Animasi Interaktif Pembelajaran Pengenalan Tata Surya Berbasis Android Pada Kelas VI Sdn Harapan Baru II Bekasi

  • Dwi Wijaya Sistem Informasi; STMIK Bina Insani;
  • Rita Wahyuni Arifin Manajemen Informatika; STMIK Bina Insani;

Abstract

Abstrak: Pada SDN Harapan Baru II Bekasi masih mengunakan media pembelajaran yang mengacu pada buku pelajaran. Sehingga siswa-siswi mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran yang diajarkan karena jarang dijumpai di kehidupan sehari-hari. Metode  yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari Concept, Design, Obtaining, Content Material, Assembly, Testing, dan Distribution, dan dibuat menggunakan perangkat lunak Android Studio, Adobe Photoshop, dan Adobe After Effect. Animasi yang digunakan untuk kepentingan belajar sangat memberikan dampak positif perkembangan perangkat lunak multimedia yang tidak lagi dalam bentuk teks dan gambar saja, yang dapat diimplementasikan dengan cepat, tepat, dan akurat dan dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran. Hasil dari penelitian ini dapat diimplementasikan dalam bentuk animasi media interaktif.
 
Kata kunci: animasi, multimedia, MDLC, tata surya
 
Abstract: SDN Harapan Baru II Bekasi still uses learning media that refers to textbooks. So that students have difficulty in understanding the lessons taught because they are rarely found in everyday life. The method used in this study is the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) method which consists of Concept, Design, Obtaining, Material Content, Assembly, Testing, and Distribution, and is made using Android Studio software, Adobe Photoshop, and Adobe After Effect. Animation that is used for learning purposes has a positive impact on the development of multimedia software that is no longer in the form of text and images, which can be implemented quickly, precisely, and accurately and can be used as a learning tool. The results of this study can be implemented in the form of interactive media animation.
 
Keywords: animation, multimedia, MDLC, solar system
Published
2019-06-28
How to Cite
WIJAYA, Dwi; ARIFIN, Rita Wahyuni. Animasi Interaktif Pembelajaran Pengenalan Tata Surya Berbasis Android Pada Kelas VI Sdn Harapan Baru II Bekasi. INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information Management, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 203-210, june 2019. ISSN 2548-3331. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/IMBI/article/view/1141>. Date accessed: 06 sep. 2024.