Algoritma Apriori Untuk Rekomendasi Produk Pada Website Penjualan UD Rahmat Becled

  • Asep Nurhuda Teknik Informatika; STMIK Widya Cipta Dharma
  • Pitrasacha Adytia Sistem Informasi; STMIK Widya Cipta Dharma;
  • Rahmat Hidayat Teknik Informatika; STMIK Widya Cipta Dharma;

Abstract

Abstrak: Rekomendasi produk pada web penjualan UD Rahmat Becled bertujuan untuk membantu pemilik usaha dalam menampilkan produk-produknya kepada pelanggan agar menarik minat pelanggan sehingga membeli produk tersebut. Tentu saja dalam menarik minat pelanggan, produk yang ditampilkan harus sesuai dengan aktifitas pelanggan selama berikteraksi pada website penjualan, Sehingga dibutuhkan algoritma yang dapat membantu proses rekomendasi tersebut dan salah satu algoritma yang dapat digunakan yaitu apriori. Sistem rekomendasi menggunakan algoritma apriori pada web penjualan UD Rahmat Becled dikembangkan menggunakan metode pengembangan sistem waterfall, alat bantu pengembangan menggunakan sitemap, Flowchart, dan Entity Relationship Diagram. Hasil rekomendasi produk menggunakan algoritma apriori bermanfaat bagi website penjualan UD Rahmat Becled.
 
Kata kunci: Algoritma Apriori, Rekomendasi Produk, Web Penjualan.
 
Abstract: Product recommendations on the UD Rahmat Becled e-commerce aim to assist business owners in displaying their products to customers in order to attract customers' interest so they buy the product. Of course, in attracting customer interest, the products displayed must be in accordance with customer activities during the interaction on the system, so we need an algorithm that can help the recommendation process and one of the algorithms that can be used is a priori. The a priori algorithm based recommendation system on the UD Rahmat Becled e-commerce was developed using the waterfall system development method, development aids using a sitemap, Flowchart, and Entity Relationship Diagram. The product recommendation results using a priori algorithm are useful for the UD Rahmat Becled e-commerce.
 
Keywords: Apriori Algorithm,  E-Commerce, Product Recommendations.

References

Alfiansyah. 2011. Buku Pintar Pemrograman Web. Jakarta: Media Kita.

Brady M, Loonam J. 2011. Entity Relationship Diagram. Boston: Thomson Course Technologi.

Despitaria, Sujaini H, Tursina. 2016. Analisis Asosiasi pada Transaksi Obat Menggunakan Data Mining dengan Algoritma A Priori, Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN) Vol. 1, No.1.

Kertajaya H. 2010. Connect! Surfing New Wave Marketing. Jakarta: Gramedia.

Kusrini, Luthfi ET. 2009. Algoritma Data Mining. Yogyakarta: Andi.

Pujohardiyanto A, Rofiah S. 2019. Sistem Informasi Pemesanan Tiket Pesawat dengan Codeigniter dan Bootstrap. BINA Insa. ICT J. 6: 103–112.

Sianturi FA. 2018. Penerapan Algoritma Apriori Untuk Penentuan Tingkat Pesanan. Jurnal Mantik Penusa. Vol.2, Hal 50-57.

Srikanti E, Yansi RF, Norhavina, Permana I, Salisah FN. 2018. Penerapan Algoritma Apriori Pada Data Peminjaman Buku Di Perpustakaan. Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi. Vol. 4. Hal 77-80.
Published
2019-12-23
How to Cite
NURHUDA, Asep; ADYTIA, Pitrasacha; HIDAYAT, Rahmat. Algoritma Apriori Untuk Rekomendasi Produk Pada Website Penjualan UD Rahmat Becled. INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information Management, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 11-20, dec. 2019. ISSN 2548-3331. Available at: <http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/IMBI/article/view/1189>. Date accessed: 17 feb. 2020.