fisip, 4(2), 115.
Chuzaimah, & Mabruroh. (2008). Identifikasi Produk Unggulan Berbasis Ekonomi Lokal Untuk Meningkatkan PAD Di Era Otda. Seminar Nasional Aplikasi Sains Dan Teknologi 2008 - IST AKPRIND Yogyakarta, 2836.
David, Fred, R. 2009. Manajemen Strategis, Konsep. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Hidayah, I. (2010). Analisis Prioritas Komoditas Unggulan Perkebunan Daerah Kabupaten Buru. Agrika, 4(1), 18.
Hunger, J David & Thomas L. Wheelen. 2007. Strategic Management 5th ed. (Julianto Agung S. SE., S. Kom penerjemah). Andi: Yogyakarta
Keputusan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi Republik Indonesia nomor 83 tahun 2017 tentang penetapan pedoman umum program inovasi desa.
Laraswati, A., Kagungan, D., & Sumanjoyo, S. (2020). Efektivitas Program Prukades (Produk Unggulan Kawasan Perdesaan) di Desa Jatibaru Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan. Administrativa, 2(1), 6373.
Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa.
Pradigda, E. A. (2016). Strategi Perencanaan Pembangunan Industri Berbasis Produk Unggulan Daerah, Studi pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Blitar. Jurnal Paradigma, 5(3), 112131.
Rahardjo dan Ludigdo. 2006. BUMDes sebagai institusi Komersil, tetap memperhatikan efesiensi serta efektifitas dalam kegiatan sektor rill dan lembaga keuangan (berlaku sebagai LKM). Malang Fakultas Administrasi Publik.
Ramadana, C. B., Ribawanto, H., & Suwondo. (2013). Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Sebagai Penguatan Ekonomi Desa. Jurnal Administrasi Publik, 1(6), 10681076.
Sandriana, Niskha. 2014. Perencanaan Pengembangan Produk Unggulan Daerah Berbasis Klaster, Studi pada Sentra IKM Kota Malang. Universitas Brawijaya.
Tarigan, Robinson. 2014. Ekonomi Regional, Teori dan Aplikasi, Edisi Revisi Cetakan Ketujuh. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Taufiqurochman. 2016. Manajemen Stratejik. Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama.
Undang - Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.
Umar H. 2003. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Garfindo.
Yudiardi, Dodi. 2015. Strategi Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam meningkatkan prekonomian masyarakat perdesaan kabupaten Garut. 9th International Conference on Malaysia-Indonesia Relations (PAHMI 9). Yogyakarta.
Yustika, AE. 2017. Pengembangan Kawasan Perdesaan Berbasis Produk Unggulan. Jakarta: Direktorat Pembangunan Kawasan Perdesaan
Published
2021-01-09
How to Cite
HARDIKA, Andhika Ligar; PUTRA, Ivan Gumilar Sambas. Optimalisasi Manajemen Strategi BUMDes Untuk Mewujudkan Produk Unggulan Kawasan Perdesaan Desa Langonsari. JURNAL ONLINE INSAN AKUNTAN, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 257-270, jan. 2021. ISSN 2528-0163. Available at: <https://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JOIA/article/view/1442>. Date accessed: 06 aug. 2021. doi: https://doi.org/10.51211/joia.v5i2.1442.