Break Even Point Sebagai Dasar Pengambilan Keputusan Manajemen Terhadap Perencanaan Volume Penjualan dan Laba

  • Ratningsih Ratningsih Komputerisasi Akuntansi; AMIK BSI Bogor
  • Dini Silvi Purnia Sistem Informasi; STMIK Nusa Mandiri Jakarta

Abstract

Abstrak: Analisis Break even point merupakan suatu teknik analisis yang digunakan untuk mengetahui pada saat perusahaan tidak mendapatkan laba dan tidak mengalami kerugian atau impas. Analisis Break even point ini dapat digunakan perusahaan untuk membantu dalam mengambil keputusan merencanakan tingkat penjualan dan laba yang akan di capai oleh perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat BEP yang dicapai dalam perencanaan volume penjualan dan laba pada PT. Unilever TBk periode 2015-2017 dan untuk mengetahui tingkat penjualan yang harus dicapai oleh PT. Unilever TBk untuk memenuhi target laba yang diinginkan pada periode 2018. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai BEP mix yang dicapai perusahaan untuk tahun 2015 sebesar Rp.6.955.170. Tahun 2016 BEP mix yang dicapai adalah sebesar Rp. 7.856.608.,75 dan tahun 2017 BEP mix yang didapatkan sebesar Rp.7.864.385,18 . Tahun 2017 menjadi tahun dasar untuk perencanaan volume penjualan dan laba di tahun 2018, sehingga nilai BEP Mix yang akan di capai perusahaan pada tahun 2018 adalah sebesar Rp.8.257.604,44.Kata Kunci: Break even point, Laba, Perencanaan, Unilever, Volume Penjualan.Abstract: Break even point analysis is an analytical technique used to find out when the company does not get a profit and not a loss or break even. Break even point Analysis This analysis can be used by companies to assist in making decisions to plan the level of sales and profit that will be achieved by the company. The puRp.ose of this study is to determine the level of BEP achieved in the planning of sales volume and profit at PT. Unilever TBK period 2015-2017 and to know the level of sales to be achieved by PT. Unilever TBk to meet the desired profit target in the period 2018. The results show that the BEP mix value achieved by the company for 2015 amounted to Rp.6,955,170. The year 2016 BEP mix achieved is Rp. 7.856.608., 75 and the year 2017 BEP mix earned by Rp.7.864.385,18. The year 2017 becomes the base year for sales and profit volume planning in 2018, so the value of BEP Mix to be achieved by the company in 2018 amounted to Rp.8,257,604.44.Keywords: Break even point, Profit, Planning, Unilever, Sales Volume.

Author Biographies

Ratningsih Ratningsih, Komputerisasi Akuntansi; AMIK BSI Bogor
Komputerisasi Akuntansi; AMIK BSI Bogor
Dini Silvi Purnia, Sistem Informasi; STMIK Nusa Mandiri Jakarta
Sistem Informasi; STMIK Nusa Mandiri Jakarta

References

Adisaputro G. 2010. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Blocher E, Stout D, Cokins G. 2009. Manajemen Biaya Penekanan Strategis Buku 1 Edisi kelima. Jakarta: Salemba Empat.
Carter WK. 2009. Akuntansi Biaya. Edisi 14. Dialihbahasakan oleh Krista. Jakarta: Salemba Empat.
Djarwanto. 2010. Pokok-Pokok Analisa Laporan Keuangan Edisi Kedua. Yogyakarta: BPFE Group .
Duniа FA, Abdullah W. 2009. Аkuntаnsi Biаyа. Edisi 2. Jаkаrtа: Sаlembа Empаt.
Kasmir. 2010. Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Kuswandi. 2005. Meningkatkan Laba Melalui Pendekatan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Biaya. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Hаnsen DR, Mowen MM. 2004.Mаnаgement Аccounting. Buku 1, edisi tujuh. Jаkаrtа: Sаlembа Empаt.
Horngren CT, Dаtаr SM, Foster G. 2005. Аkuntаnsi Biаyа Pendekаnаn Mаnаjeriаl. Jilid 1, edisi 11. Jаkаrtа : PT Indeks Kelompok Grаmediа.
Mulyаdi. 2015. Аkuntаnsi Biаyа. Yogyаkаrtа: Sekolаh Tinggi Ilmu Mаnаjemen YKPN.
Munawir S. 2012. Analisa Laporan Keuangan.Edisi Keempat.Yogyakarta: Liberty.
Nafarin M. 2004. Penganggaran Perusahaan. Jakarta: Salemba Empat.
Narbuko C, Achmadi A. 2007. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Nazir M. 2003. Metodologi Penelitian. Jakarta:Ghalia Indonesia.
Syamsudin L. 2011. Manajemen Keuangan Perusahaan Konsep Aplikasi dalam Perencanaan, Pengawasan, dan Pengambilan Keputusan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Riyanto B. 2001. Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE.
Published
2018-06-30
How to Cite
RATNINGSIH, Ratningsih; PURNIA, Dini Silvi. Break Even Point Sebagai Dasar Pengambilan Keputusan Manajemen Terhadap Perencanaan Volume Penjualan dan Laba. JURNAL ONLINE INSAN AKUNTAN, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 69-78, june 2018. ISSN 2528-0163. Available at: <https://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JOIA/article/view/912>. Date accessed: 28 apr. 2024.